tsuway.c001
TS
tsuway.c001
Reaksi Tubuh Saat Cinta Mulai Menyapa, Bucin Wajib Tahu!



Assalamualaikum warohmatullah wabarokatu
Selamat siang GanSist!
Selamat berlibur dan berakhir pekan bersama orang terkasih.

Ane percaya semua orang pernah jatuh cinta. Cinta tak memandang umur. Cinta tak memandang profesi. Cinta itu murni dari dalam hati.

Kalau ditanya cinta itu apa dan bagaimana, mungkin GanSist lebih paham dari ane yang cuma apalah apalah ini.

Kata orang saat cinta menyapa, ada getaran yang tak biasa menggema di dalam dada.
Seperti ada jutaan kupu-kupu yang lolos dari perangkap rongga perut.
Ahh cinta, mengapa begitu indah saat mengenangnya!

Lantas pernahkan GanSist tahu bagaimana reaksi tubuh yang sebenarnya saat cinta mulai datang dan menyapa? Lalu singgah dan menetap di dalam hati tanpa izin dan permisi.

Yuk ahh, ikutin thread ane sampe tuntas. Akan dikupas tuntas di sini, perubahan apa saja yang terjadi akibat cinta sehingga bisa menimbulkan jutaan rasa yang tak terduga.




Perlu GanSist ketahui, proses kimiawi otak akan berubah ketika GanSist mulai jatuh cinta pada seseorang. Selain testoteron dan estrogen ada banyak hormon yang dilepas oleh tubuh kita saat jatuh cinta, diantaranya adrenalin, dopamin, oksitosin, vasopressin dan serotonin.

Cinta dapat dibagi menjadi tiga kategori, yaitu nafsu, ketertarikan, dan kemelekatan. Ketiga jenis ini ditandai oleh hormon sendiri. Testosteron dan estrogen mendorong nafsu.
Dopamin, norepinefrin, dan serotonin menciptakan daya tarik.
Oksitosin dan vasopresin memediasi perlekatan.


Testoteron

Meskipun hormon ini lebih identik dikaitkan dengan hormon pria, tapi ternyata testoteron meningkatkan libido di hampir semua orang. Hormon ini berperan penting dalam gairah seksual pria dan wanita. Kadar hormon testoteron pria memang lebih tinggi dari wanita dan bisa diukur jumlahnya melalui air liur. Ada teori yang berkembang yang mengatakan bahwa saat seseorang berciuman bibir, maka transfer hormon testosteron akan memicu gairah seksual meningkat.


Estrogen

Pada dasarnya hormon estrogen sifatnya mirip dengan testoteron, terdapat juga pada pria maupun wanita dan fungsinya pun sama memicu gairah seksual. hanya saja kadar estrogen pada wanita jauh lebih tinggi dari pada yang dimiliki pria.

Dopamin

Dopamin adalah zat kimia yang diproduksi oleh hipotalamus. Hormon ini dilepaskan ketika seseorang melakukan hal-hal yang terasa begitu menyenangkan, seperti saat seseorang merasakan jatuh cinta misalnya. Ketika otak melepaskan banyak dopamin, seseorang akan merasa tak ada yang lebih penting di dunia ini selain dia yang dicintai. Hormon ini cukup berperan dengan idiom lama yang telah sama-sama kita tahu, 'Love is blind'.  Berterimakasihlah pada hormon ini, karena dopamin-lah yang mengenalkan 'pengorbanan untuk cinta'.

Norepinephrin

Hormon neropinephrin kadarnya akan meningkat saat seseorang mulai jatuh cinta. Hormon ini yang menstimulasi tubuh seseorang untuk bergairah dan terangsang, yang akan meningkatkan detak jantung dan membuat seseorang merasa berbunga-bunga ketika yang dicinta memberi perhatian.

Kadar hormon ini berkaitan langsung dengan dopamin. Jika kadar dopamin mulai naik. hormon norepinephrin kadarnya juga akan naik, karena ketika seseorang merasa senang akan suatu hal, makan dia akan cukup mudah mengingat segala detail yang berhubungan dengan cintanya. Itulah kenapa seseorang yang sedang jatuh cinta bisa ingat dengan detail apa hobi orang yang dicintanya, warna baju yang dipakainya tadi siang, dan berbagai hal terkait dengannya.

Serotonin

Serotonin, merupakan hormon yang berperan dalam menstabilkan mood. Kadar hormon ini akan menurun ketika seseorang sedang jatuh cinta. Hormon ini memiliki keterlibatan pada nafsu makan dan juga suasana hati.  Seratonin-lah yang membuat mood seseorang sering berubah-ubah kalau sudah berhubungan dengan si orang yang dicintainya.

Hormon serotonin juga bertanggung jawab terhadap perasaan cemburu yang muncul dalam diri seseorang yang mulai jatuh cinta. Penyebabnya adalah penurunan serotonin berhubungan dengan obsesi dan juga kompulsi. Jadi jangan heran kalau melihat pasangan kita agak over protected, nah hormon ini lah tersangka utamanya.

Oksitosin

Oksitosin adalah zat kimia yang membuat seseorang merasa memiliki ikatan dan keintiman terhadap pasangannya. Oksitoksin sering juga dijuluki sebagai 'hormon pelukan'. Sama seperti dopamin, oksitoksin juga diproduksi oleh hipotalamus. Pelepasan hormon ini terjadi saat seseorang menyentuh, memeluk ataupun mencium orang yang dicintainya dan dilepaskan dalam jumlah yang besar juga pada saat berhubungan seks, menyusui serta melahirkan.

Vasopressin

Hormon ini dimiliki oleh hampir semua jenis mamalia. Vasopressi sangat mempengaruhi perilaku sosial seseorang terhadap pasangannya terutama perihal hubungan kedekatan maupun seksual.

Feromon

Feromon adalah zat kimia yang berasal dari kelenjar endokrin makhluk hidup untuk mengenali pasangannya. Feromon tidak terlihat dan tidak dapat dirasakan oleh indera manusia, juga mudah menguap. Akan tetapi,  ketika feromon mulai terhirup makan akan langsung diteruskan ke hipotalamus. Feromon manusia berasal dari kelenjar endokrin yang berada di ketiak, kulit, hidung, telinga, dan kemaluan. Zat inilah yang berperan memicu ketertarikan pada pasangan.

Ketika seseorang jatuh cinta, tubuh akan mempercepat pemrosesan semua hormon di atas.
Reaksi dan intensitas dari perasaan gembira yang dapat membuat 'kecanduan' pada seseorang mungkin tidak hanya terjadi di kepala kita, ikatan kimiawi benar-benar terjadi di dalam tubuh kita.
So, kalo yang punya sahabat atau teman dekat berhati-hatilah.
Kalau GanSist mulai memperhatikannya secara detail atau ingin selalu berada di sekitar orang tersebut, bisa jadi tubuh GanSist sedang memberi sinyal pada otak,
"Hei, kamu sedang jatuh cinta loh!"


Sumber : Reaksi JatuhCinta
Diubah oleh tsuway.c001 27-10-2019 00:38
4iinchseranasangga bagus jau
angga bagus jau dan 63 lainnya memberi reputasi
62
13.6K
258
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.