dijelas.inAvatar border
TS
dijelas.in
Agar Tidak Ngantuk di Kantor, Lakukan 11 Tips Ampuh Ini

 
Ngantuk di kantor – Anyone here can’t deal with sleepy problems at office? Merasa ngantuk di kantor memang sering terjadi, bahkan bisa dikatakan wajar terjadi. Apalagi, saat pekerjaan tidak selesai, setelah makan siang, atau saat lembur, pastinya rasa ngantuk akan sulit dilawan. Berikut adalah sebelas tips ampuh menaklukkan rasa ngantuk di kantor.

Istirahat Sebentar – Tidak ngantuk di kantor bisa dikuatkan dengan beberapa menit istirahat
Jika Anda sudah merasa ngantuk menyerang badan dan pikiran Anda, maka bisa diartikan pikiran Anda memang benar-benar butuh istirahat. Ya, otak yang dipakai terus-menerus, entah untuk berpikir atau untuk melakukan gerak motoris yang itu-itu saja, pasti akan merasa lelah.
Apakah pekerjaan Anda mengharuskan Anda melakukan gerak yang sama terus-menerus? Jika rasa ngantuk mulai datang, segeralah istirahat sejenak. Mungkin istirahat maksimal selama sepuluh atau lima belas menit akan lebih sempurna daripada istirahat sembarangan yang menghabiskan berjam-jam. Lepaskan smartphone Anda saat melakukan istirahat ini.



Minum Kopi – Nyatanya tidak ngantuk di kantor bisa dikuatkan oleh kafein

Berterimakasihlah kepada senyawa kafein yang siap membuat Anda tidak mengantuk lagi setelah meminumnya. Karena senyawa ini juga, Anda bisa mendapatkan kerja produktif yang bisa terus Anda minum setiap kerja untuk membuat pikiran segar. Tetapi ingat, dalam satu harinya usahakan untuk tidak meminum lebih dari tiga gelas.
Apa yang dilakukan kafein pada otak Anda? Saat anda mengantuk, ada saraf yang aktivitasnya menjadi semakin lambat. Senyawa otak yang bertanggung jawab atas melambatnya saraf ini adalah Adenosin. Kafein bisa menghalangi kinerja Adenosin, sehingga Anda tidak merasa ngantuk.


Siapkan Permen – Mulai isi stock permen di meja kantor supaya tidak ngantuk di kantor
Siapa bilang permen tak bisa membuat Anda lebih segar? Selain membuat lebih segar, beberapa jenis permen bisa membuat nafas Anda lebih wangi. Disarankan untuk memilih permen berkandungan mint atau jahe untuk  meminimalisir rasa kantuk.


Mendengarkan Lagu – Tidak ngantuk di kantor dengan alunan lagu

Jika jenis pekerjaan Anda mengharuskan Anda duduk di depan komputer atau laptop, cobalah untuk mendengarkan lagu saat ngantuk. Apakah tips ini juga ampuh? Sangat ampuh! Pilihlah lagu yang memiliki alunan beat cepat supaya pikiran Anda termotivasi.
Mungkin beberapa orang akan merasa tips ini kurang ampuh, karena beberapa orang justru tidak bisa berpikir jika sambil mendengarkan lagu. Tetapi tidak ada salahnya mencoba, siapa tahu cara bekerja yang baik untuk Anda adalah dengan sambil mendengarkan lagu.


Mengubah Posisi Duduk – Sepele, tetapi bisa tidak ngantuk di kantor
Memang terdengar sepele, nyatanya tips ini terbukti ampuh. Cocok untuk Anda yang bekerja di dalam kantor dan harus duduk di tempat yang sama sampai hari berakhir. Anda bisa mengubah yang dari serong ke kanan, menjadi serong ke kiri. Jika memungkinkan, Anda bisa sesekali mengangkat kaki Anda ke kursi atau meluruskannya saja.


Kurangi Asupan Gula – Diet juga berpengaruh terhadap rasa tidak ngantuk di kantor


Sudah melakukan beberapa tips di atas tetapi kurang efektif? Mungkin ada yang salah dengan menu diet Anda. Coba pikirkan lagi apa yang Anda konsumsi dari pagi sampai sore saat di kantor, apakah semuanya manis-manis? Jika iya, saatnya untuk mengurangi asupan gula supaya Anda tidak terus-menerus merasa ngantuk di kantor.


Olahraga – Sedikit workout untuk memaksimalkan rasa tidak ngantuk di kantor
Saat jam istirahat, atau di sela jam kerja luangkanlah sedikit waktu Anda untuk berolahraga ringan. Anda bisa mencoba naik turun tangga, bisa juga dengan meregangkan dan merelaksasikan otot tangan serta kaki.


Membasuh Wajah – Air yang terpercik di wajah memang efektif untuk memastikan Anda tidak ngantuk di kantor

Cara tradisional dan sering digunakan oleh orang tua kepada anaknya ini memang benar-benar efektif. Sesekali pergilah ke toilet untuk membasuh muka sampai Anda merasa segar. Jika Anda sudah berencana melakukannya, jangan lupa membawa handuk atau tisu supaya wajah tetap kering.


Dapatkan Sinar Matahari – Tidak percaya? Cobalah tips ini untuk agar tidak ngantuk di kantor
Tips ini akan sangat efektif bagi Anda yang bekerja di dalam ruangan ber-AC. Mungkin, hal yang membuat Anda merasa ngantuk adalah dinginnya temperatur ruangan. Akali badan Anda dengan berjemur sebentar di bawah sinar matahari supaya badan Anda lebih terasa segar.


Olah Otak – Challenge your brain saat Anda agar tidak ngantuk di kantor

Jika pekerjaan Anda sudah mengharuskan berpikir terus-menerus, mungkin justru itulah yang membuat Anda merasa ngantuk. Aktivitas otak yang monoton jelas akan membuat ngantuk. Oleh karena itu, cobalah bermain Teka Teki Silang atau game di hp untuk mengusirnya. Dengan aktivitas otak yang berbeda dari sebelumnya, pastinya otak akan tidak merasa bosan dan bisa segera mempercepat aktivitasnya.


Siapkan Cemilan – Cemilan bisa membuat Anda tidak ngantuk di kantor dengan mudah
Terlalu malas untuk melakukan salah satu tips di atas, tips terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan memakan cemilan saja. siapa yang tidak suka cemilan? Selain menyenangkan dan menghilangkan lapar, memakan cemilan bisa membantu Anda tidak mengantuk lagi.


selengkapnya klik https://dijelas.in/2019/09/23/agar-t...paign=network


0
262
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & ProfesiKASKUS Official
37KThread8.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.