tofa.melonAvatar border
TS
tofa.melon
FPI Anggap Arsul Tak Tahu Persoalan soal 'RI Tak Tangkal Habib Rizieq'


Jakarta - Sekretaris Umum FPI Munarman merespons Sekjen PPP Arsul Sani yang mengatakan tidak ada halangan jika Habib Rizieq Syihab (HRS) ingin pulang ke Tanah Air. Munarman menilai Arsul Sani tak mendalami aturan keimigrasian.

"Mas Arsul ternyata tidak mendalami persoalan konkretnya. Persoalan HRS bukan karena HRS masuk daftar tangkal imigrasi. Mas Arsul juga ternyata tidak mendalami aturan keimigrasian. Sebab, secara hukum, tidak boleh ada negara yang di dalam aturan UU negaranya melarang warga negaranya untuk pulang/kembali ke negaranya sendiri," kata Munarman kepada wartawan, Kamis (24/10/2019).

Munarman mengatakan Habib Rizieq memang tak ditangkal. Namun Habib Rizieq dilarang secara aturan hukum internasional untuk kembali ke Tanah Air.

"Jadi kalau menjawab atas dasar bahwa tidak ada tangkal terhadap HRS, ya memang tidak ada, karena memang dilarang secara aturan hukum internasional maupun hukum domestik melarang warga negara untuk kembali ke negaranya sendiri," tuturnya.

Dia menyarankan agar Arsul tak membuat pernyataan jika tidak mendalami terkait keimigrasian. Menurutnya, Arsul bisa menyampaikan informasi sesat ke publik.

"Daripada cepat merespons tapi informasi yang disampaikan justru menyesatkan publik," jelasnya.

Sebelumnya, Arsul mengatakan tidak ada halangan jika Habib Rizieq ingin pulang ke Tanah Air. Jika Habib Rizieq ditangkal untuk masuk, akan ada prosedur klarifikasi kepada penegak hukum atau pihak terkait. Namun, karena Habib Rizieq tak ditangkal, lanjut Arsul, kemauan pulang kembali pada dirinya.

"Sepemahaman saya, saya kebetulan karena di Komisi III, di mana Komisi III itu juga mengawasi Kemenkum HAM yang di dalamnya ada Ditjen Imigrasi, sepemahaman saya, Habib Rizieq itu tidak ditangkal untuk masuk ke negaranya sendiri. Artinya, kalau mau pulang, setahu saya nggak terhalang. Jadi nggak usah juga dibawa pulang," kata Sekjen PPP Arsul Sani di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (24/10).

"Kecuali kalau misalnya beliau itu ditangkal masuk ke negara ini, ya baru kemudian harus kita klarifikasikan, kita clear-kan kepada Imigrasi atau kepada lembaga penegak hukum terkait, ini masalahnya apa. Tapi kalau tidak ditangkal, ya kembali terpulang kepada siapa pun yang ada di luar negeri untuk pulang atau tidak," ujarnya.


Sumur

halah... man. lo sendiri ngaku kalau rizieq gak ditangkal oleh pemerintah, dilarang hukum internasional tuk kembali ke Indonesia. trus, napa kalian selalu menyalahkan pemerintah tentang kepluangan rizieq? emang indonesia bisa memaksa diberlakukannya hukum internasional ntuk kepentingan pemerintah indonesia dlm kasus rizieq?  emoticon-Cape d...
Cupu1971
sebelahblog
tien212700
tien212700 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.9K
38
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.