panci.gosongAvatar border
TS
panci.gosong
Pak Jokowi, Apa Kartu Pra-Kerja Tidak Bikin Pemuda Tambah Manja?


Babak baru kepemimpinan Jokowi dengan formasi Kyai Ma'ruf Amin sebagai wakilnya akan segera diresmikan pada tanggal 20 Oktober mendatang. Jujur, ane tak sabar menantikan aksi kedua pasangan tersebut beraksi di panggung pemerintahan. Segenap rancangan program kerja telah dicanangkan untuk menata Indonesia selama periode jabatan 2019-2024. Ada pemindahan Ibukota, perubahan rancangan Undang - Undang sampai program kartu sakti.



Beberapa program memang terkesan baru di Indonesia tapi sudah terlebih dulu ada di luar negeri. Contohnya seperti kartu pra-kerja yang rencananya akan memberikan insentif bagi para warga yang belum punya pekerjaan. Tujuan program ini untuk membantu akomodasi mereka dalam mencari pekerjaan. Bagus memang niatnya, tapi apakah program ini nantinya akan berjalan sesuai rencana? Bagaimana bila penerima bantuan kartu pra kerja ini justru semakin malas dan memanfaatkan bantuan dana tersebut untuk hal yang tidak perlu? Justru menurut ane program itu membentuk mentalitas yang manja bagi sebagian orang.



Di luar negeri memang sudah banyak yang menerapkan sistem tersebut, tapi itu di negara maju. Sedangkan kita masih negara berkembang, hal ini dirasa kurang cocok sebab membuat Sumber Daya Manusia di Indonesia tidak berkembang secara progresif. Berbeda lagi jika mereka dibina untuk berwirausaha. Ane setuju banget sama program yang satu itu, dengan begitu masyarakat bisa belajar mandiri, tidak melulu mengandalkan insentif dari pemerintah maupun badan usaha orang lain. Hikmahnya tentu saja akan tercipta lapangan pekerjaan baru, menambah produktifitas warga di suatu daerah dan memunculkan pertumbuhan perekonomian daerah.

Bicara tentang harapan, pastinya ane berharap yang baik - baik untuk negeri kita. Semoga program kerja yang sudah disusun sedemikian rupa bisa dipetik sisi positifnya, ane harap tidak ada program yang merugikan salah satu golongan atau kelompok sehingga bisa membuat kemajuan yang berarti untuk Indonesia. Lalu masalah kartu pra kerja lebih baik tidak usah diadakan, perbanyak saja pelatihan dan bantuan dana untuk para generasi bangsa yang ingin berwirausaha.
Diubah oleh panci.gosong 11-10-2019 20:13
sebelahblog
zafinsyurga
tien212700
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.1K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.