GenPicoAvatar border
TS
GenPico
Mengenang Nokia N-Gage, Ponsel Gaming Paling Hit di Masanya

GenPI.coNokia N-gage merupakan sebuah gawai yang digemari olehanak-anak gaul di era 2003 hingga 2006. Tampilannya yang mirip gawai untuk gaming lengkap dengan tombol pengendali game membua ponsel fitur ini begitu digandrungi.


Gawai ini memiliki ketebalan 20mm dan layar sebesar 2,1 inci memiliki resolusi 176x208. Adapun untuk spesifikasinya adalah prosesor 104 MHz, built-in memory 3,4MB dan baterai 850mAh. Spesifikasi itu begitu ‘cupu’ jika ditilik saat ini. Namun pada eranya? N-Gage adalah ponsel idaman para gamer.

BACA JUGA: Ini Benda yang Dikoleksi Anak Generasi 90-an, Kamu Masih Punya?

N-Gage memiliki sejumlah permainan yang memiliki format tertentu. Aplikasi permainan tersebut tak sekadar game java berbasis J2ME yang digunakan pada banyak ponsel di era itu. N-Gage setingkat lebih tinggi lantaran menggunakan platform baru yang berbasis C++ layaknya game Symbian, namun lebih banyak menggunakan engine, standar game konsol.

Gawai ini memiliki cara unik saat melakukan panggilan telepon. Keypad alfanumerik diletakkan di bagian kanan. Sejajar dengan layar yang berdiri (posisi portrait). Sementara di sisi berlawanan ada tombol arah alias d-pad dan sejumlah tombol shortcut menuju menu-menu keren di jamannya.

Selama beberapa tahun, N-gage menjadi tak terkalahkan dengan segmen pasar barunya itu. kejayaannya terus berlangsung dengan kehadiran N-Gage berbasis Symbian yag dinamakan QD. Spek yang diusung oleh produk baru itu bahkan mampu menyaingi  konsol portabel saat itu, seperti GameBoy dan PSP versi awal.

BACA JUGA: Begini Pelantikan Soekarno, Presiden Pertama Indonesia

Namun setiap hal selalu ada akhirnya. Gelombang pembajakan terhadap game-game N-Gage semakin gencar dan terang-terangan proyek N-Gage  ini dihentikan. Nokia  pun saat itu dihadapkan dengan persoalan hak paten sehingga N-Gage pun akhirnya rontok.

Di tambah pada era itu, mulai bermunculan gawai lainnya dengan teknologi yang lebih canggih dan lebih multifungsi.


Reporter : Winento

Redaktur : Paskalis Yuri Alfred


Dulu TS ga sanggup buat beli hp ini, padahal pengen banget emoticon-Sorryemoticon-Sorry




sebelahblog
4iinch
zafinsyurga
zafinsyurga dan 8 lainnya memberi reputasi
9
5.9K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.