alexa-tracking
Hobby
Batal
KATEGORI
link has been copied
164
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da7e950f0bdb21a451eda1d/kenapa-sih-anjing-suka-banget-ngikutin-kita-ke-mana-mana
Kebiasaan ini emang nggak menjengkelkan sih, tapi penasaran nggak apa sebenernya yang menyebabkan kebiasaan ini? Nah, menurut ahli perilaku hewan, Mary Burch, Ph.D., seperti dilansir dari Reader’s Digest, ternyata ada beberapa penjelasan ilmiah dibalik perilaku anjing yang satu ini:
Lapor Hansip
17-10-2019 11:08

Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?

Past Hot Thread
Hewan peliharaan memang bisa dijadikan teman akrab di rumah. Selain kucing, salah satu hewan peliharaan  yang jadi pilihan banyak orang adalah anjing. Pernah denger nggak  Gan, istilah dogs are man’s best friend? Yap, banyak orang yang memilih anjing sebagai hewan peliharaan mereka karena kepribadian anjing yang dikenal ramah dan deket banget sama pemiliknya.

Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?

Saking deketnya, si anjing suka banget nih ngikutin pemiliknya kemanapun mereka pergi.  Agan dan sista yang pelihara anjing pasti udah hapal deh sama kebiasaan si doggy yang satu ini. Nggak cuma anjing peliharaan kita aja sih, anjing teman kita yang udah akrab sama kita pun juga punya kebiasaan serupa. Kita di sofa, dia ikutan pergi ke sofa. Kita berdiri, dia juga ikutan berdiri. Bahkan kita ke toilet pun, dia suka ikut masuk. Layaknya bayangan, anjing kita bakal nempeel terus sama kita.

Kebiasaan ini emang nggak menjengkelkan sih, tapi penasaran nggak apa sebenernya yang menyebabkan kebiasaan ini? Nah, menurut ahli perilaku hewan, Mary Burch, Ph.D., seperti dilansir dari Reader’s Digest, ternyata ada beberapa penjelasan ilmiah dibalik perilaku  anjing yang satu ini:

1. Anjing mampu belajar dari pengalaman

Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?

Saat si anjing mengikuti kita, biasanya hal-hal baik bakal terjadi. Maksudnya? Ya, setiap dia mendekat ke kita, kita pasti bakal elus-elus dia, ngajak dia main, atau ngasih dia snack kan? Anjing kita pinter, Gan, dan salah satu “talenta” terbesar anjing adalah kemampuannya belajar dari pengalaman. Jadi, selama dia merasakan pengalaman positif saat di deket kalian, dia bakal terus deket-deket deh sama kalian.


2. Insting alami untuk bergabung dalam kawanan

Meski anjing kita anjing rumahan, mereka tetap keturunan anjing liar, Gan, yang biasa hidup dalam kawanan. Maka dari itu, naluri untuk mencari dan menetap di sebuah kawanan ada di DNA mereka, di manapun mereka ditempatkan. Termasuk di lingkungan rumah Agan. Jadi, karena keakraban Agan dengan si anjing, Agan dan keluarga atau teman-teman udah dianggap sebagai kawanan atau kerabatnya. Lucu, ya!

Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?

Sebuah penelitian yang dilakukan di Princeton Unviersity pun membenarkan teori ini. Studi ini menyebutkan kalau dorongan dalam diri anjing untuk mengikuti, mengamati, dan menginginkan kontak fisik dari pemiliknya udah bagian dari genetik mereka.
 

3. Otak anjing melepas zat kimia baik saat berada dekat pemiliknya

Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?

Keberadaan sang pemilik akan membuat anjing melepas zat-zat kimia baik, atau “feel good” chemicals, seperti dopamin, oksitosin, serotonin, dan endorfin yang membuat anjing merasa bahagia. Nggak cuma anjing aja, otak kita pun juga bakal melepaskan hormon-hormon yang sama saat bermain sama anjing kesayangan kita. Wah, rupanya main-main sama doggy sama-sama menguntungkan nih buat si anjing dan pemiliknya.
 

4. Anjing merasa punya kewajiban untuk membantu

Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?

Menurut dokter hewan asal Tenessee, A.S, Kathryn Primm, anjing secara alami sangat menghargai sumber daya demi bertahan hidup. Salah satu sumber daya yang paling penting bagi anjing adalah teritori atau wilayah. Nah, saat anjing tinggal di rumah kita, rumah kita udah dia anggep sebagai teritori yang harus dia lindungi. Saat kita berkeliling di rumah, anjing pun akan mengira kita lagi berpatroli di teritori kita, dan ia pun merasa bertanggung jawab untuk membantu. Aduh, bikin gemes, yaa


5. Rasa penasaran

Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?

Secara alami, anjing juga punya rasa penasaran dan rasa ingin tau yang tinggi. Makanya, ia akan terus mengikuti kita karena penasaran sama apa yang lagi kita lakukan.
 

