alexa-tracking
Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
149
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5dabdf399775130dd0357f27/5-dampak-buruk-membanding-bandingkan-anak-hentikan-sekarang-juga-gan-sis
Membanding-bandingkan anak sendiri dengan anak tetangga, dengan teman sebaya, atau bahkan dengan saudara kandungnya yang lain, adalah tindakan yang dapat menyakiti perasaan dan psikologi anak itu sendiri
Lapor Hansip
20-10-2019 11:14

5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!

Past Hot Thread
5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
psikologi & parenting


Membanding-bandingkan anak sendiri dengan anak tetangga, dengan teman sebaya, atau bahkan dengan saudara kandungnya yang lain, adalah tindakan yang dapat menyakiti perasaan dan psikologi anak itu sendiri



"Kenapa nilai matematikamu turun? Lihat punya temanmu itu, tambah bagus punya dia."

"Jadi anak itu yang rajin. Contoh kakakmu itu!"


"Nak ... Kamu bisa enggak kayak Bima yang rajin dan pandai itu?

"Kamu cuma guru honorer, sementara Bima jadi PNS."


Blablabla



Meski disampaikan dengan bahasa santun sekalipun, dibanding-bandingkan tetaplah menyisakan rasa sakit luar biasa.


Manusia cenderung suka membanding-bandingkan. Alam bawah sadar manusia gampang menilai baik dan buruk lantas membandingkan keduanya. Perbedaannya hanya, perbandingan itu diungkapkan atau disimpan.


Sementara orangtua (ayah atau ibu), membanding-bandingkan umumnya (mungkin) sebatas ingin agar anaknya menjadi lebih baik lagi.


Quote:
Hmm ... Meski ada juga sebagian orangtua yang membanding-bandingkan, berkat anaknya yang tidak menjadi sebagaimana keinginan orangtua. Atau, keinginan orangtua agar anaknya memiliki sesuatu yang dimiliki orang (pada umumnya) yang tidak seirama dengan yang dimiliki sang anak. Orangtua semacam ini hanya melihat dari satu sudut pandang pribadi saja.



Namun sayang, itu bukan cara yang tepat. Beberapa dampak buruk bagi psikis akan anak terima jika ia kerap dibanding-bandingkan.


Setidaknya, inilah 5 dampak buruk yang bisa terjadi jika membanding-bandingkan anak;



1. Tertutup & suka berbohong

Anak merasa lebih baik berbohong daripada mengatakan sebenarnya, tetapi pada akhirnya harus dibanding-bandingkan. Seperti yang sudah-sudah. Ia merasa usahanya sendiri tidak pernah dihargai.

Sikap anak yang tertutup dan gemar berbohong kepada orangtua, dalam beberapa kasus bisa membahayakan si anak itu sendiri. Misalnya, diam-diam anak bergaul dengan lingkungan yang kurang baik.

Jadi, sebagai orangtua sebisa mungkin buatlah anak Gan-Sis bisa terbuka kepada orangtua. Jika sudah terbuka, artinya ia nyaman dan percaya, sehingga bebas bercerita apapun layaknya kepada sahabat karib.

Salah satu cara yang bisa ditempuh agar dipercaya dan anak terbuka kepada Gan-Sis adalah berhenti membanding-bandingkannya dengan yang lain.



2. Bakat terkubur percuma

Hmm ... Bukannya semakin baik, kerap dibanding-bandingkan justru membuat anak enggan berusaha melakukan passion yang ia suka. Sehingga bakatnya dikubur, sebab merasa jika orangtuanya sendiri tidak memberi dukungan untuk terus menggali bakatnya, apalagi menghargai.



3. Merasa rendah diri

Merasa rendah diri, sebab setiap yang si anak miliki tidak dihargai, dan tidak bernilai. Dan malah mengatakan jika oranglain lebih baik darinya.


Ia merasa dirinya sungguh rendah dari siapapun. Kepercayaan dirinya perlahan terkikis dan ia menarik diri dari orang lain.



