hardlenAvatar border
TS
hardlen
Tips Mencuci Celana Jeans agar Lebih Awet

Ilustrasi. Mencuci celana jeans harus dengan tepat. (Pixabay)




Jeans merupakan salah satu jenis pakaian yang sangat populer dan digemari banyak orang. Dengan memiliki bahan yang membuat nyaman, rasanya sangat aneh bila seseorang tidak memiliki setidaknya satu pakaian terbuat dari bahan denim ini.

Tak hanya itu, jeans memiliki sifat yang serbaguna. Memadukannya dengan kaos biasa, kemeja, serta bahan lainnya akan tetap cocok. Celana jeans misalnya. Jika hendak pergi ke kampus, kantor, atau saat sedang hang out dan ingin memiliki konsep outfit yang simpel, celana jeans jadi pilihan tepat.

Hanya saja, karena kerap dipakai hampir setiap hari membuat celana jeans bisa menjadi sangat kotor. Namun di lain sisi, mencuci celana jeans harus dengan hati-hati dan tidak sembarangan sehingga bahan dan warnanya tetap awet.

Pada umumnya, celana jeans terbuat dari bahan katun sehingga dapat membuat celana ini awet dan tahan lama jika dirawat dengan baik. Berikut tips merawat dan mencuci celana jeans dengan baik.

Mengutip CNNIndonesia.com, terlebih dulu periksa suhu air yang disarankan label perawatan yang tertera di celana jeans. Hal ini dikarenakan untuk menjaga warna asli jeans sehingga tidak cepat pudar. Suhu air yang tinggi dapat membuat warna jeans pudar.

Mencuci celana jeans langsung dengan tangan mampu mempertahankan warna asli pada jeans. Namun perlu diingat untuk tidak terlalu sering mencuci celana jeans. Bahkan CEO Levi Strauss dan tim desainer Tommy Hilfiger juga menyarankan hal demikian.

Jika Anda mendapati noda menempel pada celana jeans, alih-alih langsung memasukannya ke mesin cuci, gunakanlah air dan lap untuk menghilangkannya.

Saat celana jeans Anda memiliki bau tak sedap namun tidak ingin sering dicuci, cobalah jemur celana di luar ruangan setidaknya seharian penuh atau 24 jam. Anda juga bisa menggunakan semprotan penghilang bau khusus kain.

Salah satu trik lain yang dapat dilakukan untuk merawat celana jeans Anda adalah dengan menyimpannya di dalam freezer atau lemari pendingin. Proses ini juga dapat menghilangkan aroma tak sedap pada celana jeans.

Salah satu alasan utama pakaian berbahan denim mulai mengeluarkan bau disebabkan oleh bakteri tubuh yang pindah ke pakaian saat dipakai. Bakteri inilah yang mengakibatkan bau pada pakaian. Membekukan celana jeans mampu mematikan bakteri dalam jumlah besar dan bau tak sedap pun akan berkurang.

Anda juga wajib tahu kapan harus mencuci celana jeans. Setelah memakai sekali atau dua kali bukan berarti Anda harus langsung mencucinya, kecuali jika celana sudah terkena noda yang sangat banyak atau basah. Pasalnya, bahan denim memiliki kelebihan tersendiri untuk dapat awet lebih lama tanpa dicuci.



irma.kawai
lina.wh
tien212700
tien212700 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3.4K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Fashion
Fashion
icon
16KThread4.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.