lintangayudyAvatar border
TS
lintangayudy
Demi Menjaga Habitat Komodo, Tiket TN Komodo Naik, Yes Or No?


Assalamualaikum

Welcome to my trit, agan sista. Semoga selalu sehat dan bahagia.

Gansist, Liburan akhir tahun sebentar lagi, sudah punya planning mau kemana untuk menghabiskan masa liburan?

Kalau agan sista masih bingung mau kemana, ane punya rekomendasi tempat liburan bagus untuk agan sista yang ingin menghabiskan liburan bareng keluarga, pacar atau sahabat tercinta.



Kawasan Taman Nasional Komodo yang berada di Nusa Tenggara Timur. Udah pada taukan, Gansist kalau Taman Nasional Komodo (TNK) masuk dalam daftar 7 keajaiban dunia (Eorld Heritage) dan merupakan hewan langka yang dilindungi.

Nah Gansist, sebelum awal tahun kuy kita buru-buru pergi ke sana, karena mulai awal tahun 2020 Taman Nasional Komodo akan menaikkan tarif masuk menjadi Rp. 14 juta per wisatawan per tahun.

Gila! naiknya banyak banget ya, Gansist. Padahal saat ini, tiket masuk ke Taman Nasional Komodo berdasarkan Peraturan Pemerintah No 12 Tahun 2014 dan Keputusan Dirjen PHKA Nomor: SK.133/IV-SET/2014 adalah sebesar Rp 150.000 untuk wisatawan mancanegara dan Rp 50.000 untuk wisatawan domestik, berlaku untuk per orang per harinya.

Alasan dibalik dinaikkannya harga tiket masuk Taman Nasional Komodo adalah karena pulau Komodo memiliki unsur keindahan dan kelangkaan, dan untuk membatasi jumlah wisatawan yang masuk area konservasi.



Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan Pulau Komodo akan dikemas seperti destinasi wisata di Afrika. Wah, bakalan keren nih, Gansist. Pulau komodo akan semakin mendunia dan berjejer dengan obyek wisata kelas dunia lainnya.

Kalau menurut ane sih nggak masalah ya harga tiket dinaikkan hanya untuk kelas berada, meski jiwa misqueen ane berteriak meminta belas kasihan. Taman Nasional komodo merupakan aset berharga milik bangsa kita, komodo adalah hewan purba yang sangat langka, dan hanya berada di indonesia, maka udah sepatutnya sih pulau komodo menjadi obyek wisata berkelas dunia. Patut kita jaga dan melestarikan demi keberlangsungan habitat komodo itu sendiri.



Perawatan dan menjaga kelangsungan hidup komodo juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit kan, Gansist. Kita harus menjaga agar komodo-komodo yang kita miliki tidak punah, dan bisa dijadikan warisan kepada anak cucu kita.

Maka dari itu ane setuju dengan pemerintah yang menaikkan harga tiket masuk Taman Nasional Komodo, asalkan pemerintah benar-benar konsen dalam merawat dan menjaga komodo-komodo serta fasilitas yang ada. Tidak cuma menaikkan harga tiket masuk saja, pemerintah juga memperbaiki sarana dan prasarana yang ada selevel dengan kelas premium. Agar wisatawan yang berkunjung tidak kecewa.

Sekian trit ane, sampai jumpa di trit berikutnya.

Sumber gambar. google
Opini pribadi
Referensi. di sini
Diubah oleh lintangayudy 23-10-2019 00:09
triwinarti
ceuhetty
sebelahblog
sebelahblog dan 20 lainnya memberi reputasi
21
2K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.