iissuwandiAvatar border
TS
iissuwandi
Perjalanan Panjang Pulau Komodo Mendunia, Legenda Pulau Komodo!


Assalamualaikum

Halo Agan dan Sista, terima kasih sudah berkenan hadir di thread ane. Semoga Agan dan Sista selalu dalam kebahagiaan. Bahagia bisa traveling bareng pasangan halal, misalnya. Pulau Komodo menjadi salah satu 7 keajaiban dunia. Pulau ini terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau ini merupakan habitat bagi hewan purba langka yang masih hidup yaitu Komodo.


Keberadaan hewan purba ini di Pulau Komodo pertama kali ditemukan pada tahun 1911 oleh seorang bangsa Belanda. Pada waktu itu, ketika ia sedang berburu, tanpa sengaja menemukan komodo. Kemudian ia mendokumentasikan dalam bentuk foto.

Foto itu kemudian di pamerkan di Museum Zoologi Bogor, pada tahun 1912 foto komodo tersebut baru dipublikasikan secara luas hingga luar negeri. Maka gemparlah berita tentang biawak raksasa ini di seluruh penjuru dunia.
Quote:

Ternyata ada kisah dongengnya, loh, GanSist, tentang Pulau Komodo ini. Berikut kisahnya.

Pada zaman dahulu hiduplah di sebuah pulau seorang putri yang bernama Putri Naga. Putri Naga kemudian menikah dengan seorang pemuda dari seberang yang bernama Moja.

Singkat kata sang putri melahirkan anak kembar berjenis kelamin lelaki. Namun kedua anak kembar tersebut mempunyai bentuk yang berbeda. Bayi yang satu berbentuk manusia pada umumnya sedangkan yang satu berbentuk kadal. Kejadian tersebut membuat sang putri dan Moja malu dan sedih.

Keputusan pun diambil oleh pasangan suami istri tersebut. Sang anak yang berbentuk kadal yang bernama Orah itu kemudian diasingkan ke hutan di pulau yang berbeda, sedang saudara kembarnya yang diberi nama Gerong diasuh sendiri oleh sang putri dan Moja.

Tahun demi tahun berlalu, Gerong telah tumbuh menjadi pemuda yang tampan dan gagah berani. Pada suatu hari ia berburu ke hutan, dan bertemu kadal raksasa. Melihat buruan di depan mata, Gerong dengan semangat mengejar kadal raksasa tersebut sambil menghunuskan tombak untuk membunuhnya. Pada saat genting, tiba-tiba sang putri Naga muncul dan menceritakan siapa kadal raksasa itu sebenarnya. Bahwasanya kadal tersebut adalah kembaran Gerong.

Terlepas dari kejadian tersebut, rakyat sekitar memperlakukan kadal raksasa itu dengan baik. Hingga kini, komodo oleh masyarakat setempat disebut juga dengan nama Ora.

Seru juga ni, GanSist, buat pengantar anak tidur, mengenal legenda tempat-tempat di Indonesia. Terlepas dari cerita rakyat tersebut, ada sejarah kelam yang menimpa objek wisata ini. Pada Rabu, 1 Agustus 2018, telah terjadi kebakaran hebat. Sebanyak 10 hektare lahan di Gililawa Darat, Kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Penyebab kebakaran adalah puntung rokok yang dibuang oleh salah satu wisatawan yang berkunjung. 10 hektare lahan, GanSist, rata menghitam menjadi abu. Kerusakan yang sangat parah. Bahkan Pulau Komodo ditutup sementara waktu itu. Miris.
Quote:

Berita terbaru Pulau Komodo akan dijadikan destinasi kelas dunia. Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan Pulau Komodo akan dikemas seperti destinasi wisata di Afrika. Bakalan keren banget, enggak, tuh, GanSist, kelas internasional. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, pemerintah bekerja sama dengan para investor nantinya.

Bagi Agan dan Sista yang ingin merasakan sensasi wisata eksklusif kelas dunia siap-siap merogoh kocek cukup dalam, kalo ane mugkin jebol, ya. Harga tiketnya dibanderol seharga 14 juta rupiah. Ini untuk satu orang, ya, GanSist. Tiket ini nantinya dalam bentuk membership tahunan yang bersifat premium. Sehingga enggak sembarang orang, hanya orang-orang khusus saja yang bisa berkunjung ke sana. Jiwa missquen-ku berteriak, GanSist.

Ane seh setuju aja dengan peraturan tentang Pulau Komodo nantinya, asal warisan leluhur dapat dijaga kelestariannya. Benar-benar uang itu dikelola dengan baik untuk kemaslahatan Pulau Komodo. Naik kelas, GanSist, kelas internasional nantinya. Biar Indonesia makin bersinar dalam dunia pariwisatanya.

Ane pamit undur diri, sampai ketemu lagi di thread ane selanjutnya. Mohon maaf jika ada salah kata. Jangan lupa jejak cendol, rate, dan share-nya. Jika berkenan monggo di-follow akun ane. Terima kasih, salam hangat, selamat beraktifitas.



Sumber gambar : Google
Referensi : 1, 2, 3, 4

sebelahblog
nona212
agusrezapratam4
agusrezapratam4 dan 35 lainnya memberi reputasi
36
3K
149
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.