alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
109
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dae96e28d9b1763201de659/paket-wisata-mahal-kartu-member-premium-berlaku-bagi-turis-pulau-komodo
Sumber Pulau Komodo bukan saja destinasi wisata terkenal di dalam negeri, tapi juga di luar negeri. Bahkan masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia. Selain itu, pulau indah ini memiliki spesies yang dilindungi, eksotisme alam, pepohonan, dan sabana. Pantas saja para wisatawan lokal maupun asing berbondong-bondong ke sana. Ya, pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur di daerah Manggarai Barat ini mem
Lapor Hansip
22-10-2019 12:42

Paket Wisata Mahal? Kartu Member Premium Berlaku Bagi Turis Pulau Komodo

Paket Wisata Mahal? Kartu Member Premium Berlaku Bagi Turis Pulau Komodo


Pulau Komodo



Pulau Komodo bukan saja destinasi wisata terkenal di dalam negeri, tapi juga di luar negeri. Bahkan masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia. Selain itu, pulau indah ini memiliki spesies yang dilindungi, eksotisme alam, pepohonan, dan sabana. Pantas saja para wisatawan lokal maupun asing berbondong-bondong ke sana. Ya, pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur di daerah Manggarai Barat ini memang menjadi magnet tersendiri bagi penikmat destinasi surganya Indonesia.



spoiler



Namun, di tengah namanya yang mendunia sempat terlontar wacana untuk memberikan tarif paket wisata dengan harga 'wah'. Hal ini dikarenakan akan diadakan konservasi khusus untuk hewan langka tersebut. Pemerintah mengkhawatirkan para wisatawan  yang membludak dan mengganggu proses perkembanganbiakan komodo. Selain itu, upaya konservasi tengah dilakukan untuk menghindari aktivitas ilegal seperti penyelundupan hewan langka ini.


Rencana paket ini akan dilaksanakan tahun 2020 setelah mempertimbangkan beberapa faktor sehingga masyarakat masih bisa berkunjung, tapi dengan syarat harus memiliki kartu member.



Quote:
Balai Taman Nasional Komodo mencatat jumlah wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Komodo naik lebih dari dua kali lipat sejak 2014 hingga 2018. Jika dirinci, jumlah wisatawan pada 2018 mencapai lebih dari 170.000 orang sedangkan kunjungan wisatawan pada 2014 sebanyak 80.000 orang. “Dari jumlah tersebut rata-rata 60 persen merupakan wisatawan mancanegara,” kata Kepala Balai Taman Nasional Komodo, Lukita Awang , saat mendampingi Presiden Jokowi mengunjungi Pulau Rinca, dikutip dari keterangan resminya, Kamis (11/7/2019).Sumber




Dilansir dari Bbc.com Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, wisatawan lokal harus membayar Rp50.000 untuk memasuki pulau itu, sedangkan turis asing dikenakan biaya Rp150.000 hingga Rp225.000.


Lonjakan turis yang kian banyak maka akan menerapkan dua kartu member  tahunan untuk wisatawan. Salah satunya member premium. Tergolong eksklusif dengan harga hingga empat belas juta rupiah. Wow! Harga fantastis ini apakah sebanding dengan paket wisata sepuasnya di Pulau Komodo? Tiket kedua untuk member non premium. Hak akses tidak bisa ke Pulau Komodo yang terdapat komodo berukuran super, tapi hanya seputaran pulau-pulau kecil saja. Seperti Pulau Rinca.



Komodo

Saya rasa hal tersebut cukup bijak mengingat pentingnya menjaga kelestarian hewan langka tersebut. Apalagi perlu pembenahan di beberapa sektor sehingga dapat bersaing dengan lokasi wisata dunia dan menjaga kelestarian komodo. Selain itu, Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga akan bertambah banyak. Bisa juga untuk membiayai pelatihan masyarakat sekitar untuk membantu mengelola Pulau Komodo. Namun, kenaikan harga terlalu signifikan untuk wisatawan lokal harusnya perlu dikaji ulang. Mengingat tidak semua wisatawan dalam negeri berduit untuk sekadar mempelajari hewan purba yang sudah ada empat puluh juta tahun lalu. Toh, ini khasanah nusantara sendiri.



