• Beranda
  • ...
  • Movies
  • Sekarang Reza Rahadian, Dulu 5 Bintang ini Ngetop Banget di Bioskop Indonesia

moviegangstaAvatar border
TS
moviegangsta
Sekarang Reza Rahadian, Dulu 5 Bintang ini Ngetop Banget di Bioskop Indonesia



Reza Rahadian adalah sosok aktor film bioskop yang populer dan kerap dipilih oleh produser film Indonesia untuk bermain dalam proyek mereka. Karakter-karakter yang diperankan Reza pun ikonik salah satunya adalah BJ Habibie di film 'Habibie Ainun'.

Wajah Reza Rahadian seolah-olah tak pernah berhenti muncul di layar bioskop setelah itu lewat berbagai judul film. Setidaknya itu yang ada di benak netizen Indonesia. Sampai-sampai ada yang sesumbar mengatakan "film Indonesia isinya cuma Reza Rahadian doang!"

Tapi apakah benar faktanya demikian? Apakah benar Reza Rahadian adalah aktor yang main di banyak judul film sampai-sampai netizen berpikir hal tersebut?

Hmmm... Ternyata nggak juga, GanSis!

Kalau merujuk ke laman WikipediaReza Rahadian, aktor kelahiran 5 Maret 1987 itu membintangi tak lebih dari tujuh film yang dirilis dalam kurun waktu satu tahun yang sama. Tujuh film adalah rekor film terbanyak yang dibintangi Reza di tahun 2017.

Clear nih kan ya? Jadi kalau ada yang bilang film Indonesia isinya cuma Reza Rahadian, itu salah! Memang Reza Rahadian sudah membintangi kurang lebih 50 film sepanjang kariernya. Tapi dia masih bukan sosok yang memegang rekor membintangi film terbanyak sampai harus dinyinyirin netizen.

Jadi, siapa nih aktor dan aktris Indonesia yang jumlah filmnya paling banyak di industri film Indonesia?

Akun Twitter @inggaharya menulis cuitan pada Kamis 24 Oktober 2019 yang masih ramai dikomentari netizen hingga pagi ini.

""Bosen deh, liat film isinya Reza Rahadian melulu!" Hhmm. Kalau dicek di Wikipedia, Reza aktif main film sejak 2007-sekarang. Reza sudah membintangi 50 film, dan paling aktif di tahun 2017 (7 film). Percayalah, ini masih belum ada apa-apanya dibanding 5 orang di "The Big Five"," tulisnya.

Dari situ kemudian pemilik akun menjelaskan siapa saja sosok The Big Five dalam industri perfilman Indonesia, yang dalam satu tahun bisa membintangi belasan film! Masih jauh dibandingkan Reza Rahadian yang hanya punya rekor tujuh film dalam setahun.

"Di dekade 1970-an, industri film Indonesia berkembang pesat sekali. Banyak film dibuat, dan bahkan ngga jarang jadi box office. Salah satu faktor penentu box office tentu juga pemain filmnya. Ada 5 orang yang berhasil masuk ke dalam kasta "The Big Five". Kenapa dinamain "The Big Five"? Karena selain isinya 5 orang, honor yang mereka terima untuk sekali main film bisa di atas 5 juta. Di masa itu, pemain film yang lain biasanya "hanya" dibayar 2 juta sekali main film. Kebayang dong mahalnya?" lanjut @inggaharya dalam cuitan selanjutnya.

Nah, siapa saja sih The Big Five di industri film Indonesia yang dimaksud tersebut? Ini dia:

1. Doris Callebaute



Anak zaman now nggak akan kenal dia. Dijamin deh! Tapi kalau tanya sama ibu atau bapak kalian mungkin mereka akan tahu sosok ini. Dia adalah aktris yang memerankan 'Inem Pelayan Sexy' di tahun 1976 dan namanya mulai meroket sejak saat itu. Aktif di industri film Indonesia antara tahun 1976 - 1981, Doris Callebaute sudah memerankan sekitar 27 film. Tahun terbanyak Doris merilis film adalah di 1977 yaitu 14 film.

