• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Harga Tiket Masuk Pulau Komodo 14 Juta/Orang! Ini Pendapat Saya, Apa Pendapat Kalian?

TaraAnggaraAvatar border
TS
TaraAnggara
Harga Tiket Masuk Pulau Komodo 14 Juta/Orang! Ini Pendapat Saya, Apa Pendapat Kalian?
Pulau Komodo Dijadikan Tempat Wisata Ekslusif


sumber gambar


Pulau Komodo akan dijadikan tempat wisata ekslusif dengan harga tiket 14 juta/orang, bagaimana menurut pendapat Agan dan Sista, setuju atau tidak?

Menurut pendapat saya pribadi harga tersebut terlalu mahal. Khusunya untuk masyarakat Indonesia sendiri, karena penduduknya banyak yang berpenghasilan dibawah rata-rata. Dengan harga semahal itu artinya hanya orang-orang berpenghasilan tinggilah yang dapat menikmati liburan ke Pulau Komodo. Itupun saya rasa mereka juga akan berpikir ulang, karena dengan uang sebanyak itu mereka bisa berlibur ke luar negeri.

Memang benar Pulau Komodo termasuk dalam salah satu dari tujuh keajaiban dunia, sehingga banyak wisatawan lokal maupun mancanegara penasaran akan keindahan Pulau Komodo. Namun haruskah karena alasan tersebut, pemerintah mematok tarif sampai belasan juta rupiah untuk masuk ke dalamnya. Sedangkan tempat wisata lain yang juga masuk dalam keajaiban dunia harga tiket masuknya tidak semahal itu.

Tembok Besar Cina contohnya, tiket masuknya hanya sekitar 80 ribu. Contoh lain adalah Tajmahal, harga tiket masuk hanya 50 ribu untuk warga India dan 224 ribu untuk turis asing. Sangat jauh perbedaanya bukan?

Saya khawatir dengan harga semahal itu akan membuat Pulau Komodo sepi pengunjung, dan berimbas pada hilangnya pendapatan negara dari sektor wisata ini. Apalagi kenaikan harga tiket masuknya terlalu signifikan. Sebelumnya harga tiket masuk ke Pulau Komodo hanya 50 ribu untuk warga lokal dan 155 ribu-225 ribu untuk turis asing.

Alasan lain diberlakukannya konsep ekslusif, adalah agar orang-orang tertentu saja yang bisa masuk ke dalam kawasan Pulau Komodo yang terdapat Komodo-Komodo besar. Dengan demikian kelestraian dan keamanan hewan Komodo tetap terjaga. Tapi bukankah ada cara lain untuk melindungi Komodo dari tangan jahil wisatawan tanpa harus menaikan harga tiket masuk sedemikian tingginya. Misal, dengan memperketakt sistem keamanan di sekitar tempat wisata atau disediakannya tourguide yang bertugas untuk mengawasi gerak-gerik pengunjung selama dalam perjalanan.

Dengan demikian masyarakat dari semua kalangan bisa menikmati sensasi berlibur ke Pulau Komodo, dan hewan Komodo itu sendiri tetap terlindungi.


Itu dia sedikit pandangan saya mengenai dijadikannya Pulau Komodo sebagai tempat wisata ekslusif, dengan harga tiket masuk sebesar 14 juta/orang. Jika ada perbedaan pendapat diantara kita, mari diskusikan secara damai. Beda pendapat itu hal biasa, jadi jangan jadikan perbedaan pendapat menjadi alasan perpecahan.


Sumber berita : https://m.detik.com/finance/berita-e...nya-rp-14-juta



Cilacap, 22 Oktober 2019
Diubah oleh TaraAnggara 22-10-2019 08:01
sebelahblog
nona212
embunsuci
embunsuci dan 30 lainnya memberi reputasi
31
4K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.