Bagi wisatawan asing dengan kurs tinggi, mungkin tarif jutaan bukanlah perkara sulit. Sedikit berhitung jika ini berlaku bagi kita yang akan ke sana. Misalnya, harga paket wisata dipukul rata sama dengan tarif turis asing yang jutaan. Menurut saya wisatawan lokal akan berpikir beberapa kali ke sana.


Quote:Berikut rincian tiket masuk ke TN Komodo:

1. Karcis Masuk Taman Nasional Komodo

Biaya yang dikeluarkan tiap pengunjung sebesar Rp 5.000. Tiket ini berlaku per hari. Total Harga Tiket TN Komodo dan Retribusi Daerah Tidak Termasuk Diving per Hari per Orang

2. Kuitansi Jasa Pemanduan KSU TN Komodo

Ini adalah tiket jasa pemanduan selama di Pulau Komodo. Biayanya sebesar Rp 80.000 dan tiket ini berlaku untuk satu grup sebanyak lima orang dalam sekali perjalanan.

3. Karcis Kegiatan Wisata Alam Snorkeling TN Komodo

Ini adalah tanda bukti bahwa kamu diizinkan untuk snorkeling di wilayah TN Komodo. Biayanya sebesar Rp 15.000 untuk satu orang per hari.

4. Karcis Kegiatan Wisata Alam Pengamatan Hidupan Liar TN Komodo

Biayanya sebesar Rp 10.000. Tiket ini berlaku per orang, per paket, per kegiatan dan per hari.

5. Karcis Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga DTW Pulau Komodo

Tiket retribusi terbilang cukup mahal mengingat adanya tiket-tiket lain di atas. Biayanya sebesar Rp 50.000 masing-masing orang per kunjungan.

6. Karcis Kegiatan Wisata Alam Penelusuran Hutan, Mendaki Gunung TN Komodo

Biayanya sebesar Rp 5.000. Tiket ini berlaku untuk per orang, per paket, dan per kegiatan.

7. Karcis Masuk Kendaraan Air Kapal Motor 100-500 PK TN Komodo

Biaya yang dikeluarkan adalah Rp 150.000. Masa berlakunya per kendaraan per hari.

8. Total Harga Tiket TN Komodo dan Retribusi Daerah Tidak Termasuk Diving per Hari per Orang

Wisatawan mancanegara dikenai biaya Rp 460.000 per hari di hari biasa dan Rp 535.000 di hari libur. Itu harga tiket dimulai dari perjalanan dengan jumlah satu orang per hari. Lalu untuk wisatawan nusantara dikenai biaya Rp 265.000. Lalu untuk hari libur Rp 267.500 per orang per hari. Sumber



Komodo



Saya sampai menghitung-hitung perlu berapa bulan menabung untuk mencapai angka tersebut. Sayang sekali  digunakan kalau tidak terlalu urgen. Mulai dari sekarang, GanSis yang sudah berencana dan memang ngebettahun depan berkunjung ke pulau tersebut bisa menyiapkan tabungan. Saya berharap semoga saja pemerintah bisa memberikan alternatif lain mengenai kenaikan tarif ini.



GIF
Diubah oleh AdelineNordica
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darmawati040 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 6
Paket Wisata Mahal? Kartu Member Premium Berlaku Bagi Turis Pulau Komodo
23-10-2019 07:21
semoga dengan demikian
bisa mensejahterakan
warga sekitar
juga





















.


wuih bijak bener ane emoticon-Matabelo
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
1 0
1
Paket Wisata Mahal? Kartu Member Premium Berlaku Bagi Turis Pulau Komodo
23-10-2019 08:02
Quote:Original Posted By durexz
Harga segitu. Safety bagi wisatawan juga penting.


