raaaaud20Avatar border
TS
raaaaud20
Penyakit yang Di Derita Penulis! Apakah Itu?


Agan dan sista pasti udah gak asing lagi ‘Writer Block’.

Apa itu Writer Block? Writer Block adalah keadaan di mana kita tidak bisa menulis sama sekali, itu terjadi karena jenuh dan rasa bosan.

Bosan dan jenuh akan menghambat oksigen dan darah mengalir di saraf otak sehingga menyebabkan otak kanan tidak berfungsi dengan baik (FB:Angga Almisky) dan ini terjadi dalam jangka lama, nah kalo jangka pendek apa ya namanya? Stuck, kalau stuck ini lebih ke malas, namun kita masih bisa menulis meskipun hanya satu kalimat.

Ada beberapa cara untuk mengatasi Writer Block:
1. Membaca novel dan menonton film, itu sangat memudahkan otak kita untuk melanjutkan cerita yang sempat tertunda, karena dengan membaca novel kita bisa menemukan inspirasi dari alurnnya, dan menonton film pun sama.

2. Mengobrol dengan teman, biasanya kalo udah ngobrol sama temen ini apalagi sahabat ujung-ujungnya curhat entah itu kisah cintanya, keluarganya atau di sekitarnya. Biasanya ide itu muncul ketika teman udah selesai bercerita, kita terinspirasi dari curhatan teman.

3. Berhenti menulis, dalam artian untuk memulihkan otak agar kondisi otak kembali fresh dari rasa jenuh dan bosan.

4. Menulis sambil mendengarkan musik, karena musik bisa untukk merefresh otak dan hormon-hormon otak akan bekerja sesuai dengan musik. Misal kita putar lagu galau pasti kita secara tidak sadar akan ikutan galau dan menulis hal-hal yang berbau galau. Jadi, usahakan jika kita akan menulis putar lagu yang sesuai dengan alur cerita.

5. Jalan-jalan atau pergi ke suatu tempat yang membuatmu bisa menghilangkan rasa jenuh tersebut. Dan saat pulang otak kembali fresh.

6. Pindah tempat, pindah tempat yang aku maksud di sini adalah pindah tempat menulis yang biasanya menulis di kamar coba kamu pindah tempat menulis di tengah sawah atau tempat yang bisa membuatmu nyaman saat menulis.

Nah, jika Witer Block sudah teratasi dengan baik, maka kalian bisa melanjutkan cerita yang kalian buat. Apakah ada yang kesulitan dalam membagi waktu dalam menulis agar bisa cepat selesai? Jika kalian kesulitan ada beberapa tips yang mungkin bisa kalian gunakan, yakni sebagai berikut:

1. Target. Kalian harus punya target naskah kalian ini harus selesai dalam jangka waktu berapa lama? Satu bulan? Bisa asalkan kalian mempunyai target yang baik, misal satu hari harus bisa menulis 6 lembar, jika dalam satu bulan kan sudah menjadi berlembar-lembar.

2. Konsisten. Jika kalian ada niatan maka harus konsisten dengan apa yang diinginkan, kadang ini yang agak sulit diterapkan kalau tidak benar-benar niat.
3. Meluangkan waktu bukan menunggu waktu luang. Kadang kebiasaan kita kalau mau menulis atau melanjutkan cerita selalu menunggu waktu luang dulu. Jadi, usahakan kalian meluangkan waktu minimal setengah jam menulis untuk berapa lembar.

Itulah beberapa tips yang mungkin bisa agan dan sista lakukan🎉semoga bermanfaat. emoticon-Ultah


Jangan lupa cendol segar, rate dan bagikan. Belajar Bersama Bisa dan Terimakasih
Diubah oleh raaaaud20 09-07-2020 09:14
ceuhetty
sebelahblog
embunsuci
embunsuci dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.3K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.