Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
223
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5db145d7a2d195589611b382/haruskah-iuran-bpjs-kesehatan-naik-seratus-persen
Seseorang yang mengkritik program bantuan pelayanan jaminan kesehatan (BPJS), pastilah orang yang semasa hidupnya belum pernah sakit. Bersyukurlah, karena jelas saja bagi TS Program ini sangat membantu sekali.
Lapor Hansip
24-10-2019 13:33

Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Seseorang yang mengkritik program bantuan pelayanan jaminan kesehatan (BPJS), pastilah orang yang semasa hidupnya belum pernah sakit. Bersyukurlah, karena jelas saja bagi TS Program ini sangat membantu sekali. Atau mungkin orang yang sudah berlimpah harta, keluar negeri hanya karena 'masuk angin' juga tidak masalah demi berobat. 

Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?


Bagaimana tidak? Baru-baru ini, TS harus operasi gigi (wisdom teeth removal) dengan biaya yang berkisar Rp 2-8 juta, tak perlu memikirkan biaya tersebut TS bisa operasi. Hal ini tak lain berkat program penjaminan BPJS yang perusahaan TS bayarkan setiap bulan. Atau juga tahun lalu, ayah TS harus menjalani operasi prostat, alhamdulillah juga tidak merasa berat karena sudah ditanggung BPJS.

Dan diluar sana masih begitu banyak (khususnya masyarakat bawah) yang terbantu dengan program ini. Terkhusus untuk kalangan masyarakat kurang mampu, asal terdaftar dan didaftarkan oleh RT setempat, insyaallah perawatan orang tersebut dapat gratis tanpa iuran.

Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?


Mirisnya, Indonesia masih belum siap dengan program seperti ini. Pola pikir pendek beberapa oknum, dan sifat hanya mau untung begitu lekat tertanam di benak masyarakat Indonesia. Ada kasus dimana seorang calon ibu, baru mendaftar program BPJS ketika mulai mendekati masa melahirkan, ironisnya usai melahirkan ibu (oknum) tersebut berhenti membayar iuran BPJS. Atau, seorang wiraswasta yang baru mengikuti program BPJS ketika mengetahui bahwa dirinya butuh dioperasi dengan biaya yang tidak kecil, setelah selesai operasi iuranpun dihentikan.

Hal inilah yang kemudian menyebabkan anggaran BPJS tahun 2020 akan naik dua kali lipat, karena BPJS yang mengaku terus mengalami defisit.

Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?

Baru-baru ini misalnya, RSUD Ungaran mengaku dihutangi BPJS sebesar 20 Miliar, pembayaran terakhir adalah april 2019.  Direktur RSUD Ungaran, Setya Pinardi mengatakan

Quote:"Pasien kami itu sebanyak 80 persen melakukan pembayaran menggunakan BPJS, sementara yang 20 persen non-BPJS atau mandiri. Sehingga jika tagihan macet, juga berpengaruh ke pihak lain," terangnya.

sumber : https://regional.kompas.com/read/201...p-ditagih-tak


Lambatnya pembayaran dari BPJS ke rumah sakit, tentu merusak aliran keuangan dan anggaran rumah sakit. Di lain sisi, Rumah Sakit tentu tak enak untuk menolak pasien dari peserta BPJS, ketika rumah sakitnya terdaftar sebagai salah satu FASKES (Fasilitas Kesehatan) BPJS.

Atau RSUD Kota Yogya, yang sudah lebih dahulu terancam bangkrut akibat tunggakan pembayaran BPJS Kesehatan. 

Quote:"Tunggakan BPJS Kesehatan kepada RSUD Wirosaban Kota Yogyakarta sebesar Rp16 miliar yang sangat mengganggu operasional rumah sakit dan kalau ini tidak segera diselesaikan, maka ada potensi kebangkrutan," kata Fokki melalui keterangan tertulis yang diterima Tirto, Kamis (1/8/2019).

sumber : https://tirto.id/rsud-kota-yogya-ter...esehatan-efrt


Dan masih banyak lagi "korban" tunggakan pembayaran BPJS lainnya. Sebagai informasi tambahan, pada setiap tunggakan klaim rumah sakit ke BPJS, BPJS akan dikenakan sanksi 1% dari jumlah klaim, denda ini kemudian akan dibebankan ke kas negara. Hal ini tentu sangat membebani APBN, menambah hutang, dan banyak polemik susul menyusul.

