• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sejarah dan Menu Makanan Ala Halloween, Yuk Kepoin Dimari Gan-Sis

blackrosest
TS
blackrosest
Sejarah dan Menu Makanan Ala Halloween, Yuk Kepoin Dimari Gan-Sis


Halo sahabat kaskuser dimana pun berada, gimana kabarnya? Sudah pada makan apa belum?


Tadi ane nyoba searching nih di google, niatnya sih mau nyari referensi menu makanan, yang sekiranya bisa buat mengganjal perut ane, soalnya cacingnya udah pada demo, wkwkwk .... Eh tapi malah nemu makanan kaya gambar di bawah ini Gan-Sist. Dih, auto merinding plus horor deh jadinya perut ane wkwkwk ....




Naluri horor ane pun kepancing buat masuk ke halaman asli gambar tersebut, dan ternyata makanan bertema Halloween itu memang benar-benar bisa dimakan lho. Astaga kok bisa jadi horor kaya gitu ya? Akhirnya ane pun keterusan buat searching di internet.


Jadi, pada awalnya sejak kurang lebih dari 2000 tahun yang lalu, Bangsa Kelt atau yang disebut juga dengan Bangsa Celtic, telah mendiami dataran Irlandia dan juga Perancis. Dimana Bangsa Celtic merupakan nenek moyang dari Bangsa Eropa yang ada sampai sekarang ini.


Konon Bangsa Celtic, menghitung awal tahun tepat pada tanggal 1 November. Jadi awal tahun mereka bukanlah tanggal 1 Januari. Sementara itu, pada malam tanggal 31 Oktober, Bangsa Celtic merayakan perayaan akhir musim panas, yang mereka sebut dengan Festival Samhain.


Bangsa Celtic percaya, setiap tanggal 31 Oktober, maka Dewa Kematian yang mereka sebut dengan Saman akan muncul, dengan tujuan untuk membantu para roh orang yang sudah meninggal dalam rentang waktu satu tahun, agar dapat mencapai kehidupan mereka selanjutnya. Pintu pembatas antara dunia manusia dan dunia roh pun konon akan terbuka pada saat tanggal 31 Oktober tersebut, yang memungkinkan para roh jahat, setan, dan juga iblis untuk bebas berkeliaran di dunia manusia.




Para roh jahat, setan dan juga iblis ini pun dikhawatirkan dapat mengamcam keselamatan manusia, serta merusak hasil panen warga. Untuk itu, Bangsa Celtic mencari cara agar mereka para roh jahat, setan, dan ibis itu tidak berbuat onar.


Tercetuslah ide untuk memakai pakaian dan riasan wajah yang menyerupai berbagai wujud seram, seperti drakula, manusia serigala, mayat hidup, mummy dan berbagi wujud lainnya. Dengan harapan para manusia terbebas dari segala ancaman para penghuni dunia lain tersebut, karena mengira manusia yang berkostum serba horor itu adalah teman mereka.


Semenjak saat itu Festival Samhain terus dilakukan sampai hari ini yang kemudian dikenal dengan Festival Halloween.


Ternyata sejarah singkatnya kaya gitu ya, Gan-Sist. Dan perayaan atau Festival Halloween ini, bukan hanya sekedar buat seru-seruan aja, tapi ada makna dan tujuannya, ane sendiri juga baru tahu wkwkw ....




Selanjutnya, yang nggak kalah penting juga dari perayaan ini, adalah orang-orangan sawah dan juga hiasan labu yang menyerupai wajah seram dan diberi nama Jack-O-Lantern. Konon Jack-O-Lantern adalah seorang petani yang sangat malas, tapi juga sangat cerdas, dia berhasil mengelabuhi para roh jahat yang hendak membawanya ke neraka. Namun sayangnya dia juga tidak diterima di surga, karena semua dosa-dosanya. Konon, arwah dari Jack-O-Lantern akan bergentayangan dan membawa sebuah lentera. Berdasarkan legenda tersebutlah, maka dibuat hiasan labu seram, yang biasanya di bagian dalamnya diberi cahaya dari lilin atau bola lampu, dan ditaruh di depan rumah pada Perayaan Halloween.


"Trick or Treat?" Ucapan ini juga menjadi salah satu simbol yang tak dapat dilepas dari Perayaan Halloween. Pada awalnya, "Trick or Treat" adalah sebuah mantera yang digunakan untuk mengusir atau menenangkan para roh jahat. Namun, makna dan penggunaannya pun berubah saat Bangsa Irlandia bermigrasi ke Amerika. Di sana, para anak-anak Bangsa Irlandia yang berasal dari keluarga miskin, meneriakkan "Trick or Treat?" ke semua rumah warga yang merayakan Halloween, dari satu pintu ke pintu yang lainnya, dengan tujuan untuk meminta permen atau coklat.


Apabila para anak-anak nakal tersebut tidak diberi "Treat" berupa permen atau coklat, maka si pemilik rumah, akan mendapat "Trick". Biasanya kebun di halaman depan rumah mereka akan diacak-acak dan juga dihiasi dengan tisu toilet, oleh anak-anak Irlandia itu. Hingga sekarang tradisi tersebut masih berlangsung dan bisa dilakukan oleh siapa saja.



Gimana Gan-Sist, udah komplit belum penjelasan dari ane? Agan dan Sista juga boleh nambahin info seputar perayaan Halloween pada kolom komentar ya.


Berikut Mitos dan Juga Fakta yang ada dalam setiap Perayaan Halloween:


Mitos

- Apabila pada saat Halloween tanpa disengaja kita melihat laba-laba, konon katanya ada arwah dari orang yang kita sayangi sedang mengawasi dan juga berada di dekat kita.
- Membunyikan bel rumah di malam hari juga dipercaya mampu mengusir para roh jahat.


Fakta

- Tingkat konsumsi gula pada saat Perayaan Halloween mencapai benerapa kali lipat lebih tinggi dari hari-hari biasanya.
- Banyak orang yang mengenakan kostum seram.
- Perayaan Halloween sudah dilakukan sejak dari 2000 tahun yang lalu.


Yang mau lihat gambar referensi menu makanan ala Halloween, boleh dicoba membuat seperti gambar di bawah ini ya, Gan-Sis :


1. Kelelawar tortilla gula kayu manis



2. Telur Halloween




3. Brownies peti mati




4. Kue Halloween bentuk labu




5. Biskuit jari nenek




Akhir kata ane ucapkan terima kasih buat Gan-Sis yang sudah membaca thread ane kali ini, jangan lupa cendol, rate, share dan juga subscribenya ya.


Penulis: Iblis Jelita

Sumber referensi : 1 , 2











sebelahblogzafinsyurgatien212700
tien212700 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1.8K
53
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.