• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Berbagai "Kelebihan" Yang Dimiliki Kanada Dibanding Amerika Serikat

pcjamesAvatar border
TS
pcjames
Berbagai "Kelebihan" Yang Dimiliki Kanada Dibanding Amerika Serikat

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih. Kali ini ane akhirnya bisa kembali membahas soal topik kesukaan ane, yap negara negara ! Negara yang ane bahas disini mungkin bukan negara yang sering "ter-mentioned" di Indonesia, namun tetap banyak mendapat perhatian. Yap, Kanada. Kanada adalah negara yang terletak di benua Amerika Utara. 


Negara ini juga adalah negara maju yang merupakan tetangga dari Amerika Serikat. Jelas, Kanada sering dibanding bandingkan dengan Amerika Serikat itu sendiri. Namun, meskipun Amerika memiliki power dan kemajuan secara overall yang lebih besar, Kanada pun masih memilki kelebihan bahkan yang bisa buat banyak orang Amerika Serikat ingin pindah. Oke gan, ini dia Berbagai "Kelebihan" Yang Dimiliki Kanada Dibanding Amerika Serikat.

1. Keamanan


Hal pertama adalah soal keamanan dalam negeri. Yap, Amerika Serikat dikenal sebagai negara yang memiliki sistem pertahanan yang kuat banget, apalagi soal militernya yang sangar banget. Tapi, layaknya negara yang memiliki banyak banget penduduk, kriminalitas itu gak bisa dihindari dan semakin berkembang. Meskipun gak separah Indonesia, ada beberapa daerah di Amerika Serikat yang memiliki kriminalitas cukup tinggi. Mulai dari school shooting hingga street gang. Dilain sisi, ada negara Kanada yang jauh lebih sepi dan aman. Yap, Kanada menjadi negara paling aman ke 8 di dunia. Hal ini mungkin terjadi karena populasi Kanada masih sedikit dan mudah di urus ketimbang Amerika Serikat. Kanada berhasil meraih skor 1.371 dalam hal Keamanan. 

2. Toleransi


Selanjutnya, ada hal yang banyak dikeluhkan oleh banyak orang soal Amerika Serikat. Yap, soal toleransi. Banyak kasus diskriminasi keras terhadap beberapa golongan di Amerika Serikat dan hal tersebut lama kelamaan menjadi lumrah. Hal ini yang membuat citra Amerika soal toleransi dianggap rendah. Sementara, Kanada kini terkenal sebagai negara yang sangat terbuka kepada imigran dan berbagai golongan atau bisa kita sebut sebagai negara toleran. Yap, masyarakat Kanada bisa dibilang toleran pada segala agama, warna kulit, bahkan orientasi seksual sehingga membuat banyak orang terutama "kaum liberal" di Amerika Serikat ingin pindah, karena kini Amerika Serikat menjadi negara yang semakin konservatif.

3. Kebebasan 


Berikutnya ada hal yang mungkin menjadi poin positif untuk beberapa orang, namun tidak begitu "positif untuk ane. Amerika Sering dianggap sebagai negara liberal yang bebas oleh orang Indonesia. Padahal kini faktanya berbeda. Amerika Serikat menjadi negara yang lebih konservatif dan banyak membatasi hal hal yang dianggap liberal. Yap, sejak kepemimpinan Donald Trump, hal hal berbau liberal semakin dipersulit dan membuat banyak artis membencinya. Namun di Kanada, hal hal seperti itu bisa lebih mudah di Akses. Salah satu contohnya, menjadi LGBT adalah hal yang sangat dihargai di Kanada dan jelas tak akan mendapatkan perilaku diskriminasi seperti di Amerika Serikat. Selain itu ganja yang hanya "legal terbatas untuk medis" di Amerika kini bisa diakses lebih bebas di Kanada yang pada tahun 2018 melegalkan ganja dengan (cukup) bebas. Tentu saja hal itu merupakan andil dari sang pemimpin yang berasal dari Partai Liberal.

4. Indeks Pembangunan Manusia


Dan terakhir, ada salah satu aspek kemajuan negara yang diungguli Kanada ketimbang Amerika. Yap HDI / Indeks Pembangunan Manusia. Memang, secara militer, infrastruktrur, hingga ekonomi Amerika Serikat lebih kuat. Namun soal hal pembangunan manusia Kanada unggul tipis. Yap, Kanada kini berada dalam posisi ke 12 di Dunia sementara Amerika di posisi ke 13. Hal yang dicakup dalam IPM / HDI ini adalah Usia Harapan Hidup, Pendidikan, Hingga Standar Gaji. Dan meskipun sama sama negara maju, Kanada bisa sedikit lebih baik daripada Amerika Serikat.

Sumber : Pengamatan Pribadi + Wikipedia + IDN Times

ceuhetty
sebelahblog
sebelahblog dan ceuhetty memberi reputasi
2
838
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.