Menaikkan iuran tentu adalah cara yang paling tepat untuk saat ini, jauh lebih baik ketimbang program ini sama sekali dihentikan. 

Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?

TS masih begitu ingat, jaman masih tinggal di kampung. Orang kampung (kebanyakan orang kurang mampu, khususnya) paling anti datang ke Rumah Sakit, kecuali tak ada pilihan lain dan yakin bahwa dengan ke rumah sakit akan sembuh. Penyebabnya, tentu adalah biaya rumah sakit yang luar biasa mahal. 

Hari ini, coba saja mampir ke Puskesmas jam enam pagi. Tak perlu lima menit setelah pintu dibuka, masyarakat dengan berbagai keluhan )kecil-serius) berdatangan mengantri. Dari yang pusing-pusing sedikit, hingga minta rujukan untuk cuci darah. 

Luar biasa, bukan? Manfaatnya dirasakan oleh semua orang dari berbagai lapisan.

referensir : di sini & di sini
sumber foto : Google

Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?
:terimakasih:welcome



Quote:Original Posted By nipta1179
Mengutip Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) 2019, BPJS Kesehatan menganggarkan beban insentif kepada direksi sebesar Rp32,88 miliar. Jika dibagi ke delapan anggota direksi, maka setiap anggota direksi mendapatkan insentif Rp4,11 miliar per orang.

Dengan kata lain, seluruh direksi menikmati insentif Rp342,56 juta per bulan. Sementara itu, beban insentif dewan pengawas BPJS Kesehatan dianggarkan Rp17,73 miliar per tahun.

Jika dibagi kepada tujuh dewan pengawas, maka tiap kepala mendapat insentif Rp2,55 miliar. Jika dirata-rata ke dalam 12 bulan, maka insentif yang diterima dewan pengawas adalah Rp211,14 juta per bulan.

sumber:
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...pjs-plus-bonus

itu baru insentif, belum gaji mas bro...
kalo sama gaji ya hitung sendiri aja deh


Quote:Original Posted By shotgunBlues
Kinerja BPJS tidak sebanding dengan Kenaikan Iuran yang di usulkan....

  • Kualitas Pengobatan masih rendah karena pembayaran Kapitasi dan Klaim Rendah
  • Pembayaran Klaim masih Macet macet
  • Bahkan saat ini Seluruh Rumah sakit di Indonesia terkena dampak Penurunan Kelas dan Pembatasan Pelayanan karena Permenkes Baru, yang di isukan berkaitan dengan Kepentingan BPJS

Sebaliknya :
  • Fasilitas dan Income Direksi dan jajaran yang "Mewah"
  • Penerbitan aturan yang terkesan otoriter tanpa mempertimbangkan kepentingan masyarakat, contoh : Kenaikan tarif 100 %.....tentunya yang sengsara adalah masyarakat
  • Keputusan yang sepihak dan terkesan semena mena, contoh : BPJS di suatu cabang bisa memiliki kebijakan yang berbeda dengan BPJS di cabang lainnya... aneh sekali untuk BUMN yang seharusnya memiliki standar yang jelas.



emoticon-Cool
Diubah oleh agungdar2494
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fiaperm dan 33 lainnya memberi reputasi
34
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 12
Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?
24-10-2019 14:00
Quote:Original Posted By RetnoQr3n
mungkin digratisin aja biar oke


Digratisin buat yang gak mampu, kalo mampu ya sebaiknya iuran Sist :belumtidur

Quote:Original Posted By AdelineNordica
ini kayaknya untuk peserta mandiri yang nunggak ya? kalau pns/polri/tni/perusahaan biasanya langsung potong gaji.
Bagi penunggak mungkin gpp kalau ikut tarif baru. Asal jangan peserta lama yg rajin bayar iuran


iya, ini kebanyakan yang wirausahawan.

