News
Batal
KATEGORI
link has been copied
88
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5daf6dd482d49528ab284f0f/spesialnya-pos-menhan-prabowo-bisa-isi-kekosongan-presiden-wapres
Spesialnya Pos Menhan Prabowo: Bisa Isi Kekosongan Presiden-Wapres Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi calon Menteri Pertahanan (Menhan) Presiden Joko widodo (Jokowi). Bersama dengan Mendagri dan Menlu, pos Menhan ini begitu spesial. Jika Presiden tidak bisa menjalankan kewajibannya, tiga menteri tersebut bisa melaksanakan tugas kepresidenan untuk sementara. Begini aturannya. Aturan ter
Lapor Hansip
23-10-2019 04:00

Spesialnya Pos Menhan Prabowo: Bisa Isi Kekosongan Presiden-Wapres

icon-verified-thread
Spesialnya Pos Menhan Prabowo: Bisa Isi Kekosongan Presiden-Wapres

Spesialnya Pos Menhan Prabowo: Bisa Isi Kekosongan Presiden-Wapres

Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto menjadi calon Menteri Pertahanan (Menhan) Presiden Joko widodo (Jokowi). Bersama dengan Mendagri dan Menlu, pos Menhan ini begitu spesial. Jika Presiden tidak bisa menjalankan kewajibannya, tiga menteri tersebut bisa melaksanakan tugas kepresidenan untuk sementara. Begini aturannya.

Aturan terkait pendelegasian tugas kepresidenan tersebut diatur dalam UUD 1945. Merujuk UUD 1945 Pasal 8 ayat 1, pertama-pertama disebutkan bahwa Presiden yang meninggal dunia, berhenti, diberhentikan atau tidak bisa melakukan kewajibannya akan digantikan oleh Wakil Presiden sampai habis masa jabatannya.

Setelah itu, MPR harus memilih Wakil Presiden selambat-lambatnya dalam waktu 60 hari. Hal tersebut dijelaskan dalam Pasal 8 ayat 2:

(2) Dalam hal terjadi kekosongan Wakil Presiden, selambat-lambatnya dalam waktu enam puluh hari, Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menyelenggarakan sidang untuk memilih Wakil Presiden dari dua calon yang diusulkan oleh Presiden.

Namun, apabila hal baik Presiden atau Wakil Presiden tidak bisa menjalankan kewajibannya, maka tugas tersebut dialihkan kepada beberapa menteri. Salah satunya Menteri Pertahanan. Hal tersebut diatur dalam Pasal 8 ayat 3:

(3) Jika Presiden dan Wakil Presiden mangkat, berhenti, diberhentikan, atau tidak dapat melakukan kewajibannya dalam masa jabatannya secara bersamaan, pelaksanaan tugas Kepresidenan adalah Menteri Luar Negeri, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Pertahanan secara bersama-sama. Selambat-lambatnya tiga puluh hari setelah itu, Majelis Permusyawaratan Rakyat menyelenggarakan sidang untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden dari dua pasangan calon Presiden dan wakil Presiden yang diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik yang pasangan calon Presiden dan Wakil Presidennya meraih suara terbanyak pertama dan kedua dalam pemilihan umum sebelumnya, sampai berakhir masa jabatannya.

Sebelumnya, Prabowo memenuhi panggilan Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakpus. Prabowo mengaku diminta oleh Jokowi untuk membantunya di bidang pertahanan atau menjadi menteri pertahanan.

"Saya diizinkan menyampaikan, saya diminta membantu beliau di bidang pertahanan," kata Prabowo setelah bertemu dengan Jokowi di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10) kemarin.

PPP Yakin Prabowo Tak Tikung Jokowi

PPP tak mempermasalahkan merapatnya Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto ke koalisi pemerintah dan menjadi calon menteri pertahanan (menhan). PPP yakin Prabowo tak akan menikung Jokowi.

Wasekjen PPP Achmad Baidowi mengatakan, dengan masuknya Prabowo ke gerbong koalisi, Awiek mengatakan tidak akan ada 'matahari kembar' di pemerintahan. Awiek menyinggung sikap kenegarawanan Prabowo sebagai prajurit yang akan profesional dan mengkhianati atasannya.

