tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Diam Tak Selamanya Bisa Menjadi Solusi
Berbicara adalah sesuatu hal yang biasa dilakukan oleh setiap orang, dalam setiap harinya setiap orang akan membicarakan banyak hal dalam hidupnya mulia dari sesuatu yang biasa dibicarakan hingga sesuatu yang tabu untuk dibicarakan. Bicara adalah bagian dari setiap orang, akan tetapi kita tak bisa sembarangan begitu saja berbicara baik lewat perkataan langsung maupun lewat sebuah tulisan. Tak sedikit masalah yang tercipta karena sebuah perkataan, untuk itulah sebagai manusia tentu harus berpikir sebelum berkata entah itu lewat lisan maupun lewat media tulisan.

Credit : tribunnewswiki.com

Tak dapat dipungkiri bahwa banyaknya konflik akibat salah berkata memberikan pelajaran bagi kita tentang sebuah perkataan. Kita hidup berdampingan satu sama lain dan setiap orang punya hati dan perasaan. Salah berkata sedikit saja bisa menyinggung banyak orang sehingga banyak orang tersakiti oleh setiap perkataan. Kata-kata tak bisa dianggap sepele, kendalikanlah diri kita untuk bisa mengatakan sesuatu yang baik, jikapun tak bisa mengatakan yang baik maka lebih baik diam.

Bicara tentang diam sendiri memang terkadang ada hal positif di dalamnya. Diam adalah pilihan terbaik ketika kita tak bisa mengeluarkan kata-kata yang baik. Bukan hanya itu saja, berdiam diri mungkin terlihat bagus ketimbang kita berkata-kata yang tak penting yang bisa saja menimbulkan problema tersendiri. Lalu apakah diam selalu bisa menjadi solusi? nyatanya diam tidaklah selamanya bisa menjadi solusi karena situasi dan kondisi terkadang tak mendukung kita untuk bisa berdiam diri.

Diam tak selamanya bisa menjadi solusi saat dalam berbagai kondisi tertentu terutama saat ada permasalahan yang perlu sebuah klarifikasi. Diamnya seseorang yang sedang terbelit sebuah masalah justru akan membuat masalah menjadi runyam dan mungkin akan membuat banyak orang bertanya-tanya hingga tak jarang dikritik hingga dihujat banyak orang. Bagi seseorang yang mempunyai sebuah tanggung jawab penting saat tertimpa masalah tentunya janganlah diam tanpa berkata, berdiam diri malah membuat orang lain berprasangka bahwa orang tersebut melarikan diri dari masalah yang menderanya terlebih bila dirinya adalah orang penting dalam sebuah organisasi atau apapun.

Diam memang terkadang bisa menjadi pilihan terbaik, akan tetapi lihat dulu situasi dan kondisinya. Jika memang sedang terbelit masalah terlebih disebabkan oleh diri sendiri tentunya kita harus hadapi. Meskipun banyak orang yang mengkritik hingga yang menghujat janganlah gentar untuk menghadapi karena setiap masalah itu harusnya dihadapi bukan di diamkan. Berdiam diri bukanlah solusi yang selamanya tepat untuk menyelesaikan sebuah masalah. 

Credit : desiringgod.org

Saat tertimpa masalah dan membuat kesalahan lekaslah meminta maaf, jika banyak orang yang bertanya maka segera sampaikan klarifikasi agar setiap masalah bisa selesai dengan tuntas segera. Bagaimana dengan mereka yang menghujat atau menghina? hadapilah saja karena ketika berbuat salah tentu harus bertanggung jawab. Diam tak selamanya bisa menjadi solusi, untuk itulah jangan selalu jadikan diam sebagai solusi dalam kehidupan. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? silahkan sampaiakn di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : 
Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Pembelajaran Semasa Sekolah dan Kuliah
Sumber Gambar via google images
sebelahblog
4iinch
swiitdebby
swiitdebby dan 29 lainnya memberi reputasi
30
7.3K
147
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.