Spoiler for Doris:



2. Yenny Rachman



Masih angkatan tahun 70-an, Yenny Rachman adalah sosok yang nggak bisa dilepaskan dari industri perfilman Indonesia. Sepanjang kariernya di antara tahun 1973 - 2011, Yenny sudah membintangi 32 film. Dia juga pernah meraih Piala Citra untuk film Kabut Sutra Ungu (1979) dan Gadis Marathon (1981). Tahun teraktifnya adalah tahun 1977 dengan merilis 7 film.

Ya kalau ini kurang lebih sama dengan Reza lah ya!

Spoiler for Yenny:



3. Robby Sugara



Alm. Robby Sugara pun jadi salah satu aktor yang populer pada masanya karena ketampanan dan pesonanya sebagai laki-laki yang jarang dimiliki oleh aktor seangkatannya. Dikenal sebagai 'Pria Brisk', Robby Sugara tercatat sudah membintangi 44 film di tahun aktifnya antara 1975 - 2019. Robby membintangi delapan film di tahun 1977 dan jadi tahun teraktifnya.

Spoiler for Robby:



4. Yati Octavia



Siapa sangka Yati Octavia adalah aktris Indonesia yang sudah membintangi sekitar 66 film sepanjang kariernya. Dia juga tercatat sebagai artis terlaris dan termahal pada masanya. Kalau sering nonton film Rhoma Irama di televisi saat ini, Yati Octavia sering dipasangkan dengan sang Raja Dangdut. Dia juga disebut sebagai salah satu pioneer karena berani topless di film Intan Perawan Kubu di tahun 1972. Yati Octavia aktif main film antara 1972 - 1990 dan paling banyak merilis film di tahun 1977 yaitu 14 film.

Spoiler for Yati:



5. Roy Marten



Nama kelima dalam daftar The Big Five adalah Roy Marten. Sejak awal karier hingga saat ini, Roy sudah membintangi 96 film! Pada masanya, Roy adalah ikon cowok ganteng dengan gaya rambut gondrong kriwil dan celana cutbray-nya. Aktif bermain film sejak 1974 hingga saat ini, Roy Marten mulai populer setelah membintangi film Kampus Biru di tahun 1976. Tahun 1977 tercatat jadi tahun paling aktif Roy Marten karena di tahun itu dia membintangi 12 film.

Spoiler for Roy:



The Big Five disatukan dalam satu film

Lima nama di atas adalah bintang film paling mahal yang pernah dimiliki Indonesia pada masanya. Mereka juga jadi ikon remaja saat itu dan menjadi panutan. Di era 70-an, kelimanya pernah disatukan dalam sebuah proyek film pemerintah masa Orde Baru dengan misi penertiban perilaku seksual.

Percaya nggak percaya, pemerintah Indonesia saat itu pernah merilis film yang berjudul Akibat Pergaulan Bebas (1978) yang dibintangi oleh Roy Marten, Robby Sugara, Doris Callebout, Yenny Rachman dan Yati Octavia. Misi dari film ini sebenarnya dimaksudkan untuk mengkampanyekan bahaya pergaulan bebas yang marak terjadi. Tirto.id menulis, film Akibat Pergaulan Bebas ini adalah salah satu film yang dibuat berdasarkan anjuran Menteri Penerangan saat itu kepada para produser film agar membuat film yang sesuai dengan program pemerintah.



Akibat Pergaulan Bebas merupakan sedikit dari film seks yang dinilai sesuai dengan agenda penertiban perilaku seks kala itu. Film ini juga diberi penghargaan di kalangan otoritas sensor film dan dijadikan model agar produser film mau membuat film serupa pada masanya.



"Tapi konon, alih-alih jadi film yang sifatnya "menertibkan" perilaku seks bebas, Akibat Pergaulan Bebas malah terasa jadi "panduan" buat penontonnya," lanjut akun Twitter @inggaharya yang kini cuitannya sudah di-retweet lebih dari 3,200 kali.




Ada film-film dari The Big Five yang kamu pernah tonton, GanSis? Atau ada yang sempat terjebak pergaulan bebas?

emoticon-Wkwkwk emoticon-Wakaka
eja2112
keenan09
nona212
nona212 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
13.1K
91
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
19.9KThread17.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.