Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
152
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5db1749f10d2953fbd163082/sering-dianggap-sepele-kebiasaan-ini-justru-membuat-anak-menjadi-pembohong
Manusia dilahirkan dengan hati yang bersih, namun tak jarang dibesarkan dengan kebohongan sedari kecil, kemudian menjadikan kebohongan menjadi hal yang biasa, lama-lama malah jadi kebiasaan. Seringkali satu kebohongan disusul oleh kebohongan lainnya, bagai rantai yang tak pernah putus, melingkar dan kemudian terjebak. Berikut Hal-Hal yang Sering Dianggap Sepele Namun Membuat Anak Menjadi Pembohong
Lapor Hansip
24-10-2019 16:53

Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!

Bersikap jujur adalah perkara yang mudah-mudah-sulit. Manusia dilahirkan dengan hati yang bersih, namun tak jarang dibesarkan dengan banyak kebohongan sedari kecil, kemudian menjadikan sebuah kebohongan menjadi hal yang biasa, lama-lama malah jadi kebiasaan.

Berbohong, tentu adalah perbuatan yang tercela. Seringkali satu kebohongan disusul oleh kebohongan lainnya, bagai rantai yang tak pernah putus, melingkar dan kemudian terjebak.

Berikut Hal-Hal yang Sering Dianggap Sepele Namun Membuat Anak Menjadi Pembohong


Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!

1. "Kalau Orang Cari Ayah, Bilang Lagi Pergi"

Agan Sista, semasa kecil pernah ngalamin? Ketika ayah atau ibu ingin tidur siang, dan kita sedang asik menonton televisi di ruang tamu. Kemudian ayah atau ibu bilang "Dek, kalo nanti ada yang cari, bilang ayah lagi pergi ya?" ane pernah nih dulu ngalamin ini, GanSist. Bahkan waktu ane masih polos-polosnya ane jawab ke orang yang nyari begini "Kata Ayah, kalo ada orang cari, bilang ayah lagi pergi om,"

Tak sedikit orang melakukan hal ini, miris kan? Ketika dipikir-pikir bahwa sejak kecil kita disuruh berbohong demi kenyamanan sang orangtua.

2. "Tenang, Ayah Bakal Selalu Lindungi Kamu!"

Membaca kalimat ini, mungkin sepintas terdengar wajar dan biasa, 'kan? Toh memang tugas orangtua adalah melindungi anaknya. Namun, bagaimana jika sang anak menerimanya dengan artian berbeda "Aku bebas melakukan apapun, ayah pasti lindungi aku!"  sang anak bisa jadi semena-mena dan manja, karena betapapun salahnya dia, sang anak akan selalu dilindungi.

3. "Berbohong Itu Boleh, Asal Demi Kebaikan"

Berbohong demi kebaikan, adalah salah satu dogma yang sampai hari ini masih diyakini banyak orang. Apapun alasannya, berbohong tetaplah perbuatan yang tidak sepantasnya dilakukan. Lebih baik pahit menelan kejujuran, daripada bermanis dibuat kebohongan. Hal paling umum bagi anak kecil adalah ucapan orangtua demi meyakinkan anaknya bahwa "disuntik gak sakit kok", entah menurut orang lain, namun menurut TS disuntik tetaplah sakit, bisa ditahan, tapi yang namanya sakit ya tetap sakit. Jadi akan lebih baik jika kita katakan saja sejujurnya "Sakit dek, tapi kamu kuat kok, jaga kesehatan makanya".

4. "Bioskopnya Tutup, Dek"

Ane pernah jalan bersama teman kantor dan anaknya, sang anak ingin menonton film yang memang lagi tayang, namun orangtua enggan menemani karena kami punya agenda yang berbeda. Lantas sang orangtua menjawab "Bioskopnya gak buka, Dek". Suatu trik kecil yang memang pada saat itu mampu menenangkan rengekan sang anak, tapi trik kecil ini suatu saat bisa menjadi bumerang ketika sang anak mulai mengerti. 

5. "Kan Ayah Sudah Bilang! Kok Kamu Masih Lakuin?"

