hardlenAvatar border
TS
hardlen
Langkah Cek Nomor dan Status IMEI Ponsel


Ilustrasi. (Pixabay/niekverlaan)




Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah mengesahkan aturan pelegalan International Mobile Equipment Identity (IMEI) pada Jumat (18/10).

Seluruh pengguna ponsel yang memiliki nomor IMEI namun masih ilegal, diwajibkan mendaftar sebelum Februari 2020. Pasalnya, aturan ini akan resmi diterapkan pada April 2020.

Ponsel ilegal adalah ponsel dengan nomor IMEI yang tidak terdaftar di dalam basis data Kementerian Perindustrian serta Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Bila nomor IMEI pada ponsel belum terdaftar, Anda harus mendaftarkannya terlebih dulu melalui aplikasi yang akan dirilis Kementerian Perindustrian. Namun, saat ini aplikasi belum tersedia karena sedang dalam proses pengembangan.

Untuk memastikan keresmian IMEI pada ponsel, Anda dapat melakukan berbagai cara di bawah:

Cek produksi

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecek IMEI yaitu dengan melihat kardus boks ponsel. Pada umumnya, nomor IMEI tertera pada stiker kardus. Bila terdapat keterangan ‘Dirakit di Indonesia’ atau ‘Diproduksi di Indonesia’ sudah dipastikan ponsel tersebut resmi terdaftar.

Mengutip CNNIndonesia.com, ponsel bermerek Oppo dan Huawei biasanya tidak dirancang di dalam negeri. Namun, produsen asal ponsel tersebut telah bekerja sama dengan distributor resmi di Indonesia seperti PT Indonesia Oppo Electronics dan PT Sat Nusapersada.

Cek langsung di ponsel

Pada umumnya, nomor IMEI pada setiap ponsel dapat dicek melalui kode USSD dengan tekan *#06# pada menu telepon. Namun, Anda juga bisa mengeceknya di dalam menu.

Bagi pemilik iPhone, Anda bisa pergi ke fitur ‘Settings’ > ‘General’ > ‘About’ dan telusuri laman tersebut hingga terdapat keterangan mengenai nomor IMEI.

Jika Anda menggunakan Samsung, temukan nomor IMEI pada menu ‘Settings’ > ‘About phone’ > ‘Status’.

Sementara bagi pengguna Xiaomi, Anda dapat telusuri menu ‘Settings’ > ‘System’ > ‘About phone’ lalu carilah informasi yang memperlihatkan nomor IMEI ponsel.

Setelah berhasil menemukan nomor IMEI ponsel, Anda bisa mengecek keresmiannya pada laman https://imei.kemenperin.go.id/.Pertama, masukkan nomor IMEI di dalam situs tersebut dan tunggu hasil, apakah IMEI ponsel Anda terdaftar resmi di basis data atau tidak.
 

FuadMamo555
afifa26
lina.wh
lina.wh dan 10 lainnya memberi reputasi
11
7.4K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.8KThread8.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.