Itu dia Gan, beberapa alasan kenapa anjing demen banget ngebuntutin kita ke manapun kita pergi. Jadi, jangan buru-buru diusir atau disuruh pergi, ya. Karena kebiasaan ini memang naluri alami seekor anjing. 



sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chrysalis99 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
Tampilkan isi Thread
Halaman 7 dari 9
Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?
19-10-2019 23:37
nice gan inponya sangan informatiff! jadi pengen punya anjing nih gara2 thread ini. coba kali yeee
0 0
0
Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?
19-10-2019 23:38


Quote:Original Posted By juhii99
dan semua itu bisa lancar kalo tambah dengan dilatih yaa
gemesin bener kalo liat anjing yang bisa nurut dan bisa care banget sama sekitar


nah iyaaaa bener bangett! bisa di ajak main sirkus2 an ya gan hahahaha buat refreshing sih menurut ane
0 0
0
Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?
19-10-2019 23:48
bau! belon mandi emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
0 0
0
Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?
20-10-2019 01:08
Quote:Original Posted By toinxx08
Wkwkwkw betul gan, sakit banget kalo gak peka emang, kek dicuekin gitu yak. Jahat tuh yg gak peka emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka


Wkwkwww...
Ngakak juga deh ane...
Ente paham juga ye yang ane maksud ye gan.. wkwkwm..
Waaksss. Ane jadi malueww.hahaa...
0 0
0
Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?
20-10-2019 01:35
Karena kita majikan ANJING emoticon-Ngakakemoticon-Leh Uga
0 0
0
Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?
20-10-2019 01:41
Quote:Original Posted By lapakbelakang2
oh pantas doggy style bikin bahagia yaa..


Anjayyyemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?
20-10-2019 06:12
Karena tubuh manusia terdiri dari daging dan tulang ???
0 0
0
Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?
20-10-2019 08:29
Buat ane jawabannya sederhana: Karena anjing adalah keluarga. emoticon-Blue Guy Peace
0 0
0
Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?
20-10-2019 10:37
Quote:Original Posted By ceasilnika
Wkwkwww...
Ngakak juga deh ane...
Ente paham juga ye yang ane maksud ye gan.. wkwkwm..
Waaksss. Ane jadi malueww.hahaa...


Hahahah ngapain maluewww, setiap manusia pasti pernah digituin gan. Yang penting kudu sabar en ikhlas yeee emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
0 0
0
Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?
20-10-2019 10:38
terakhir melihara anjing itu pas ane balita sekitar umur 3-5 tahun, sering banget tuh ane naikin punggungnya klo lagi tidur.

inget juga pas ada orang masuk kerumah anjing ane reflek gigit karena ini orang tiba2 ke ane.

kata nyokap sih digigit kupingnya...
sebenernya pengen melihara lagi, tp tidak memungkinkan untuk sekarang
0 0
0
Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?
20-10-2019 16:35
Katanya sih, kalo orang tipe penyayang anjing/gatakut anjing, si anjing gak ngejar & ngegong-gong. Malahan mau nya nempel mlulu minta di elus...
Iya gak sih?
0 0
0
Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?
20-10-2019 20:43
Dasar anjing! emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-anjing
0 0
0
Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?
21-10-2019 00:20
Quote:Original Posted By toinxx08
Hahahah ngapain maluewww, setiap manusia pasti pernah digituin gan. Yang penting kudu sabar en ikhlas yeee emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka


Hahahahayy.. wasshiiiaaaplah ya gan..
Kudu syabar dan tawakaaall..
Yadeeee...
0 0
0
Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?
21-10-2019 05:41
Quote:Original Posted By ceasilnika
Hahahahayy.. wasshiiiaaaplah ya gan..
Kudu syabar dan tawakaaall..
Yadeeee...


Betulll sekali gan yang penting semangat en jangan baperan yak wkwkwkkwkw itu kunci
0 0
0
Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?
21-10-2019 07:37
mungkin dia butuh temen......
0 0
0
Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?
21-10-2019 10:50
Quote:Original Posted By toinxx08
Betulll sekali gan yang penting semangat en jangan baperan yak wkwkwkkwkw itu kunci


Yuhuyyy... Beneeer ente gan... Kuncinya jangan baperr. Bawa perbuatan.. hahahay.. ehh keleruu..
Bawa perasaan.. hahahy
0 0
0
Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?
21-10-2019 15:10
Udah beberapa taon ini, tiap pagi ane jogging jam 4 pagi. Tiap kali lewat suatu rumah tertentu yg anjingnya ditaro di luar rumah, dia selalu lari kejar2 ane dan gonggong ga karuan. Ane ga liatin tapi ane berasa kalo mulut dia sentuh kaki ane dan kakinya juga kena ke kaki ane.

Ini udah terjadi ratusan kali, dia selalu begitu dan ane juga ga pernah menghindar dari dia, karna bikin jantung jadi deg2an kalo mulutnya udah mulai sentuh kaki ane. Lari jadi makin semangat, hehehe.

Itu sifat anjing yg mana? Anjingnya lagi penasaran? Lagi mau proteksi wilayahnya? Atau cuma mau ngajak main (karna jam 4 pagi ga ada binatang/orang lain yg bisa diajak main selain ane yg lewat2 beberapa kali.
0 0
0
Kenapa sih Anjing Suka Banget Ngikutin Kita Ke Mana-mana?
21-10-2019 23:23
Quote:Original Posted By ceasilnika
Yuhuyyy... Beneeer ente gan... Kuncinya jangan baperr. Bawa perbuatan.. hahahay.. ehh keleruu..
Bawa perasaan.. hahahy


Hahaha bawa perbuatan dibales dong berarti. Kebiasaan orang orang jaman sekarang tuh baperan gan emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
0 0
0
Halaman 7 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.