Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
17
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da928e29a972e47e7488574/sebagai-pengendara-kamu-wajib-paham-busi-mobil
Saat hendak berpergian jauh bersama keluarga tercinta dengan mobil pribadi, untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan liburan tersebut, kesiapan dan keandalan kendaraan roda empat (mobil) mutlak menjadi perhatian para pengendara. Salah satu komponen penting dari mobil yang perlu mendapat perhatian adalah busi mobil. Technical Support PT. NGK Busi Indonesia, Diko Oktaviano, memb
Lapor Hansip
18-10-2019 09:52

Sebagai Pengendara, Kamu Wajib Paham Busi Mobil

Past Hot Thread
Saat hendak berpergian jauh bersama keluarga tercinta dengan mobil pribadi, untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan liburan tersebut, kesiapan dan keandalan kendaraan roda empat (mobil) mutlak menjadi perhatian para pengendara. Salah satu komponen penting dari mobil yang perlu mendapat perhatian adalah busi mobil.
Sebagai Pengendara, Kamu Wajib Paham Busi Mobil

Technical Support PT. NGK Busi Indonesia, Diko Oktaviano, memberikan bekal kepada pemudik tentang bagaimana cara melakukan perawatan busi mobil. Pertama, perhatikan gejala busi yang sudah mengalami keausan pada elektrodanya.

Ia mengatakan komponen busi bisa dijadikan sebagai indikator utama suatu mobil dalam memberikan informasi kepada pengguna. Cara merawat busi mobil tidak perlu menunggu sampai mati karena sebelum busi mobil mati banyak gejala yang dapat kita rasakan pada saat kita berkendara. Diantara gejala yang paling mudah adalah susah saat pertama menghidupkan mesin.

"Apabila mobil kita susah melakukan start pada kondisi mesin sudah panas maupun dingin maka tidak ada salahnya kita perhatikan kondisi busi mobil yang akan kita gunakan untuk mudik," kata Diko, seperti melansir dari laman Tempo.co.

Kedua, pengecekan tingkat kerusakan busi mobil. Elektroda busi adalah suatu bagian yang akan cepat terkikis dan mengalami ke ausan pada permukaannya dikarenakan bagian tersebut tempat terjadinya api pada ruang bakar. "Apabila elektroda sudah mengalami keausan maka busi perlu diganti," ujarnya.

Ketiga, bersihkan busi apabila kondisi elektroda masih bagus. Bentuk yang masih kotak tanpa ada bulatan adalah tanda bahwa elektroda busi belum mengalami keasuan. Biasanya aliran listrik masih sangat baik dan penumpukan karbon tidak terlalu banyak. "Apabila elektroda sudah mengalami pengendapan karbon atau kotoran, cukup membersihkan elektrodanya dengan cara menyemprot bagian elektroda dengan cairan yang bersifat Non-Metal seperti brake cleaner," kata dia.

Tidak perlu melakukan amplas dan hindari cairan yang bersifat abrasif terhadap karat, karena cairan tersebut akan mengikis permukaan plating ataupun elektroda busi mobil. Cara ini sangat membantu pengendara apabila mobil mengalami mogok atau susah start.

Agar perjalanan liburan aman dan nyaman sangat dianjurkan busi mobil diganti terlebih dahulu setelah dilakukan service rutin. Sesuaikan dengan kilometer penggantian busi 15.000 sampai dengan 20.000 adalah jarak ideal untuk mengganti busi agar liburan lebih aman dan nyaman. 

Jika anggaran service berlebih, ada baiknya mencoba penggantian busi mobil standar menjadi Platinum Gpower ataupun Iridium IX yang memiliki fitur anti kerak dan memiliki durabilitas penggantian busi yang lebih baik dari tipe standar nikel.

"Jangan tunggu sampai mobil kita tidak bisa start apalagi mogok di jalan pada saat bepergian hanya dikarenakan busi kita yang terlewat dalam perawatan rutin kita sebelum pergi," ujarnya.

Nah Sahabat Garasi, selain mengecek busi mobil Sahabat juga bisa lihat artikel Performa Mesin Mobil Selalu Optimal, Cek Kondisi Busi Mobil. Dan sebagai pengendara Sahabat juga harus paham soal busi asli atau palsu. Jangan sampai busi mobil yang Sahabat beli palsu, karena itu bisa membuat mesin mobil jebol.

Cara mengenali busi mobil palsu

Salah satu bagian terpenting kendaraan yaitu busi. Mungkin mobil yang Sahabat kendarai mogok walau busi baru saja diganti? Atau kinerja mesin yang tak maksimal seusai mengganti busi. Saat mengalami hal seperti itu, patut dicuriagi busi yang digunakan adalah busi palsu.