Safety first, Bang. Cuma drastis banget kan sampai 14 juta. Kalau wisatawan lokal paling gak ada kortingan gitu
0 0
0
Paket Wisata Mahal? Kartu Member Premium Berlaku Bagi Turis Pulau Komodo
23-10-2019 08:03
Quote:Original Posted By mars1234
Komodo island jadi sorotoan banget yaa belakangan inii dan sejujurnya dan jadi semakin semangat nabunghh


Iya. Karena tiketnya yang melambung tinggi. Awalnya kan mau ditutup, tapi gak jadi
0 0
0
Paket Wisata Mahal? Kartu Member Premium Berlaku Bagi Turis Pulau Komodo
23-10-2019 08:05
Quote:Original Posted By andreas.tw
Abdur SUCI4 - PSK Kupang
(Persatuan Sepakbola Kupang)

Jakarta punya Persija Jakarta
Malang punya Arema Malang
Kupang juga punya, namanya Persatuan Sepakbola Kupang disingkat PSK Kupang
Persija punya julukan Macan Kemayoran
Arema punya julukan Singo Edan
PSK Kupang ini julukannya apakah?
Komodo jablaykah???

Paling tidak enak itu nonton dari tribun timur
kalau nonton dari tribun barat itu cahaya terang kelap kelip dimana mana
kalau tibun timur masih gelap, listrik tidak ada... TIDAK ADA....

emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka

Adanya komodo jablay....
Panteslah mahal....
Unik n langka...

emoticon-Wakaka


Segitu banget, Bang?😅 memang abang bisa bedain 😂
0 0
0
Paket Wisata Mahal? Kartu Member Premium Berlaku Bagi Turis Pulau Komodo
23-10-2019 08:06
Quote:Original Posted By Papa.T.Bob
semoga dengan demikian
bisa mensejahterakan
warga sekitar
juga





















.


wuih bijak bener ane emoticon-Matabelo


Aamiin .... Doanya bagus. Warga sekitar juga perlu sejahtera, kan?😊😊
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
1 0
1
Paket Wisata Mahal? Kartu Member Premium Berlaku Bagi Turis Pulau Komodo
23-10-2019 08:07
Quote:Original Posted By pabloo
asiyap gan :goyang


Jangan lupa bagi2 recehan. Biar bisa ke sana rame2. 😁
0 0
0
Paket Wisata Mahal? Kartu Member Premium Berlaku Bagi Turis Pulau Komodo
23-10-2019 08:41


Quote:Original Posted By AdelineNordica
Jangan lupa bagi2 recehan. Biar bisa ke sana rame2. 😁


Iya deh emoticon-Goyang
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
1 0
1
Paket Wisata Mahal? Kartu Member Premium Berlaku Bagi Turis Pulau Komodo
23-10-2019 08:44
Quote:Original Posted By pabloo
Iya deh :goyang


Tarikk, Mang!emoticon-2 Jempol
0 0
0
Paket Wisata Mahal? Kartu Member Premium Berlaku Bagi Turis Pulau Komodo
23-10-2019 08:46
Quote:Original Posted By AdelineNordica
Tarikk, Mang!emoticon-2 Jempol


Tarik ampe malam neng emoticon-Goyang
0 0
0
Paket Wisata Mahal? Kartu Member Premium Berlaku Bagi Turis Pulau Komodo
23-10-2019 08:48
Quote:Original Posted By pabloo
Tarik ampe malam neng :goyang


Rajin euii. Setoran jangan lupa ya? emoticon-Ngacir2
0 0
0
Paket Wisata Mahal? Kartu Member Premium Berlaku Bagi Turis Pulau Komodo
23-10-2019 08:49
Quote:Original Posted By AdelineNordica
Rajin euii. Setoran jangan lupa ya? emoticon-Ngacir2


Rebes lah itu emoticon-Goyang
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
1 0
1
Paket Wisata Mahal? Kartu Member Premium Berlaku Bagi Turis Pulau Komodo
23-10-2019 09:03
Mahal juga y, Kk.
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
1 0
1
Paket Wisata Mahal? Kartu Member Premium Berlaku Bagi Turis Pulau Komodo
23-10-2019 09:15
Quote:Original Posted By AdelineNordica
Pasti seru tuh. 😍😍Itu sistimnya paketan gak, Gan? kayak ikutan backpacker atau travel gitu. Aku mupeng ke sana. Cuma tiket pesawat mehong amir. Belum lagi ditambah harga masuk tahum depan naik. Aihh... emoticon-No Hope


Ada yang paketan ada yang engga kak,jadi bisa pilih yang paketan banyak pilihan ada yang 1hari satu malam ada juga yang 3 hari 2 malam,bebas pilih kapal.
Tapi kalau mau backpacker kayak ane juga bisa kak,kakak naik perahu perahu boat boat kecil punya orang pulau yang bisanya balik ke pulau komodo tiap 3kali seminggu tuh dari dermaga labuan baju startnya. Nanti kalau mau ke pulau pulau bisa sewa perahu ama pengemudi dari pulau komodo nya seharian gtu sih ane gan.
Emang tiket lagi mahal banget. Agan kalo mau ke labuan berkabar aja hehehe ane mau balik ke situ desember ini
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
1 0
1
Paket Wisata Mahal? Kartu Member Premium Berlaku Bagi Turis Pulau Komodo
23-10-2019 09:51
Quote:Original Posted By yash15
Mahal juga y, Kk.


Lumayan juga, Dek. Kecuali kamu pengen banget bisa nabung
0 0
0
Paket Wisata Mahal? Kartu Member Premium Berlaku Bagi Turis Pulau Komodo
23-10-2019 09:53
Quote:Original Posted By Asitarahman
Ada yang paketan ada yang engga kak,jadi bisa pilih yang paketan banyak pilihan ada yang 1hari satu malam ada juga yang 3 hari 2 malam,bebas pilih kapal.
Tapi kalau mau backpacker kayak ane juga bisa kak,kakak naik perahu perahu boat boat kecil punya orang pulau yang bisanya balik ke pulau komodo tiap 3kali seminggu tuh dari dermaga labuan baju startnya. Nanti kalau mau ke pulau pulau bisa sewa perahu ama pengemudi dari pulau komodo nya seharian gtu sih ane gan.
Emang tiket lagi mahal banget. Agan kalo mau ke labuan berkabar aja hehehe ane mau balik ke situ desember ini


Wah. Seru banget ini. Ala2 backpacer lebih mantap petualangannya.
Enak ya udah punya link ke sana. Bisa puas jalan2. Insyallah kalau aku ke sana ada ngabarin. Paling gak PM agan, kalau boleh sih. 😊😊
profile-picture
Asitarahman memberi reputasi
1 0
1
Paket Wisata Mahal? Kartu Member Premium Berlaku Bagi Turis Pulau Komodo
23-10-2019 12:03
kalo mau ke sana, ane harus siap nabung bertahun-tahun emoticon-Mewek
profile-picture
AdelineNordica memberi reputasi
1 0
1
Paket Wisata Mahal? Kartu Member Premium Berlaku Bagi Turis Pulau Komodo
23-10-2019 12:13
Quote:Original Posted By noenlim
kalo mau ke sana, ane harus siap nabung bertahun-tahun emoticon-Mewek


Sama. Hitung kasarnya sih setahun sejuta. Hikss. Nabung di kaskus aja dulu nih.
profile-picture
noenlim memberi reputasi
1 0
1
Paket Wisata Mahal? Kartu Member Premium Berlaku Bagi Turis Pulau Komodo
23-10-2019 12:17
Quote:Original Posted By pabloo
Rebes lah itu :goyang


emoticon-tempted emoticon-Ngakak
0 0
0
Paket Wisata Mahal? Kartu Member Premium Berlaku Bagi Turis Pulau Komodo
23-10-2019 12:25
Quote:Original Posted By AdelineNordica
Sama. Hitung kasarnya sih setahun sejuta. Hikss. Nabung di kaskus aja dulu nih.


Sampe jenggotan baru kekumpul emoticon-Ngakak
0 0
0
Paket Wisata Mahal? Kartu Member Premium Berlaku Bagi Turis Pulau Komodo
23-10-2019 12:34
Quote:Original Posted By noenlim
Sampe jenggotan baru kekumpul emoticon-Ngakak


Cobain aja dulu. Klu rajin ngetrit siapa tahu bisa.emoticon-Shakehand2
profile-picture
noenlim memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.