stealthmania
TS
stealthmania
Pendapatan Pajak DKI Menurun, Ini Kata Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan sambutan pada agenda peluncuran kegiatan pendataan objek (Fiscal Cadaster) Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Ruang Serbaguna Dinas Teknis Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2019. Peluncuran tersebut guna memudahkan untuk mendata objek Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) secara akurat.


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bahwa menurunnya pendapatan pajak tahun ini karena memang ekonomi ibu kota yang melemah. Dia pun menyatakan masih berupaya agar pendapatan pajak tahun ini masih bisa terkejar.

"Karena memang sangat tergantung kondisi ekonomi. Bukan hanya usaha kami, tapi juga kalau transaksinya ga ada, apa yang mau dipajakin? Kan problem bukan pajaknya, tapi transaksinya," kata Anies di DPRD DKI, Senin, 21 Oktober 2019.

Anies menyatakan bakal terus mengevaluasi pendapatan di sektor pajak setiap pekannya. Bahkan, anak buahnya selalu memberikan laporan penerimaan pajak soal pendapatan setiap Selasa.

Salah satu langkah pemerintah DKI untuk mendongkrak pendapatan daerah adalah mempercepat proses transaksi yang semestinya dikerjakan tahun depan untuk diseleksi tahun ini.

"Jadi memang kami datangi untuk transaksi-transaksi besar yang kami tahu akan terjadi di 2020, kami undang untuk diselesaikan 2019. Itu menggambarkan bahwa isunya lebih pada jumlah transaksi."

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih menyisakan target penerimaan pajak Rp 13 triliun hingga akhir tahun ini. Adapun target realisasi dan penerimaan pajak yang tertuang di rencana Anggaran Pendapat dan Belanja Daerah Perubahan 2019 mencapai Rp 44,45 triliun.

Pendapatan riil sektor pajak DKI Jakarta tahun ini turun Rp 1,5 triliun jika dibandingkan tahun lalu di periode yang sama. Penerimaan sektor pajak pada 17 Oktober tahun lalu mencapai Rp 31,56 triliun sedangkan, pendapatan tahun ini di periode yang sama Rp 29,97 triliun.



SUMBER
rizaradrirrraaaabenche87
benche87 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
10.2K
123
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.