Spesifikasi busi mobil harus dipilih sesuai dengan tipe kendaraan. Selain itu, kita juga harus jeli memilih busi. Busi yang tidak sesuai spesifikasi dapat berdampak buruk kepada kendaraan Sahabat. Tak jarang busi palsu beredar. Busi seperti ini wajib diwaspadai.

Sebagai Pengendara, Kamu Wajib Paham Busi Mobil

Busi palsu tidak hanya memicu melorotnya performa kendaraan. Jika nasib sedang apes, busi mobil palsu bisa membuat mesin kendaraan jebol. Kualitas logam busi palsu tidak mumpuni. Sehingga tidak memiliki daya tahan yang cukup saat terpapar panas di dalam mesin. Akibatnya, busi bisa meleleh saat kendaraan digeber dalam kecepatan tinggi.

Busi asli (ori) dan palsu sulit dibedakan. Jika dilihat sepintas, sosoknya mirip dan hampir tidak ada perbedaannya. Pemilik bengkel STD4 Speed, di Jl. Raya Tanah Baru No.56 Depok, Romy, membeberkan tips yang layak dicoba untuk membedakan busi ori dengan yang palsu.

"Meski secara kasat mata sulit dibedakan, tapi kita bisa melihat dari kode serinya, yaitu bila busi ori ada nomor serinya, kalau yang palsu, tidak," katanya, di bengkel STD4 Speed, seperti yang dilansir dari Jawapos.com.

Selain dari nomor serinya, busi palsu dengan yang asli bisa dibedakan dari rumah busi atau bodinya. Busi mobil ori, warna bodinya bening, sementara yang palsu, warnanya pudar, "butek", atau pucat.

Namun Sahabat jangan salah ya, karena menurut Abi ada banyak merek busi mobil. Sekarang pun, sudah ada busi Cina. Namun, masyarakat tetap menyebutnya busi ori. Busi Cina tetap dianggap busi mobil ori karena busi ini dibuat tidak dengan meniru busi merek lain. Menurut Romy, penyebutan nama busi palsu tidak tepat. Penyebutan yang tepat, adalah busi abal-abal.

Nah Sahabat Garasi, jadi sekarang sudah benar-benar paham kan beda busi asli dan palsu. Bila sudah paham, sebagai pemilik kendaraan Sahabat juga harus paham soal cara merawat busi mobil.

Patokan dan cara Merawat Busi mobil yang benar

Sistem pengapian yang perannya dimainkan oleh busi pada mobil itu satu hal terpenting, yang harus kita periksa sebelum melakukan pembelian mobil bekas. Karena jika tidak memeriksanya, maka dijamin mobil bekas pilihan Sahabat Garasi tidak akan nyaman saat dikendarai.

Memang mengganti busi dilakukan jika kondisinya sudah tidak layak atau memiliki gejala busi mobil rusak. Lalu bagaimana bila mengetahui busi itu masih memiliki kualitas terbaik atau tidak ya? Rupanya caranya cukup mudah, yakni dengan melihat jarak kendaraan tersebut melangkah atau kapan terakhir melakukan penggantian oli yang selalu diselipkan dalam kabin mobil.

Sebagai Pengendara, Kamu Wajib Paham Busi Mobil

Nah disarankan untuk Sahabat Garasi harus melakukan pergantian busi setelah mobil berjalan sejauh 20.000-60.000 km, tergantung jenis busi mobil yang dipilih Sahabat Garasi.

Untuk yang menggunakan jenis busi iridium pergantian bisa dilakukan per 60.000 km. Asalkan bahan bakar yang digunakan, baterai atau aki dan kondisi mesin sehat. Namun untuk penggunaan busi mobil biasa, disarankan untuk melakukan pergantian setiap 20.000 km ya. Karena jika busi tidak diganti, performa mesin jadi tidak maksimal dan performa mesin menjadi turun.

Lalu apa yang membuat busi mobil tidak mendukung performa kendaraan ya? Rupanya kotoran yang terdapat pada busi menjadi penyebab utamanya. ada beberapa faktor sebagai penyebab busi mobil cepat kotor yang menyebabkan pembakaran kurang sempurna sehingga menimbulkan kerak pada mesin.

Dan kotornya busi mobil itu terjadi karena faktor di luar busi. Seperti pembakaran kurang sempurna, bensin kurang bagus, atau filter bensin kurang bagus, oktan bensin terlalu rendah. Itu yang biasanya menimbulkan kerak. Selain mobil menjadi tidak nyaman untuk dikendarai, busi mobil yang bermasalah juga akan mempercepat matinya busi. Oleh karena itu, busi mobil harus diganti secara rutin paling tidak setiap dua hingga tiga bulan sekali.