"Kalau Pak Prabowo masuk ke kabinet, saya kira beliau profesional. Beliau prajurit, akan melihat, akan taat asas, tegak lurus terhadap ketentuan perundang-undangan. Beliau sudah teruji itu, artinya dia tidak akan mengkhianati atasannya gitu, yakni yang memberikan mandat, Pak Jokowi. Saya kira tidak akan terjadi tikung-menikung ataupun salip-menyalip di tikungan akhir, saya kira nggaklah," kata Awiek.
(fjp/dnu)
sumber

☆☆☆☆☆☆☆☆

Hmmmm....
Mulai banyak yang membahas posisi strategis Prabowo di kursi kabinet.
Bahkan pengamat LIPI yang selama pilpres cenderung memojokan Jokowi justru sekarang berpendapat bahwa dengan duduknya Prabowo di kursi Menteri Pertahanan bisa berakibat adanya militerisme ditubuh pemerintah yang berimbas kepada kehidupan rakyat.

Belum lagi ketakutan akan kembalinya aroma Orde Baru dalam pemerintahan Jokowi yang kedua kalinya ini.

Ramai-ramai mulai curiga.
Ada yang pragmatis.
Ada yang pesimis.
Ada yang optimis.

Sebenarnya semuanya sangat berlebihan. Jokowi meminta Prabowo untuk duduk di kursi Menteri Pertahanan, disamping keinginannya untuk memutus mata rantai perpecahan di rakyat akibat pilpres yang sangat tajam, sebenarnya juga memberi kesempatan kepada Prabowo untuk membuktikan semua ucapannya mengenai pertahanan keamanan bangsa dan negara. Apalagi Prabowo dengan bahasa yang halus telah menjelaskan bahwa dia mendapat mandat untuk mengerjakan apa yang diinginkan oleh Jokowi. Bisa jadi ada pembicaraan rahasia diantara mereka berdua mengenai broker alutsista, atau hal lain yang berhubungan dengan ideologi Pancasila yang kian terancam. Hanya mereka yang tahu.

Bicara mengenai militerisme, memang harus diakui bahwa Prabowo didalam kehidupannya terlalu kaku, terlalu lekat dengan militeristik. Ini bisa kita lihat kiprahnya didalam mengelola partai Gerindra yang terkesan mengedepankan militerisme. Apalagi hampir sebagian besar petinggi Gerindra diisi oleh orang-orang yang pernah berkecimpung dengan militer, termasuk para pengawal pribadinya.

Anggap sekarang ini tugas Jokowi untuk lebih mensipilkan diri Prabowo. Meskipun dia kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan, akan tetapi dia akan selalu berhadapan dengan banyak warga sipil di kabinet. Mereka akan berdiskusi dan berdebat mengenai jalannya pemerintahan didalam sidang kabinet atau rapat terbatas kabinet.

Dan sebagai mantan tentara, dia pastinya tahu persis kepada siapa dia harus loyal. Hirarki militer itu jelas, tegak lurus keatas sampai ke panglima tertinggi TNI. Dan panglima tertinggi adalah Presiden, tak peduli presiden dijabat oleh sipil atau mantan militer.

Lagipula, andai terjadi hal-hal yang krusial sekalipun, jika presiden dan wakil presiden berhalangan sementara atau tetap, pengelolaan pemerintahan tetap dipegang secara kolektif, bukan perorangan. Jadi tak bisa hanya Menteri Pertahanan sendiri yang mengelola pemerintahan. Dan militer, pastinya tak lantas tunduk pada Menteri Pertahanan jika alasannya adalah kepentingan Pribadi. Semua prajurit pasti tunduk kepada perintah Panglima TNI.

