DeYudi69Avatar border
TS
DeYudi69
4 Kendaraan Berbahan Bakar Udara, Mampir Di Mari Gan-Sist!
Kaskus DeYudi69 -Sumber energi dari fosil yang tidak dapat diperbaharui, suatu saat secara perlahan tapi pasti akan habis juga. Para ilmuan dan peneliti pun berlomba-lomba untuk menciptakan kendaraan yang ramah lingkungan, dan menggunakan bahan bakar alternatif yang dapat terbarukan.



Mulai dari kendaraan yang memadukan antara tenaga bahan bakar cair dan tenaga listrik, sampai pada kendaraan yang hanya menggunakan tenaga listrik sebagai bahan bakar utamanya. Namun yang membuat ane tertarik untuk membahas kendaraan ramah lingkungan kali ini, adalah dengan ditemukannya kendaraan roda dua maupun roda empat yang berbahan bakar udara. Secara otomatis, gas emisi yang dihasilkan pun menjadi 0%.

Betikut ini beberapa kendaraan yang berbahan bakar udara :

02 Pursuit




Kendaraan roda dua bertenaga penggerak dari udara bertekanan tinggi ini, adalah rancangan dari Dean Benstead, seorang mahasiswa dari Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) yang mengambil jurusan desain industri.

Sepeda motor yang menyerupai trail ini diklaim mampu mencapai kecepatan maksimal hingga 139km/jam, dan mampu menempuh jarak hingga 95,6 km dalam kondisi tangki udara penuh.

Waow ... mantap juga ya Gan-Sis, ane jadi pingin punya juga nih sepeda motor yang satu ini. Yang bikin sepeda motor ini layak mendapatkan julukan 100% green technology adalah saat pengisian tangki udara, kompresor yang digunakan untuk mengisi tangki udara juga mampu bekerja dengan baik hanya menggunakan panel surya.

Mini Cat




Mobil karya dari Guy Negre, yaity seorang mantan insinyur F1 ini, juga merupakan mobil yang berbahan bakar udara. Negre mengembangkan mobilnya bersama perusahaan otomotif asal India yaitu Tata.

Dalam sekali pengisian tangki udara, mobil ini mampu menempuh jarak hingga 300 km. Saat pengisian tangki udaranya menggunakan kompresor udara hanya membutuhkan waktu 3-4 jam sampai penuh. Dengan estimasi biaya bila menggunakan kompresor listrik hanya 18.000 rupiah sampai tangki udara tersebut penuh.

Dengan sekali pengisian mampu menempuh jarak sampai 300 km, mobil ini ane rasa cukup hemat dan juga efisien bila digunakan dalam kegiatan sehari-hari, seperti berangkat kerja ke kantor di daerah perkotaan. Polusi udara di daerah kota pun dapat ditekan.

GM Cadillac Aera




Mobil berdaya tampung empat orang ini, di perkirakan akan hadir pada tahun 2020. Mobil bergaya futuristik ini menggunakan teknologi berefisiensi tinggi yang disebut dengan Pneumatic Drive System (PDS).

Mobil ini memiliki bobot 450 kg dengan tangki udara komposit bertekanan 10 ribu Psi. Dan dalam kondisi tangki udara penuh mampu melaju hingga sejauh 1.600 km.

Honda Air




Honda memang sudah tidak asing lagi kita ketahui sebagai salah satu perusahaan industri otomotif yang ada di dunia. Honda Air, yang juga mengusung konsep mobil berbahan bakar udara ini, diperkirakan akan hadir pada tahun 2030 mendatang. Dalam sekali pengisian tangki udara sampai penuh, mobil dengan kapasitas dua orang ini, mampu menempuh jarak hingga 160 km.

Keren banget ya Gan-Sis, kapan nih Indonesia bisa bikin sepeda motor dan juga mobil udara yang seperti ini?

Ya, walau pun menurut pendapat ane pribadi, kendaraan berbahan bakar udara ini tidak seratus persen bisa lepas dari penggunaan bahan bakar fosil, sebagai penggerak kompresor udaranya dalam pengisian tangki udara. Semisal saat cuaca mendung atau hujan, bila kita memanfaatkan panel surya sebagai pembangkit listriknya. Namun, terbilang masih jauh lebih irit dan juga lebih bebas dari polusi udara dibandingkan kendaraan konvensional lainnya.

Satu-satunya cara agar konsepnya menjadi benar-benar 100% green technology adalah dengan memanfaatkan pembangkit listrik tenaga air, atau pun tenaga udara, dan tenaga surya sebagai sumber energi, saat menggunakan mesin kompresor udara dalam pengisian tangki bahan bakar dari kendaraan ini. Dan yang menjadi masalahnya, belum semua daerah atau negara memiliki pembangkit listrik ramah lingkungan tersebut.

Semoga thread ane kali ini bisa bermanfaat ya, Gan-Sis. Jangan lupa cendol, rate, share, dan juga subscribenya ya.

Baca Juga : 6 Sepeda Motor 2 Tak Legendaris yang Mampu Melesat Bak Peluru

Penulis: DeYudi69


Sumber referensi : 1 , 2 , 3 , 4
Diubah oleh DeYudi69 18-06-2020 03:12
blackrosest
kadeksatia
artana99
artana99 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
10.6K
253
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.