1. Periksa Kondisi Busi Mobil

Pemeriksaan kondisi busi mobil adalah satu hal yang tak boleh dilewatkan. Pemeriksaan ini bisa Sahabat lakukan tiap dua hingga tiga bulan sekali. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi terkini dari busi mobil Sahabat. Jika terjadi kerusakan maka penggantian bisa segera dilakukan. Jika kotor maka Sahabat bisa membersihkannya agar proses pembakaran bisa menjadi lebih sempurna.

2. Identifikasi Kondisi Busi Mobil

Setelah memeriksa kondisi busi mobil, maka langkah berikutnya adalah mengidentifikasi kondisi busi. Kondisi busi yang Sahabat identifikasi bisa dibagi menjadi dua kondisi, yakni rusak dan kotor. Saat busi sudah rusak maka penanganan yang paling tepat adalah dengan melakukan penggantian. Sedangkan saat busi hanya kotor maka Sahabat bisa membersihkannya agar bisa digunakan dengan normal lagi.

3. Membersihkan Busi Mobil yang Kotor

Hal pertama yang harus disiapkan untuk membersihkan busi mobil yang kotor adalah menyiapkan bensin untuk merendam busi. Setelah itu, rendamlah busi selama lima hingga sepuluh menit. Hal ini bertujuan untuk meluruhkan kotoran yang ada pada busi. Setelah itu, sikatlah kotoran yang menempel pada busi dengan menggunakan sikat kawat atau sikat gigi. Jika elektroda masih kotor maka bisa dibersihkan lagi dengan menggunakan amplas lalu keringkan dengan kompresor.

4. Pengaturan Jarak Elektroda

Tahap berikutnya yang harus diperhatikan adalah pengaturan jarak elektroda. Jarak elektroda harus diatur dengan tepat agar percikan api yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai jarak elektroda terlalu dekat atau terlalu jauh, hal ini akan memengaruhi proses pembakaran. Jarak ideal bagi elektroda busi adalah 0,6 hingga 0,8 mm. Gunakanlah obeng minus atau besi pipih untuk membantu mengatur jarak elektroda ini.

5. Pasang Kembali Busi Mobil

Langkah terakhir dalam merawat busi adalah dengan memasangnya kembali ke tempat semula. Tips untuk memasang busi yang baik adalah dengan menggunakan tangan secara manual, lalu setelah busi terasa erat dan kencang barulah gunakan kunci busi untuk mengencangkannya. Jangan sampai memasang busi secara tidak kencang karena hal tersebut akan berdampak pada kenyamanan mengemudi Sahabat.

Setelah Sahabat Garasi memahami bagaimana cara merawat busi mobil yang benar, jadi jangan sampai busi mobil Sahabat mengalami kerusakan. Semoga informasi di atas bermanfaat.


Sumber : Garasi.id
profile-picture
afton12345 memberi reputasi
1
Sebagai Pengendara, Kamu Wajib Paham Busi Mobil
18-10-2019 22:29
&list=PL9DRnsvKcPl6Od9EUlJpWIUv4W9vPVGeq
0 0
0
Sebagai Pengendara, Kamu Wajib Paham Busi Mobil
19-10-2019 07:54
ane rajjn ganti busi gan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Sebagai Pengendara, Kamu Wajib Paham Busi Mobil
19-10-2019 10:42
Busi Ga mati ga ganti
0 0
0
Lihat 1 balasan
Sebagai Pengendara, Kamu Wajib Paham Busi Mobil
19-10-2019 13:43
Jgn beli yg kawe
0 0
0
Lihat 1 balasan
Sebagai Pengendara, Kamu Wajib Paham Busi Mobil
19-10-2019 13:46


Quote:Original Posted By petakrumah
ane rajjn ganti busi gan

Sebulan berapa kali
0 0
0
Sebagai Pengendara, Kamu Wajib Paham Busi Mobil
19-10-2019 23:52
noted gan, thanks banget infonya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Sebagai Pengendara, Kamu Wajib Paham Busi Mobil
20-10-2019 19:45
duuuhh ane banget niiihhh.... pengendara yang ga ngerti mesiinnn hahahahahah

ane kalo ada apa apa sama kendaraan ane yaa tinggal telfon bapak dan serahin ke beliau... tapi ane bertekad kok buat belajar mesiinn supaya ga bergantung sama orang lain... makanya ane baca thread ini 😉😉
0 0
0
Lihat 1 balasan
Sebagai Pengendara, Kamu Wajib Paham Busi Mobil
21-10-2019 06:25
ICAN stands for indonesia car rental area network, providing cars for Business and Tourism. Founded in 2008 managed by people who are trusted, experienced and honest.
ICAN CAR RENTAL is an independent company dedicated to making it easy for you to rent a car without problems and without hidden costs. Punctuality, comfort, and guaranteed cleanliness are the foundation of our services

icanrentacar.com is supported by hundreds of car rental owners in several cities in Indonesia with the advantage of cheap car rental but has a professional service standard.