Jadi tak perlu ada yang dibesar-besarkan. Terlalu naif jika mencugai Prabowo secara berlebihan. Lagipula mungkin ucapan Adian Napitupulu itu benar, bahwa sebenarnya Prabowo hanya butuh jabatan menteri dalam pemerintahan Jokowi. Prabowo butuh ruang untuk menjabarkan semua pemikirannya didalam pertahanan keamanan. Dan didalam ketahanan pangan, untuk menjabarkan pemikirannya pasti dibutuhkan orang yang paham dengan pemikiran Prabowo. Dan pastinya dia adalah orang yang dekat dan sering berdiskusi dengan Prabowo. Untuk itulah Eddy Prabowo diplot sebagai Menteri Pertanian, semata-mata untuk membuktikan apakah pemikiran Prabowo itu benar atau hanya bualan kosong semata. Indah dalam teori tapi nihil dalam prakteknya.

Prabowo mungkin benar seperti apa yang dikatakan GusDur. Dia adalah orang yang paling ikhlas. Mungkin ada benarnya. Dia ikhlas dihujat kanan kiri. Ikhlas dihujat para pendukungnya, baik dari kalangan agama yang jelas punya agenda terselubung, maupun dari kalangan nasionalis yang cenderung selalu menganggap bahwa pemerintahan Jokowi adalah komunis. Prabowo juga ikhlas dianggap menjatuhkan harga dirinya.

Perjuangan yang paling berat dalam hidup ini adalah berdamai dengan diri sendiri. Berat!
Jarang ada yang bisa berdamai dengan diri sendiri, dikala punya keinginan tinggi tetapi kenyataannya gagal. Dan Prabowo telah membuktikannya.
Dia berdamai dengan dirinya, dengan membuka matanya lebar-lebar bahwa jabatan Presiden bukanlah takdirnya. Dia berdamai dengan dirinya sendiri bahwa mimpi tak selalu sama dengan kenyataan.

Kalau Prabowo yang mungkin penuh kekecewaan saja bisa berdamai dengan dirinya sendiri untuk Indonesia, lantas kenapa kita sekarang saling menyalahkan perihal jabatan Prabowo sekarang?
Kenapa harus ada yang tersakiti ketika Prabowo bersedia menjadi pembantu Presiden?
Kenapa harus ada yang marah ketika Jokowi menerima Prabowo dengan tangan terbuka?
Kenapa harus ada yang mentertawakan ketika Prabowo dengan tubuh tegak menanggalkan harga dirinya?
Kenapa mantan pendukung Prabowo harus menghina pendukung Jokowi yang menerima Prabowo dengan tangan terbuka?
Kenapa setiap perkataan yang baik mengenai Prabowo sekarang ini dianggap menjilat? Padahal pendukung dan mantan pendukung Prabowo bereaksi keras dan marah jika Prabowo dimaki, dicaci, dihina. Namun ketika hal-hal yang baik sekarang ini diberikan kepada Prabowo, kenapa justru mereka seperti kebakaran jenggot?

Jokowi dan Prabowo adalah manusia-manusia biasa yang jauh dari sempurna. Ketika mereka yang selama ini jadi sasaran fitnah dan caci maki bisa berangkulan berdua demi Indonesia, kenapa kita yang suka melontarkan makian dan hinaan terhadap mereka berdua justru tidak suka?

Berdamailah pada diri sendiri. Berdamai untuk tak lagi mencaci mereka berdua. Kecuali jika yang membaca himbauan ini memang selalu menginginkan Indonesia kacau dan porak poranda, maka tak akan pernah bisa mereka pahami.

Begitulah.
Diubah oleh i.am.legend.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizaradri dan 31 lainnya memberi reputasi
32
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
Spesialnya Pos Menhan Prabowo: Bisa Isi Kekosongan Presiden-Wapres
23-10-2019 12:36
emang seharusnya begitu. itu kan emang tugas dan fungsinya menteri. membantu presiden dan wakilnya dalam menjalankan pemerintahan sesuai bidang masing-masing.

