ymulyanig3
TS
ymulyanig3
Halloween Ala Anak zaman Old
Pesta Halloween Ala Negeriku

Halloween identik dengan pesta hantu. Kami anak-anak jaman old, pasti seneng banget ketika hari hallowen. Bukan karena kami ikut merayakan, tapi karena banyak acara kartun tema hallowen di hari itu.

Jaman ane kecil, halloween ditandai dengan banyaknya film kartun tema hantu. Dari situ ane mulai mengenal pesta halloween. Di film menceritakan sebuah pesta hantu, masyarakat beramai-ramai merayakannya dengan memakai kostum hantu yang menyeramkan ditambah dekorasi mistis pada pesta itu.


Yang ane ingat, buah labu selalu menjadi dekorasi di acara pesta halloween. Anak-anak kecil yang berkostum menyeramkan tapi lucu akan berkeliling komplek dan mengetuk setiap pintu rumah. Para penghuni rumah harus memberikan permen pada anak tersebut. Dulu, ane ngebayangin ikutan tradisi kayak gitu, enak banget dapet banyak permen.


Setahu ane, di Indonesia baru mulai banyak yang merayakan halloween awal tahun 2000 an, atau mungkin ane aja yang kudet ( wkwkwk). Ane sendiri tidak merayakan hari halloween, hanya melihat di beberapa media sosial dan televisi saja. Menurut ane, pesta hallowen di Indonesia lebih serem dan menarik beud. Dunia permistikan di Indonesia tentunya lebih beragam dengan keanekaragaman jenis hantu dari setiap daerahnya. Tokoh hantu yang turut serta pun lebih beraneka ragam. Mulai dari si kecil tuyul yang menggemaskan sampai Bapak Genderewo yang menyeramkan. Belum lagi saudara dan teman-teman mereka. Ada Mba Kunti, Sis Sundel bolong, Mis Suster ngesot, Mr pocong sampai Nyai ratu Roro kidul turut meramaikan pesta hallowen.


Pesta halloween di Indonesia biasanya hanya diadakan di kota-kota besar saja. Ane yang tinggal di ujung pegunungan tentunya tidak akan merasakan perayaan hallowen. Namun, masih bisa melihat keseruannya lewat media sosial dan layar kaya.

Perayaan halloween yang diadaptasi dari budaya barat ini memang menarik perhatian. Terkesan unik, seru dan menegangkan. Namun, alangkah bijaknya jika kita bisa memilah budaya yang masuk dari barat itu dan disesuaikan dengan budaya timur kita. Kita ambil positifnya saja dari keseruan pesta dan menjalin tali silaturahmi dengan teman dan saudara.


Ane pribadi lebih seneng nonton aja di rumah. Nggak kebayang repotnya kalau di tempat ane ada pesta halloween. Emak-emak harus nyiapin kostum berhari-hari, pernak pernik pesta, menghias labu, nyiapin permen seember dan lain-lain. Belum lagi anak ane yang super penakut pasti jejeritan lihat orang-orang pake baju hantu, bisa kejer anak ane (wkwkwk).

Cukuplah ane sebagai penonton saja di balik televisi. Sebenarnya kalau di kota ane, Kota Kembang tercinta, sangat mudah untuk melihat orang berkostum hantu. Kita bisa melihat, bahkan berfoto bersama mereka di sepanjang jalan menuju alun-alun kota.

Pesta halloween, diingatan ane adalah masa kecil yang menyenangkan dan tidak ada beban. Jadi kangen nonton film anak-anak tema hallowen. Apapun yang kita ikuti, tetapkah jadi diri sendiri.

Sekian dari ane, semoga bermanfaat. Jangan lupa rate, komen dan cendolnya.

Terima kasih.

Sumber : Opini Pribadi

Pic by link gambar

link gambar

link gambar
Diubah oleh ymulyanig3 09-10-2019 03:02
3770372ceuhettysebelahblog
sebelahblog dan 34 lainnya memberi reputasi
35
3.2K
138
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.