sylviafizzhiadhAvatar border
TS
sylviafizzhiadh
Simbol Jari Populer Ini Ada Sejarahnya Lho. Simak Yuk!
Selamat datang kembali di thread ane, Agan dan Sista!
emoticon-Pelukemoticon-Peluk



Agan dan Sista pasti tidak asing lagi dengan gerakan tangan yang digunakan sebagai simbol-simbol tertentu. Bahkan mungkin seringkali ikut melakukan gerakan tangan itu.
Gerakan tangan yang disebut juga dengan gesture ini, sudah menjadi kebiasaan yang melekat pada budaya masyarakat dunia. Contohnya gerakan menyerupa huruf "V" yang sering digunakan saat dipotret, atau gesture jari telunjuk dan kelingking pada saat orang-orang tengah menonton konser.



Darimanakah semua kebiasaan itu berasal? Agan dan Sista ada yang tahu gak?

emoticon-Bingung emoticon-Bingung

Rupanya gesture dan gerakan tangan itu memiliki sejarah dan asal muasalnya lho, Gansist!

Nah, di bawah ini akan ane urai satu persatu sejarah beberapa gesture yang sudah sangat populer kita gunakan dalam berbagai kondisi.

Simak yuk!
emoticon-Jempolemoticon-Jempol


1. V-Sign



Simbol menyerupa huruf "V" ini ternyata menurut sejarahnya, mulai populer ketika masa perang dunia II. Awal mulainya, seorang politikus Belgia mendorong orang-orang agar menunjukkan tanda "V" dengan jari mereka, sebagai kemenangan/Victory Perancis. Dan juga bisa berarti

Gesture tangan ini juga pernah dilakukan oleh Winston Curchill, seorang perdana menteri Inggris selama perang dunia II. Pada tahun 1942, Aleister Crawler, seorang okultis Inggris mengklaim dialah penemu simbol ini, tapi tidak ada satupun bukti untuk itu.

Sekarang simbol V-Sign ini sudah menyebar ke seluruh belahan dunia. Banyak digunakan orang-orang ketika akan berfoto.

2. Handshake



Handshake merupakan gerakan saling menjabat antara dua orang. Menurut sumber, gerakan ini berasal dari Yunani Kuno. Saat itu digunakan oleh para prajurit perang kepada orang yang ditemuinya. Sebenarnya memiliki tujuan, untuk memastikan bahwa tangan orang itu kosong, tidak ada senjata yang disembunyikan.

Ditemukan banyak lukisan zaman Yunani Kuno, yang menggambarkan para prajurit sedang berjabat tangan. Arkeolog menyimpulkan, hal itu dipercaya sebagai sebuah strategi untuk memeriksa orang yang ditemui, apakah bersenjata atau tidak.

3. Horn Sign



Agan dan Sista pasti tahu dong, simbol yang digunakan orang-orang ketika menonton konser music, khususnya Rock? Saat jari telunjuk dan kelingking ditunjukkan bersama-sama.

Gansis tahu gak? Ternyata simbol ini digunakan pertama kali oleh vokalis Black Sabbath yang bernama Ronnie James Dio pada tahun 1979. Saat itu ia baru diangkat menjadi vokalis, menggantikan Ozzy Osborne sang vokalis lama. Ia mencari sebuah simbol sebagai ciri khas agar orang mudah mengingatnya.

Sejak saat itu simbol ini mendunia, dipakai orang-orang di setiap konser music rock dan menjadi ciri khas.

4. High Five



High Five adalah gerakan saling mengadu telapak tangan antara dua orang. Di Indonesia terkenal dengan sebutan "Toss".

Menurut berbagai sumber, gerakan ini menjadi populer setelah pertama kali dilakukan oleh para pemain baseball di Dodger Stadium pada 2 Oktober 1977. Glenn Burke salah satu pemain, menyapa seorang pemain lain di ruang istirahat dengan mengangkat tangannya. Sang kawan yang tidak tahu harus berbuat apa, bereaksi dengan memukul tangan temannya tersebut.

5. Thumbs-Up



Thumb-Up adalah gerakan mengacungkan jempol tangan ke atas. Gesture ini adalah gerakan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Bahkan sangat populer di laman media sosial, sebagai pertanda "like".

Gerakan ini rupanya berasal dari zaman Romawi Kuno. Digunakan oleh para penonton pertunjukkan gladiator. Saat salah seorang petarung menang, ia akan melihat kearah bangku penonton. Jika para penonton mengacungkan jempol, itu berarti petarung yang kalah harus dihabisi.

6. The Fist Bump



Gerakan tangan ini banyak sekali kita lihat, terutama dalam pertandingan tinju. Karena memang dari olahraga itulah ia berasal.

Pada akhir tahun 1800-an dan awal 1900-an, para petinju yang akan bertarung diwajibkan menyapa lawannya. Karena tangan mereka dibungkus sarung tinju, tidak ada hal lain yang bisa dilakukan selain mengadu kepalan tangan.

Genture tangan ini saat ini telah menjadi hal lumrah dalam pergaulan, tidak sebatas olahraga tinju saja.

7. Crossing Finger



Crossing Finger adalah gerakan menyilangkan telunjuk dengan jari tengah. Orang-orang masa kini menggunakan simbol ini sebagai simbol harap. Biasanya digunakan saat menunggu dan berharap datangnya kabar baik. Terkadang juga digunakam di belakang tubuh pada saat akan melakukan sumpah.

Rupanya simbol ini merupakan salah satu bagian dari upacara ritual kuno pada masa sebelum masehi. Pada masa itu ada dua orang yang melakukannya pada prosesi ritual kuno, yang dipercaya dapat menjaga ritual itu, dan menjauhkan segala bahaya.


Gak disangka-sangka ya Gansist? Simbol-simbol yang tidak asing dan sering kita gunakan sehari-hari memiliki sebuah sejarah. Ternyata bukan asal simbol aja ya?

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

Sumber Referensi

ceuhetty
sebelahblog
4iinch
4iinch dan 11 lainnya memberi reputasi
12
6.6K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.