Karena presiden dan wakilnya pun punya keterbatasan kemampuan dan keahlian. tidak semua bidang harus dikuasai dan diurusi presiden dan wakilnya. mereka itu cuma pembuat kebijakan dan menghasilkan keputusan untuk dilaksanakan bersama dalam pemerintahan. Detailnya adalah tugas dan fungsi menteri.

kalau semuanya presiden dan wakilnya yang mesti urusin sampai detail, apa gunanya ada menter-menteri. karena persoalan dalam pemerintahan dan kehidupan bernegara itu kan banyak. tidak bisa ditangani oleh 2 orang saja yang tentu punya keterbatasan.

mau siapa pun yang dipilih dan ditempatkan pada posisi kementerian apa pun itu, adalah mereka yang memang diakui memiliki kemampuan dan keahlian serta keilmuan dalam bidang masing-masing.

emoticon-2 Jempol emoticon-Cool
0 0
0
Spesialnya Pos Menhan Prabowo: Bisa Isi Kekosongan Presiden-Wapres
23-10-2019 12:43
Cerdik sekali. Dulu pendukung nya ramai2 mengelu elukan dia. Begitu dia di angkat, pendukungnya malah was was Neo Orde Baru muncul lagi. Kalau begini caranya apakah tahun 2024 dia masih punya nilai jual lagi?
Nilai jual dia yg terbesar ya di kalangan eks HTI dan radikalis. Sekarang dia sengaja di tempatkan di posisi yg secara tidak langsung berhadapan dengan mereka.

Sungguh taktik yg luar biasa cerdas.
0 0
0
Spesialnya Pos Menhan Prabowo: Bisa Isi Kekosongan Presiden-Wapres
23-10-2019 13:23
Yang pasti pesta mestinya telah usai. Berbersih sampah sampah yg berserakan dan saatnya istirohat untuk menunggu pesta selanjutnya emoticon-Big Grin
0 0
0
Spesialnya Pos Menhan Prabowo: Bisa Isi Kekosongan Presiden-Wapres
23-10-2019 13:31
Angkat parobowo jd menhan? taktik Jokowi buat numpas para kardun sampe ke akar akarny kayakny emoticon-Cool
0 0
0
Spesialnya Pos Menhan Prabowo: Bisa Isi Kekosongan Presiden-Wapres
23-10-2019 13:41
Ane setuju sama omongan ts. Sebenernya ada 2 si, secara gamblang yg bisa d asumsiin, yg pertama om wowo legowo dan mematahkan stigma bahwa doi tuh kaku n pridefull (karena butuh jiwa besar mau ada dibawah orang yg pernah dia lawan), yg ke 2 oportunis n ga segan jilat ludah buat kekuasaan,
liat positifnya aja dulu, n liat kinerja om wowo 5 taun kedepan ky gimana, jng sampe asumsi duluan n akhirnya malah nyebar fitnah g jelas.
Selamat bertugas om wowo, coba dipatahin asumsi negatif orang
Diubah oleh raikage
0 0
0
Spesialnya Pos Menhan Prabowo: Bisa Isi Kekosongan Presiden-Wapres
23-10-2019 14:02
"Hmmm,...ga ada yg ga mungkin toh,bisa jadi.....
0 0
0
Spesialnya Pos Menhan Prabowo: Bisa Isi Kekosongan Presiden-Wapres
23-10-2019 14:23
ane setuju sama TS emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol emoticon-Cendol Gan
0 0
0
Spesialnya Pos Menhan Prabowo: Bisa Isi Kekosongan Presiden-Wapres
23-10-2019 14:53
Semoga amanah dalam menjalankan tugas pemerintahan sebagai mentri, cita-cita menjadikan Indonesia yang kuat di bidang pertahanan dapat terwujud
0 0
0
Spesialnya Pos Menhan Prabowo: Bisa Isi Kekosongan Presiden-Wapres
23-10-2019 14:59
Hebat kowi. Bowo di hadapkan ke perusuh2 macam onta bahlul cabul dan antek2nya wkwkwkwkwk preman di hadapkan sama preman itu taktik jitu
0 0
0
Spesialnya Pos Menhan Prabowo: Bisa Isi Kekosongan Presiden-Wapres
23-10-2019 15:02
Quote:Original Posted By qu33nb33
Yakin Jokowi menerima Prabowo dengan tangan terbuka? emoticon-Big Grin

Kalau ane malah melihat Jokowi terpaksa menerima.