Tak menghargai kejujuran adalah hal sepele yang begitu sering dilakukan karena orangtua terbawa emosi dengan tingkah sang anak. "Ayah, tadi adek disekolah kena marah bu guru, karena lupa mengerjakan PR", mendengar curhatan model begini, tak sedikit orangtua yang langsung membentak anaknya. Kecewa itu wajar, namun kenapa harus dibentak? Pernahkah terpikir, bahwa curhatan tersebut adalah suatu bentuk kejujuran? Sang anak punya pilihan untuk tidak bercerita, namun ia tetap bercerita karena ia percaya pada sang orangtua.



referensi : di mari
g
ambar : Google


profile-picture
profile-picture
profile-picture
betiatina dan 48 lainnya memberi reputasi
49
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 8
Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!
24-10-2019 19:19
jangan boong ya ma pa
contoh :
anak : Ma, mau beli hp
mama : iya besok

besok
anak : pa kata mama beli hp
papa : iya entar beli

setahun kemudian, ttep ga beli hp u anak. sampe anak lupa.
profile-picture
profile-picture
agungdar2494 dan istijabah memberi reputasi
2 0
2
Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!
24-10-2019 19:23
Quote:Original Posted By pabloo
Masa seh gitu emoticon-Tepar


Mungkin, bisa saja klo di sinetron
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!
24-10-2019 19:26
Quote:Original Posted By todzzz
btul bngett ini, dan ini sering dilakukann emoticon-Berduka (S)

btw, dari 5 point TS, pling sad keknya point 5. ktika kejujurannnya tak dihargai, apalah yg tersisa.

btw, jdi pengen curhat,
wntah dulu pernah trauma/ngalamin apa, ane hingga skrng usia 24, selalu merahasiakan aktifitas ane ke orang tua,,
ane dikampus ckup berprestasi, aktif diprganisasi, dpet beasiswa, ipk cumloude, sring tmpil ngisi kegiatan kemahasiswaan di tngkat kmpus, tapi smua itu tak ane critakan sma skli ke ortu. bhkn kinginan buat nikah pun ane rhsiain. g mau crita

kalau pulang pun, ane jrng ngobrol,
dan kalau ngobrol pun, karena mungkin ane gak pernah crita prestasi ane, ortu slalu mngglorify prestasi anak sodara/ttngga. emoticon-Mewek


Klo sekarang gimana, gan?
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!
24-10-2019 19:29
Quote:Original Posted By agungdar2494
Gimna mbak?



Wkwkwkwk



Iya gan. Buat kita juga kok, sbg Oom atau Tante bagi ponakan hihi


Betul, pokoknya yang notabene dewasa. Harus ngajarin yang benar sama anak-anak. 😊
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!
24-10-2019 19:35
Anak anak kalo dari kecil udah pinter boong pasti besarnya jadi kampret tukang hoaxemoticon-Wkwkwk
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!
24-10-2019 19:40
Quote:Original Posted By agungdar2494
Masalah pinjem uang? Tolak aja dengan tegas. Ane baru ngalamin td pagi nih

Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!


Oke..makasih😂 udah gak lagi sekarang, dulu sering dan gak dibayar..kesel
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!
24-10-2019 19:52
hal kecil yang berpengaruh besar
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!
24-10-2019 19:54
Quote:Original Posted By agungdar2494
Masalah pinjem uang? Tolak aja dengan tegas. Ane baru ngalamin td pagi nih

Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!


Ane sering lakuin begini sama temen 😆
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!
24-10-2019 19:57
Quote:Original Posted By masnukho
Ane sering lakuin begini sama temen 😆


Iya wkwwk kejam sih tp kalo gk begitu, kita yg pusing kepala.
profile-picture
profile-picture
masnukho dan istijabah memberi reputasi
2 0
2
Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!
24-10-2019 20:14


Quote:Original Posted By istijabah
Mungkin, bisa saja klo di sinetron


Ya bener juga itu emoticon-terimakasih
profile-picture
profile-picture
agungdar2494 dan istijabah memberi reputasi
2 0
2
Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!
24-10-2019 20:16


Quote:Original Posted By agungdar2494
Jujur itu yg melengkung di simpang rumah kalo ad hajat nikahan kan gan?



Okeh percaya



Bener Gan. Disalahgunakan paling sering ya emoticon-Turut Berduka





Aamiin


Bah apaan tuh gan emoticon-Ngakak
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!
24-10-2019 20:34
mereka tidak berbohong tetapi mencoba creative dalam menyembunyikan sesuatu biasaya ini bakat anak cerdas heheh,,,

berani jujur hebat wakakaka...
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!
24-10-2019 20:38
setuju kalo bohong emng gaboleh apa lg secara persuasif diajarin ke anak lewat praktek kek gt
tp kalo berohong demi kebaikan masih gantung kalo buat ane, soalnya kan baik itu relatip tergantung perspektip
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!
24-10-2019 20:48
setuju gan, ane percaya berbohong itu gabaik apapun alesannya apalagi buat diajarin ke anak anak, kalo mau ngajarin ke anak anak ajarin saja kejujuran apapun itu akibatnya, toh nanti ketika dewasa dia juga bakal bisa memilah kapan harus bohong kapan harus jujur yang terpenting ajarin aja dulu kejujuran...
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!
24-10-2019 20:58
Quote:Original Posted By pembawalap
mereka tidak berbohong tetapi mencoba creative dalam menyembunyikan sesuatu biasaya ini bakat anak cerdas heheh,,,

berani jujur hebat wakakaka...


Berani jujur itu hebat emoticon-Cool

Quote:Original Posted By kudanil.la
setuju kalo bohong emng gaboleh apa lg secara persuasif diajarin ke anak lewat praktek kek gt
tp kalo berohong demi kebaikan masih gantung kalo buat ane, soalnya kan baik itu relatip tergantung perspektip


Yup. Ane sih tegas menolak kbohongan apapun alasannya sist. Lebih baik jujur meski pahit, menurut ane sih emoticon-Leh Uga

Quote:Original Posted By sikurus97
setuju gan, ane percaya berbohong itu gabaik apapun alesannya apalagi buat diajarin ke anak anak, kalo mau ngajarin ke anak anak ajarin saja kejujuran apapun itu akibatnya, toh nanti ketika dewasa dia juga bakal bisa memilah kapan harus bohong kapan harus jujur yang terpenting ajarin aja dulu kejujuran...


Point 5 menurut Agan gimana?
0 0
0
Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!
24-10-2019 21:19
Quote:Original Posted By agungdar2494
Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!


Gan Sist setuju gak?
Bahwa berbohong demi kebaikan itu boleh?


Lihat sikon dolo gan ..klo demi kebaikan anak n itu dirasa sangat penting ..maka bisa dibilang perlu ...tpi klo dikit2 dianggap baik jadi kebiasaan bikin anak gak baik ..emoticon-2 Jempol
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!
24-10-2019 21:31
klo dlu gegara sering d marahin bukan bohong sh lebih tpatnya diem aja pura" gk tau pdhal yg nglakuin atau ngilangin, harusnya sh bljar biar gk dkit" mrah sma ank pas salah biar anak gk takut bicara jujur
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!
24-10-2019 21:41
Untuk point ke 3,4 dan 5, menurut ane sih itu serba salah sih. Karena memang suatu saat kita pasti berhadapan dengan situasi kayak begitu
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!
24-10-2019 22:48
Quote:Original Posted By suekethos
Lihat sikon dolo gan ..klo demi kebaikan anak n itu dirasa sangat penting ..maka bisa dibilang perlu ...tpi klo dikit2 dianggap baik jadi kebiasaan bikin anak gak baik ..emoticon-2 Jempol


Siap gan noted. Jd boleh bohong asal demi kebaikan sang anak ya Gan? emoticon-Betty

Quote:Original Posted By triwinarti
klo dlu gegara sering d marahin bukan bohong sh lebih tpatnya diem aja pura" gk tau pdhal yg nglakuin atau ngilangin, harusnya sh bljar biar gk dkit" mrah sma ank pas salah biar anak gk takut bicara jujur


Setuju 100% mbak. Kejujuran harus dihargai biar bagaimanapun

Quote:Original Posted By rizkajuniar17
Untuk point ke 3,4 dan 5, menurut ane sih itu serba salah sih. Karena memang suatu saat kita pasti berhadapan dengan situasi kayak begitu


Tp ane tetep lebih menyarankan membiasakan anak dengan kejujuran Gan.
profile-picture
profile-picture
triwinarti dan suekethos memberi reputasi
2 0
2
Sering Dianggap Sepele, Kebiasaan Ini Justru Membuat Anak Menjadi Pembohong!
24-10-2019 23:20
Quote:Original Posted By agungdar2494
Boleh contohin gak sist? satu kebohongan baik yg boleh? emoticon-Bingung


Untuk menolong org/ menjaga perasaan orglain sepertinya gpa2.
Misal ada org ngasih makanan biarpun kurang enak sy nganjurin anak2 utk bilang enak dunks.😁
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 3 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Wedding & Family
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia