tofa.melonAvatar border
TS
tofa.melon
Panitia: Massa Geruduk Tablig Akbar Gus Miftah Sampai Naik ke Panggung


Jakarta - Tablig Akbar Miftah Maulana Habiburrahman (Gus Miftah) di Cianjur, Jawa Barat, digeruduk sejumlah massa dari sebuah ormas. Salah seorang panitia yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan, massa bahkan sampai naik ke atas panggung.

"Ada pihak-pihak yang mencoba memprovokasi itu. Sampai naik ke panggung," kata panitia tersebut saat dimintai konfirmasi, Rabu (23/10/2019).

Dia mengungkapkan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Gus Miftah pun dievakuasi ke Polres Cianjur. Mengingat, situasi dan kondisi yang sudah tidak kondusif di lapangan.

"Akhirnya sudah crowded gitu diputuskan Gus Miftah tidak naik panggung. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Akhirnya Gus Miftah dievakuasi ke polres. Dan itu cuma kayak preman disandangi santri, yang marah itu. Tampilannya aja. Padahal full tadi sealun-alun itu. Puluhan ribu. Tapi karena ada kelompok-kelompok itu sampai masuk ke panggung, jadi kesepakatan daripada terjadi yang tidak diinginkan Gus Miftah dievakuasi ke polres, tidak jadi ke lapangan," tutur panitia.

Panitia pun meyakini massa yang menggeruduk tersebut bukanlah santri. Dia juga mengaku tidak mengetahui dengan jelas tuntutan massa.

"Katanya sih tersinggung dengan kalimat tauhid. Saya sendiri nggak tahu," kata panitia tersebut.

Dikonfirmasi terpisah, Gus Miftah membenarkan terjadi penggerukan di pengajiannya. Saat ini dia mengaku sudah ada di Polres Cianjur.

"Ya, benar (ada penggerudukan). Saya di Polres Cianjur," ucap Gus Miftah.

Kapolres Cianjur AKBP Juang Andi mengatakan pihaknya sudah berusaha mendamaikan. Juang mengatakan Polres Cianjur menjadi mediator dengan menampung tuntutan dari pihak yang mendatangi tablig akbar dan pihak panitia.

Juang mengatakan sejumlah massa yang datang ini awalnya mengaku dari Front Pembela Islam (FPI). Namun ketika dalam proses mediasi, massa yang menggeruduk pengajian Gus Miftah tersebut tak mau disebut berasal dari FPI.

"Ngakunya dia pakai FPI. Tapi dia nggak mau ngomong dari FPI, bilangnya 'bukan, Pak. Itu pribadi, Pak'," ujar dia.

Tablig akbar ini digelar di alun-alun Cianjur pada Selasa (22/10) malam. Tablig akbar digelar untuk memperingati Hari Santri Nasional.


Sumur

puluhan ribu jama'ah dan aparat gak ada yg berani menghentikan gerombolan yang membubarkan pengajian Gus Miftah? ini kadrun terlalu sakti atau jama'ah, panitia dan aparat yg terlalu gak punya nyali ya? 
Diubah oleh tofa.melon 22-10-2019 23:31
gabener.edan
kristiyan.3gp
rizaradri
rizaradri dan 13 lainnya memberi reputasi
14
7.1K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.