Quote:Original Posted By Cahayahalimah


Hehe memang biasa di luar gan, selalu ngajar :nyantai


Oke noted, mulai detik ini mbak aya jadi guruku juga ya.
Asiqq banyak guru :tepuktangan

0 0
0
Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?
24-10-2019 14:00
Berkurang lagi gaji ane emoticon-Mewek
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?
24-10-2019 14:00
menurut gw, menaikan iuran BPJS bukan penyelesaiannya
harusnya gaji dewan direksi yang diturunkan, masa gaji sampai 500 jutaan/orang ya jebol donk kas BPJS.

gaji Gub Bank Indonesia aja 200 jutaa, pertamina juga 200 jutaa lha ini BPJS sampai 500 Juta.

atau kalo perlu gak usah ada BPJS aja
profile-picture
profile-picture
userbo dan agungdar2494 memberi reputasi
2 0
2
Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?
24-10-2019 14:03
Quote:Original Posted By iissuwandi


Setuju apa ini🙄🙄🙄🙄


BPJS naik :jones

Quote:Original Posted By awakdhewe
Berkurang lagi gaji ane emoticon-Mewek


UMR kan katanya bakal naik 8% gan emoticon-Betty

Quote:Original Posted By nipta1179
menurut gw, menaikan iuran BPJS bukan penyelesaiannya
harusnya gaji dewan direksi yang diturunkan, masa gaji sampai 500 jutaan/orang ya jebol donk kas BPJS.

gaji Gub Bank Indonesia aja 200 jutaa, pertamina juga 200 jutaa lha ini BPJS sampai 500 Juta.

atau kalo perlu gak usah ada BPJS aja


Wah, ada Gan Nipta! Apa kabar Gan?

Jangan Gan, BPJS tetap dibutuhkan, khususnya untuk orang kurang mampu.
Negara "gak sanggup", oleh sebab itu kita subsidi siilang antara masyarakat ke masyarakat yang membutuhkan.

Perihal gaji, setuju sih.. tapi ane denger, 200juta gan, bukan 500juta - cmiiw
0 0
0
Lihat 1 balasan
Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?
Lapor Hansip
24-10-2019 14:03
Balasan post agungdar2494
@agungdar2494 kasihan peserta yg musti nanggung,seharusnya diklasifikasikan, mungkin gak ya yg naik iurannya adalah yg punya riwayat penyakit berat saja
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?
Lapor Hansip
24-10-2019 14:05
Balasan post akiwaa
Quote:Original Posted By akiwaa
@agungdar2494 kasihan peserta yg musti nanggung,seharusnya diklasifikasikan, mungkin gak ya yg naik iurannya adalah yg punya riwayat penyakit berat saja


@akiwaa Susah ngedatanya Gan emoticon-Sorry

Kalo mau sih, adakan dulu transparansi laporan, supaya kita tahu sama tahu darimana defisit itu terjadi?

Benarkah dari banyaknya claim? atau benar dari gaji yang terlalu tinggi?

Nah kalo claim, menurut ane sih gapapa Gan iurannya disama ratakan, kalau naik ya naik semua. Kita gak pernah tahu, apa yang terjadi kedepan nanti pada tubuh kita. Ikhlas aja sih menurut ane, dan bersyukur jika diberikan kesehatan.

Begitu menurut ane, Gan emoticon-Mewek
0 0
0
Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?
24-10-2019 14:07
belum pernah denger suatu produk keuangan naik sampai 100%, jadi saya nilai nggak wajar
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?
Lapor Hansip
24-10-2019 14:08
Balasan post agungdar2494
ya bener juga sih gan, musti transparan juga si BPJS
kalo gaji 200 jeti ya kebangetan kayaknya
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?
Lapor Hansip
24-10-2019 14:08
Balasan post agungdar2494
Mengutip Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) 2019, BPJS Kesehatan menganggarkan beban insentif kepada direksi sebesar Rp32,88 miliar. Jika dibagi ke delapan anggota direksi, maka setiap anggota direksi mendapatkan insentif Rp4,11 miliar per orang.

Dengan kata lain, seluruh direksi menikmati insentif Rp342,56 juta per bulan. Sementara itu, beban insentif dewan pengawas BPJS Kesehatan dianggarkan Rp17,73 miliar per tahun.