Through ICAN CAR RENTAL, you can choose self-drive, with our driver, tour package or other services available for various car rentals in various cities in Indonesia.
ICAN rental guarantees the availability of rental cars that have been booked. The quality of car rental services is supported by professional and English-speaking drivers who understand the route to where you want to go, drive politely and even the driver can provide recommendations on tourist attractions you need to visit.

The age of the vehicle is not more than 4 years, so a rental car is safe to use.
You can also use the available insurance (full protection) which provides peace of mind in driving
And the car that will be used for your trip is guaranteed to be clean, comfortable and maintained.
Your comfort is our top priority

Reservation is easier through the website. With wide network support in 17 cities in Indonesia, Medan, Jakarta, Aceh, Denpasar, Bali, Padang, Batam, Palembang, Jambi, Pekanbaru, Riau, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Bengkulu, Lombok and Semarang
We are ready to serve your transportation needs.

Thank you for your business and pleasant trip.
Diubah oleh ICANRENTCAR
0 0
0
Sebagai Pengendara, Kamu Wajib Paham Busi Mobil
Lapor Hansip
21-10-2019 10:47
Balasan post blunar
Quote:Original Posted By blunar
duuuhh ane banget niiihhh.... pengendara yang ga ngerti mesiinnn hahahahahah

ane kalo ada apa apa sama kendaraan ane yaa tinggal telfon bapak dan serahin ke beliau... tapi ane bertekad kok buat belajar mesiinn supaya ga bergantung sama orang lain... makanya ane baca thread ini 😉😉


Oke Gan, Jangan lupa ikuti terus thread kita selanjutnya yang lebih bermanfaat ya Gan emoticon-Jempol
0 0
0
Sebagai Pengendara, Kamu Wajib Paham Busi Mobil
Lapor Hansip
21-10-2019 10:48
Balasan post petakrumah
Iya Gan, Rajin service ya Gan, demi kenyamanan mengemudi juga gan emoticon-Jempol
0 0
0
Sebagai Pengendara, Kamu Wajib Paham Busi Mobil
Lapor Hansip
21-10-2019 10:58
Balasan post wolf.majory
Quote:Original Posted By wolf.majory
Busi Ga mati ga ganti


Jangan sampai mati Gan, Disarankan untuk melakukan pergantian busi setelah mobil berjalan sejauh 20.000-60.000 km ya Gan emoticon-Jempol
0 0
0
Sebagai Pengendara, Kamu Wajib Paham Busi Mobil
Lapor Hansip
21-10-2019 11:27
Balasan post fireplace
Quote:Original Posted By fireplace
Jgn beli yg kawe


Setuju deh sama agan
0 0
0
Sebagai Pengendara, Kamu Wajib Paham Busi Mobil
Lapor Hansip
21-10-2019 11:27
Balasan post roeang15
Quote:Original Posted By roeang15
noted gan, thanks banget infonya


Siap gan sama-sama semoga thread nya bermanfaat ya buat agan emoticon-Jempol
0 0
0
Sebagai Pengendara, Kamu Wajib Paham Busi Mobil
26-10-2019 20:24
Quote:Original Posted By officialgarasi
Oke Gan, Jangan lupa ikuti terus thread kita selanjutnya yang lebih bermanfaat ya Gan emoticon-Jempol


hahahahhh iya deehh siaaappp!!! emang @officialgarasi salah satu akun yang kalo buat thread suka ane pantengin dan simak terus informasinyaaa..... karena emang isi threadnya bermanfaat siiihhh emoticon-Shakehand2emoticon-Jempol
0 0
0
Lihat 1 balasan
Sebagai Pengendara, Kamu Wajib Paham Busi Mobil
Lapor Hansip
27-10-2019 11:38
Balasan post blunar
Quote:Original Posted By blunar


hahahahhh iya deehh siaaappp!!! emang @officialgarasi salah satu akun yang kalo buat thread suka ane pantengin dan simak terus informasinyaaa..... karena emang isi threadnya bermanfaat siiihhh emoticon-Shakehand2emoticon-Jempol


Ane juga ikut seneng gan kalo thread yang ada di official garasi ini bermanfaat buat agan-agan semua emoticon-Shakehand2 emoticon-2 Jempol
profile-picture
blunar memberi reputasi
1 0
1
Sebagai Pengendara, Kamu Wajib Paham Busi Mobil
15-11-2019 19:03
busi ane suka sakit klo minum es deh gan hueheheasu
0 0
0
Lihat 1 balasan
Sebagai Pengendara, Kamu Wajib Paham Busi Mobil
Lapor Hansip
18-11-2019 10:58
Balasan post idunk funkeeh
Quote:Original Posted By idunk funkeeh
busi ane suka sakit klo minum es deh gan hueheheasu


Si agan bisa aja emoticon-Big Grin
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia