mbak.far
TS
mbak.far
5 Dampak Buruk Membanding-bandingkan Anak. Hentikan Sekarang Juga, Gan-Sis!

psikologi & parenting


Membanding-bandingkan anak sendiri dengan anak tetangga, dengan teman sebaya, atau bahkan dengan saudara kandungnya yang lain, adalah tindakan yang dapat menyakiti perasaan dan psikologi anak itu sendiri



"Kenapa nilai matematikamu turun? Lihat punya temanmu itu, tambah bagus punya dia."

"Jadi anak itu yang rajin. Contoh kakakmu itu!"


"Nak ... Kamu bisa enggak kayak Bima yang rajin dan pandai itu?

"Kamu cuma guru honorer, sementara Bima jadi PNS."


Blablabla



Meski disampaikan dengan bahasa santun sekalipun, dibanding-bandingkan tetaplah menyisakan rasa sakit luar biasa.


Manusia cenderung suka membanding-bandingkan. Alam bawah sadar manusia gampang menilai baik dan buruk lantas membandingkan keduanya. Perbedaannya hanya, perbandingan itu diungkapkan atau disimpan.


Sementara orangtua (ayah atau ibu), membanding-bandingkan umumnya (mungkin) sebatas ingin agar anaknya menjadi lebih baik lagi.


Quote:



Namun sayang, itu bukan cara yang tepat. Beberapa dampak buruk bagi psikis akan anak terima jika ia kerap dibanding-bandingkan.


Setidaknya, inilah 5 dampak buruk yang bisa terjadi jika membanding-bandingkan anak;



1. Tertutup & suka berbohong

Anak merasa lebih baik berbohong daripada mengatakan sebenarnya, tetapi pada akhirnya harus dibanding-bandingkan. Seperti yang sudah-sudah. Ia merasa usahanya sendiri tidak pernah dihargai.

Sikap anak yang tertutup dan gemar berbohong kepada orangtua, dalam beberapa kasus bisa membahayakan si anak itu sendiri. Misalnya, diam-diam anak bergaul dengan lingkungan yang kurang baik.

Jadi, sebagai orangtua sebisa mungkin buatlah anak Gan-Sis bisa terbuka kepada orangtua. Jika sudah terbuka, artinya ia nyaman dan percaya, sehingga bebas bercerita apapun layaknya kepada sahabat karib.

Salah satu cara yang bisa ditempuh agar dipercaya dan anak terbuka kepada Gan-Sis adalah berhenti membanding-bandingkannya dengan yang lain.



2. Bakat terkubur percuma

Hmm ... Bukannya semakin baik, kerap dibanding-bandingkan justru membuat anak enggan berusaha melakukan passionyang ia suka. Sehingga bakatnya dikubur, sebab merasa jika orangtuanya sendiri tidak memberi dukungan untuk terus menggali bakatnya, apalagi menghargai.



3. Merasa rendah diri

Merasa rendah diri, sebab setiap yang si anak miliki tidak dihargai, dan tidak bernilai. Dan malah mengatakan jika oranglain lebih baik darinya.


Ia merasa dirinya sungguh rendah dari siapapun. Kepercayaan dirinya perlahan terkikis dan ia menarik diri dari orang lain.



4. Hubungan dengan orangtua menjadi renggang

Bukan hanya membentak anak saja yang membuat hubungan antara orangtua dan anak menjadi renggang. Kerap dibanding-bandingkan juga memicu si anak menjauh dari orangtuanya sendiri. Ia cenderung menutupi aktivitas atau apa yang dikerjakan.


5. Membunuh karakter & malas berusaha

Ya, setelah merasa rendah diri, anak akan beranggapan tidak ada guna berusaha. Ia menjadi pribadi yang malas dan putus asa.



parenting talk



Memberi kritik kepada anak memang baik, tetapi tidak harus dengan cara mengabaikan perasaan si anak.


Perlu orangtua sadari pula, jika setiap anak memiliki bakat dan passion berbeda. Orangtua tidak seharusnya mengintervensi bagian ini. Atau jika tidak, sama saja orangtua telah bersikap egois, mementingkan kehendak pribadi.


Meski sebatas ingin agar anaknya menjadi seperti dirinya sebagai orangtua, si anu, atau si itu, itu sama saja, disebut egois.


Cukup sekian thread kali ini. Semoga ada ilmu atau pelajaran yang dapat dipetik. Mari sayangi dan peduli terhadap anak-anak Indonesia, generasi penerus bangsa yang semoga bukan hanya unggul dalam ilmu pengetahuan, tetapi juga akhlak dan berbudaya.


Sumber: opini pribadi. Jika ada tambahan, mari diskusikan di kolom komentar.


___o0o___

Jangan lupa baca thread @mbak.far lain seputar psikologi, parenting, dan bisnis. Dengan klik gambar di bawah ini, Gan-Sis πŸ‘‡

Diubah oleh mbak.far 20-10-2019 04:15
081364246972cheria021janeeta97
janeeta97 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
10.3K
172
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & Parenting
icon
4.1KThreadβ€’4.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Β© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.