Jika dibagi kepada tujuh dewan pengawas, maka tiap kepala mendapat insentif Rp2,55 miliar. Jika dirata-rata ke dalam 12 bulan, maka insentif yang diterima dewan pengawas adalah Rp211,14 juta per bulan.

sumber:
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...pjs-plus-bonus

itu baru insentif, belum gaji mas bro...
kalo sama gaji ya hitung sendiri aja deh
profile-picture
profile-picture
heatbreaker dan agungdar2494 memberi reputasi
2 0
2
Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?
24-10-2019 14:09
gak tau deh emoticon-Ngakak
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?
24-10-2019 14:10
gaji dirutny lebih gede dari presiden bro mantab emoticon-thumbsup
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?
24-10-2019 14:16
ga harus sih bre.emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
sini yang lom punya bpjs, ane buatin
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?
24-10-2019 14:16
kalo iuran naik, berarti pelayanan harus tambah bagus. kuota pasien perhari juga harus dihilangkan, biar ga ada pasien yg gagal berobat
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?
24-10-2019 14:17
Quote:Original Posted By nipta1179
Mengutip Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) 2019, BPJS Kesehatan menganggarkan beban insentif kepada direksi sebesar Rp32,88 miliar. Jika dibagi ke delapan anggota direksi, maka setiap anggota direksi mendapatkan insentif Rp4,11 miliar per orang.

Dengan kata lain, seluruh direksi menikmati insentif Rp342,56 juta per bulan. Sementara itu, beban insentif dewan pengawas BPJS Kesehatan dianggarkan Rp17,73 miliar per tahun.

Jika dibagi kepada tujuh dewan pengawas, maka tiap kepala mendapat insentif Rp2,55 miliar. Jika dirata-rata ke dalam 12 bulan, maka insentif yang diterima dewan pengawas adalah Rp211,14 juta per bulan.

sumber:
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi...pjs-plus-bonus

itu baru insentif, belum gaji mas bro...
kalo sama gaji ya hitung sendiri aja deh


Omaigat thanks pencerahannya, Gan.
Izin angkut pejwan ya, Bro.
0 0
0
Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?
24-10-2019 14:19
Quote:Original Posted By Z4RC
gak tau deh emoticon-Ngakak


Oke sip :goyang

Quote:Original Posted By WhiteKnight93
gaji dirutny lebih gede dari presiden bro mantab emoticon-thumbsup


Sedap ya Gan emoticon-Betty

Quote:Original Posted By Gatt12
ga harus sih bre.emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
sini yang lom punya bpjs, ane buatin


Asiap bre. Jadi gimana dong supaya gak defisit lagi? emoticon-Betty

Kesian ini RS yg dirugikan, bahkan sampai bangkrut.

Quote:Original Posted By Laditachuda
kalo iuran naik, berarti pelayanan harus tambah bagus. kuota pasien perhari juga harus dihilangkan, biar ga ada pasien yg gagal berobat


Setuju, mbak.
Ane 2x mengalami gagal berobat. emoticon-Sorry

Pernah juga karena pusing ribet, akhirnya bayar tunai aja (1jt melayang cuma buat lepas kuku doang). emoticon-Turut Berduka
0 0
0
Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?
24-10-2019 14:28
Kalau harus naik, jangan banyak-banyak sih menurut ane, kasihan yang golongan menengah ke bawah, gajinya pas-pasan.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?
24-10-2019 14:29
Memang suka syebel kalo banyak iuran yang naik ya Kak?
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?
24-10-2019 14:35
males banget kalau naiknya 100% belum bayar yg lain ini nambah lagi beban baru 🙄
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?
24-10-2019 14:38
naik klo sebanding tidak masalah yang masalah itu ,,,, yang ini ,,,, yang itu ,,,, akeh men sampai susah nyebutnya

mungkin jamsostek di buat macam asuransi murni saja gimana ,, ndak bayar polis ya ndak ndapat ,, gitu aja , dan point 2 klausul nya di perjelas misalnya yang di cover ini itu dkk ,

eh awalnya di cover kemudian berubah ini itu yang rugi siapa hayo,,,
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Haruskah Iuran BPJS Kesehatan Naik Seratus Persen?
24-10-2019 14:43
Iyahin aja deh gue mah cuma rakyat kecil mana mungkin menang lawan kebijakan pemerintah yang seringkali banyaknya GAK BIJAK ketika bikin aturan atau mengeluarkan keputusan, mau pake data apapun, mau bikin laporan apapun dan sebanyak apapun gue tetep pasti kalah, jangan ajak gue debat, males gue udah cape-cape debat tapi tetep sia-sia intinyamah kalo jadi orang indo mesti banyak pasrah dan nrimo dan jangan pernah lupa PEMERINTAH ITU TIDAK PERNAH SALAH !!!, yang salah dan goblok cuma rakyat kaya gue ini
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia