benben98
TS
benben98
Tanpa Dilatih, Kucing Bisa Buang Air Sendiri di Kotak Pasir, Ini Alasannya
Kucing adalah salah satu hewan peliharaan yang paling bersih. Selain rajin membersihkan diri mereka sendiri, kucing juga nggak jorok dalam hal membuang kotoran.



Nggak seperti anak anjing yang buang air sembarangan sebelum dilatih, sejak masih kecil, kucing peliharaan kita biasanya udah tau gimana caranya buang air di kotak pasir atau litter box tanpa kita latih sekalipun.

Kemampuan kucing ini tentunya mempermudah pemiliknya, dan juga membuat kucing jadi salah satu hewan yang paling nggak ngerepotin buat dipelihara.

Sebenernya datang dari mana sih kemampuan kucing yang satu ini?



Menurut dokter hewan Jordan Cassidy, seperti dilansir dari Reader’s Digest, kebiasaan ini datang dari insting alamiah si kucing. Kucing punya selalu punya naluri atau keinginan untuk mengubur kotoran mereka agar aroma mereka nggak tercium oleh hewan lain. Nah, tekstur dan konsistensi pasir dalam litter box yang memudahkan kucing untuk mengubur kotoran mereka akan menarik kucing untuk buang air di sana.  

Adakah kucing yang buang air sembarangan?

Menurut dr. Cassidy, kasus seperti ini mungkin aja terjadi, tapi sangat jarang. Karena, insting alami seekor kucing, bahkan kucing liar sekalipun, adalah untuk mengubur kotoran mereka. Biarpun kita nggak menyediakan kotak pasir, biasanya kucing akan keluar dan mencari tempat di mana mereka bisa mengubur kotoran mereka.



Maka dari itu, kalau kucing Gan Sis tiba-tiba buang air sembarangan, Gan Sis sebaiknya bawa si kucing ke dokter hewan untuk memeriksa adanya masalah kesehatan atau perilaku yang mungkin terjadi sama kucing Gan Sis.

Gimana kalau kucing nggak mau menggunakan kotak pasir?

Selain masalah kesehatan seperti yang dibilang di atas, ada beberapa alasan tertentu nih yang bikin si kucing ogah untuk buang air di kotak pasir. Yang pertama, litter box atau kotak pasir yang Gan Sis gunakan mungkin terlalu kecil dan membuat kucing jadi nggak nyaman. Bisa juga karena kotak pasir kotor dan jarang dibersihkan. Kucing adalah hewan yang suka kebersihan, jadi mereka otomatis bakal menghindari kotak pasir yang nggak dibersihkan secara teratur.



Kalau Gan Sis udah mengganti kotak dengan yang lebih besar, dan udah membersihkannya tapi si kucing masih nggak mau buang air di sana, Gan Sis bisa coba pindahin kotak pasirnya ke tempat yang baru di rumah Gan SIs. Kalau masih nggak mau juga, segera bawa si kucing ke dokter hewan, karena ini artinya si kucing lagi mencoba menyampaikan sesuatu ke pemiliknya.
 




sumber

knoopyrezatplina.wh
lina.wh dan 17 lainnya memberi reputasi
18
9.7K
107
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan Peliharaan
icon
6.9KThread2.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.