4. Hubungan dengan orangtua menjadi renggang

Bukan hanya membentak anak saja yang membuat hubungan antara orangtua dan anak menjadi renggang. Kerap dibanding-bandingkan juga memicu si anak menjauh dari orangtuanya sendiri. Ia cenderung menutupi aktivitas atau apa yang dikerjakan.


5. Membunuh karakter & malas berusaha

Ya, setelah merasa rendah diri, anak akan beranggapan tidak ada guna berusaha. Ia menjadi pribadi yang malas dan putus asa.


5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
parenting talk



Memberi kritik kepada anak memang baik, tetapi tidak harus dengan cara mengabaikan perasaan si anak.


Perlu orangtua sadari pula, jika setiap anak memiliki bakat dan passion berbeda. Orangtua tidak seharusnya mengintervensi bagian ini. Atau jika tidak, sama saja orangtua telah bersikap egois, mementingkan kehendak pribadi.


Meski sebatas ingin agar anaknya menjadi seperti dirinya sebagai orangtua, si anu, atau si itu, itu sama saja, disebut egois.


Cukup sekian thread kali ini. Semoga ada ilmu atau pelajaran yang dapat dipetik. Mari sayangi dan peduli terhadap anak-anak Indonesia, generasi penerus bangsa yang semoga bukan hanya unggul dalam ilmu pengetahuan, tetapi juga akhlak dan berbudaya.


Sumber: opini pribadi. Jika ada tambahan, mari diskusikan di kolom komentar.


___o0o___

Jangan lupa baca thread @mbak.far lain seputar psikologi, parenting, dan bisnis. Dengan klik gambar di bawah ini, Gan-Sis 👇

5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
Diubah oleh mbak.far
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arya333 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
Tampilkan isi Thread
Halaman 6 dari 8
5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
22-10-2019 13:02
Quote:Original Posted By Cahayahalimah
Pengalaman pribadi apa kamu juruaan psikologi sis, semua benar adanya, meski ortu tidak bermaksud seperti itu apa daya anak kadang tidak mengerti jalan pikir ortunya


Yipsss. Bener banget sistaah..
Psikologi anak yang kena dampaknya sampai dewasanyananti...
0 0
0
5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
22-10-2019 13:03
Quote:Original Posted By mbak.far
Pengamatan pribadi, Bun 😆
Saya cuma lulusan pesantren, nggak kuliah, apalagi jurusan psikologi. Hehe.

Makasih, Bun, sudah mampir 🙏


Teori tanpa pengalaman itu nihil kok gan.. jadi kagak napa naapa.. yang penting ada bukti nya.. karena adanya teori juga dari pengalaman.. pengalaman yang teramati...
0 0
0
5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
22-10-2019 13:04
Quote:Original Posted By evywahyuni
Intinya, jangan pernah membanding2kan anakemoticon-Jempol


Iyesss.. entu poinnyee.. soalnya dampaknya banyak... Menyangkut masa depan anak.. harapannya bagus . Tapi realitasny terbalik gan...
0 0
0
5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
22-10-2019 13:05
Quote:Original Posted By raaaaud20
Sering dibandingkan☺️


Nah.. sekarang kan uda tahu dampaknya kagak baik gan.. ente harus berpositif thinking yess.. SemangART terus pokoknyaa..
0 0
0
5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
22-10-2019 13:06
Quote:Original Posted By mbak.far
Huum 😢 sabar, semoga itu bisa menjadi jalan agar kita menjadi pribadi yang semakin tangguh 💪


Yuppass. Amin amin.. SemangART ya entee.. yang dibandingin.. memang kagak enak...
0 0
0
5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
22-10-2019 13:07
Quote:Original Posted By bkarasap12
Ane dulub sebagai anak paling ga suka dibanding-bandingin, selalu ngamuk kalo dibandingin sama anak tetangga wkwk