Menerima karena faktor Megawati.


Joged dlu gan
{thread_title}
0 0
0
Spesialnya Pos Menhan Prabowo: Bisa Isi Kekosongan Presiden-Wapres
23-10-2019 15:25
Ane sepakat ganemoticon-Shakehand2

Mudah2an selalu yg terbaik untuk Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

emoticon-Rate 5 Star emoticon-Cendol Gan sent
0 0
0
Spesialnya Pos Menhan Prabowo: Bisa Isi Kekosongan Presiden-Wapres
23-10-2019 15:34
mungkin ada manuver lain gan ibarat tahun '65 emoticon-Cool
Spesialnya Pos Menhan Prabowo: Bisa Isi Kekosongan Presiden-Wapres
0 0
0
Spesialnya Pos Menhan Prabowo: Bisa Isi Kekosongan Presiden-Wapres
23-10-2019 15:47
Narasi baru?
Lah prabowo belom jadi mentri juga uu ite udah ada, ruu kuhp anti kritik udah mau naek, masih mau ditiupin narasi neo orde baru? Duh..
Blog..blog..udah kelar permasalahan, masih aja bikin narasi perpecahan..
0 0
0
Lihat 1 balasan
Spesialnya Pos Menhan Prabowo: Bisa Isi Kekosongan Presiden-Wapres
Lapor Hansip
23-10-2019 16:26
Balasan post b09eLL
Quote:Original Posted By b09eLL
Narasi baru?
Lah prabowo belom jadi mentri juga uu ite udah ada, ruu kuhp anti kritik udah mau naek, masih mau ditiupin narasi neo orde baru? Duh..
Blog..blog..udah kelar permasalahan, masih aja bikin narasi perpecahan..


Jadi sekarang udah mirip Orde Baru blom?

emoticon-Big Grin

Narasi perpecahan itu yang seperti apa?
Bisa diperjelas dimana kalimat itu?

emoticon-Cool
0 0
0
Spesialnya Pos Menhan Prabowo: Bisa Isi Kekosongan Presiden-Wapres
23-10-2019 16:34
sekalian latian jadi presiden kalau entar 2024 masih belom kapok en masih ada anak mami lain yg duitnya banyak.
0 0
0
Spesialnya Pos Menhan Prabowo: Bisa Isi Kekosongan Presiden-Wapres
23-10-2019 16:51
semangat persatuan 🙏🙏🙏🙏🤗🤗🤗🤗🤗
0 0
0
Spesialnya Pos Menhan Prabowo: Bisa Isi Kekosongan Presiden-Wapres
23-10-2019 16:55
perasaan ane sih campur aduk waktu ada kabar kalo prabowo diangkat jadi menteri, cuma lebih ke arah setuju sama pilihan prabowo.
prabowo juga pernah bilang kalo emang dukung dia, percaya aja sama pilihannya, dan menurut ane pilihan pak jokowi ngajak prabowo masuk ke jajaran menteri sih tepat, selain neken konflik politik yang berkepanjangan, juga bisa jadi pembuktian prabowo dari omongannya waktu debat. ane sih berharap indonesia leih maju seperti kabinet nya. emoticon-Big Grin
0 0
0
Spesialnya Pos Menhan Prabowo: Bisa Isi Kekosongan Presiden-Wapres
23-10-2019 17:07
Fix gantiin kakek maruf
0 0
0
Spesialnya Pos Menhan Prabowo: Bisa Isi Kekosongan Presiden-Wapres
23-10-2019 17:16
Persis seperti Son Go Ku vs Bejita.

Dan sekarang Son Go Ku & Bejita vs Cell. emoticon-2 Jempol
0 0
0
Spesialnya Pos Menhan Prabowo: Bisa Isi Kekosongan Presiden-Wapres
23-10-2019 18:19
Sandiwara apa lagi ,,, ku menunggu nunggu UU apa yang lagi apa yang pengen di goalkan kok sampe bagi bagi kuenya sedemikian rupa,,,,
0 0
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia