AdelineNordicaAvatar border
TS
AdelineNordica
Milenia Jadi Petani, Why Not?
Spoiler for Yudha Triono:




Assalamualaikum. Hai, Gaes gimana kabarnya hari ini? Masih bersemangat, 'kan? Ngomong-ngomong tentang petani nih, apa sih yang ada dibayangan GanSis tentang mereka? Biasanya kita sering melihat para petani lebih didominasi oleh orang-orang dewasa dan orang tua. Nah, kali ini aku punya sosok yang bisa menginspirasi kaum muda untuk lebih bersemangat menggarap pertanian Indonesia. Mau tahu siapa? Yuks, intip profil dan kegiatan Yudha Triono, Petani muda dari Natuna.


Spoiler for spoiler:



Quote:



Remaja berusia delapan belas tahun ini merupakan satu dari sosok pemuda yang memilih bercocok tanam sebagai hobinya, Gaes. Kecintaannya terhadap tanaman memang sudah tampak sedari kecil, selalu betah berlama-lama di kebun dan tenggelam dalam hobinya itu. Ia lebih memilih menjadi diri sendiri. Ketekunan di dunia cocok tanam menumbuhkan harapan besar dalam dirinya suatu saat nanti bisa berinovasi dan memajukan dunia pertanian bangsa.


Yudha mengatakan petani juga harus memiliki pendidikan yang bagus. Selama ini masih banyak orang-orang berpandangan bahwa petani adalah mereka yang berpendidikan rendah. Padahal gak begitu dong. Yudha ingin mengubah persepsi itu. Justru petani harus memiliki ilmu dan praktik yang mumpuni di lapangan. Maka dari itu, ia akan mengambil kuliah di jurusan Pertanian agar bisa memberikan terobosan baru sehingga bisa menghasilkan panen yang melimpah.


Sambil menunggu waktu masuk Perguruan Tinggi, anak ketiga dari lima bersaudara ini menggarap lahan di belakang rumahnya dengan tanaman kangkung, cabe dan mentimun.


Spoiler for Kebun Mentimun Yudha:




Ada beberapa tips nih dari Yudha kalau kalian ingin menanam mentimun. Yuks, simak.


1. Pilihlah biji mentimun yang bagus dan berkualitas.

2. Ketika tanaman mentimun sudah merambat harus diikat ke tiang pancang. Kalau gak diikat, nantinya sulur tanaman akan jatuh ke tanah dan mempengaruhi pertumbuhan buah.

3. Pupuk dan gemburkan tanah secara rutin.

4. Bersihkan rumput liar dan gulma yang mengganggu.

5. Siram tanaman maksimal dua kali sehari.


Oh, ya. Satu hal yang patut diacungi jempol adalah adanya kerjasama yang baik antara abang dan adik, mereka yang terpaut sepuluh tahun dgn Yudhianto Mazdean abang kandungnya itu, kini sedang belajar mengisi konten-konten YouTube dengan hal-hal sederhana, videonya pun lebih mengeksplorasi kehidupan sehari-hari dan keluarga di rumahnya.



Di dalam video akun Mazdean TV mengunggah video panen mentimun untuk pertama kalinya. Gak tanggung-tanggung mentimun yang dihasilkan mencapai 21,5 kg. Wow! Panen perdana yang menggiurkan, bukan? Apalagi kalau dikalikan dengan harga timun di Natuna yang mencapai Rp. 8.000/ kg.








Kebun mentimun yang digarap Yudha juga lumayan luas. Daun tanaman hijau segar dan sehat. Jadi, bisa dibayangkan betapa telatennya ia merawat kebun. Bikin mupeng banget.



Spoiler for Panen Mentimun:



Gak hanya itu, remaja jangkung ini punya selingan lain sambil menunggu masa panen, yaitu menjadi model fotografi abangnya. Yudha memang masih memiliki darah muda untuk tetap eksis. Penampilannya juga berubah drastis ketika sudah berpose bersama motor kesayangannya.


Spoiler for spoiler:



Pesan Yudha, "untuk generasi muda jangan sampai patah arang mengejar cita-cita, tekuni kecendrunganmu dan cintai pilihanmu!".


Quote:



Sekian thread-ku, Gaes. Doain aku ya supaya menemukan pemuda/i lain yang bisa menginspirasi kita untuk lebih maju. Selamat ulang tahun untuk Yudha. Semoga sukses dunia dan akhirat. Aamiin Ya Rabbal Alaamiin ....


Referensi: Opini pribadi dan Mazdean Tv

GIF
Diubah oleh AdelineNordica 26-10-2019 05:04
4iinch
ceuhetty
sebelahblog
sebelahblog dan 18 lainnya memberi reputasi
19
3.9K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.