Wkwkwk.. sabar y gan.. emang kagak enak kalau dibandingin entu.. serba salah sih jugaan.. orang tua pingin a. Anak belum ingin. A...
0 0
0
5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
22-10-2019 13:07
bahaya nih membandingkan anak, setiap anak punya bakat yang berbeda
0 0
0
5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
22-10-2019 13:26
anak koq dibanding bandingkan. yang kembar aja juga seringnya beda sifat
0 0
0
5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
22-10-2019 13:36
alhamdulillah ortu ane jarang ngebandingin sama anak orang lain ataupun sama kakak" ane emoticon-Big Grin
0 0
0
5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
22-10-2019 14:04
saya adalah seorang korban keegoisan orang tua sekarang saya jadi anak terbuang dan tak dianggap karna kekurangan saya menurut versi keluarga saya... apa yang menguatkan saya ialah anak dan istri saya hanya itu harta paling berharga saya sekarang yangselalu mendukung mimpi2 saya.. semoga saya selalu diberi kesehatan agar dapat tetap bekerja keras untuk keluarga kecilku..

doaku bagi kaskuser yang senasib dengan saya juga.. wish u all the bestemoticon-Jempol
0 0
0
5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
22-10-2019 14:12
dari sd aku selalu dibanding2in dan itu ga pernah berhenti hingga aku kuliah...
sekarang hubunganku sama ortu bener2 renggang...
aku ga mau mereka tau aktivitas apa yg aku lakukan..
istilahnya buat apa toh cerita2 ke mereka kalo nantinya cuma dibandingin dan ga dihargai..
lebih baik aku cerita ke temen atau orang yang memang mau mendengarkan..
terbuka sama mereka (ortu aku) nggak membuat aku semangat...malah kadang bikin down, karena mereka lebih suka menghakimi dan mengadili apa yg aku lakukan...
0 0
0
5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
22-10-2019 14:34
Quote:Original Posted By toinxx08
Sabar ya gan, mungkin lagi khilaf papa mama nya. Doain yg terbaik aja buat mereka ya.hahahah tapi jangan suka banding2in mantan sama doi nya yak emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka


Wakakakk engga pernah gan semua orang punya kelebihan dan kekurangan masing masing kok emoticon-Ngakak
0 0
0
5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
22-10-2019 15:42
0 0
0
5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
22-10-2019 15:49
Mampir lagi Ht selamat adekku cansss
0 0
0
5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
22-10-2019 16:07
Karna, mungkin dulu orang tua sering digituin bre, jadi turun temurun dah wkwkwkwkw
profile-picture
diandraps memberi reputasi
1 0
1
5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
22-10-2019 16:08
Bener nih orang tua zaman naow harus bisa ngikutin minimal ngawasin anak anak Ny yg zaman NOW jga emoticon-Malu
profile-picture
diandraps memberi reputasi
1 0
1
5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
22-10-2019 17:09
setuju banget gann, nanti anaknya jadi ga percaya diri buat mengembangkan bakat-bakat yang sebenarnya mereka punya. kasian si anaknya jatohnya
0 0
0
5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
22-10-2019 18:29


Quote:Original Posted By evywahyuni
Intinya, jangan pernah membanding2kan anakemoticon-Jempol


yup bner bgt gan, setiap anak mempunyai sifat yang berbeda beda. tidak bisa disamain antara anak satu dengan anak lain emoticon-Jempol
0 0
0
5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
22-10-2019 18:30


Quote:Original Posted By be46
Bener nih orang tua zaman naow harus bisa ngikutin minimal ngawasin anak anak Ny yg zaman NOW jga emoticon-Malu


iya gan, jngan selalu menggunakan pola pikir kuno untuk membesarkan anak sekarang, harus lebih maju dan modern juga emoticon-Jempol
0 0
0
5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!
22-10-2019 18:32


Quote:Original Posted By HeriAlvaa
Karna, mungkin dulu orang tua sering digituin bre, jadi turun temurun dah wkwkwkwkw


iya gan bisa jadi, menurut ane harus disesuaikan juga dengan zaman klo mendidik anak itu, terlebih kondisi sekarang ini yang serba canggih dan modern emoticon-Jempol
0 0
0
Halaman 6 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.