jamalmrAvatar border
TS
jamalmr
Ketika Semangat Jokowi Tak Lagi Sendiri

Lima tahun lalu, beribu mata menyangsikan kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Mereka ragu, apakah seorang Joko Widodo bisa menuntaskan masalah di negeri ini. Maklum saja, dia berasal dari kalangan rakyat biasa, tetapi memiliki mimpi besar soal Indonesia.

Hujatan, hinaan, cibiran dan kritik pedas terus menghampirinya. Namun dia terlihat seolah tak peduli. Jokowi tetap bekerja.

Hasilnya ternyata cukup mengejutkan. Lima tahun ini kita menyaksikan parade pembangunan yang masif dan pesat di seluruh Indonesia.

Infrastruktur dibangun menyeluruh, tanpa memandang Jawa dan luar Jawa. Keadilan dan pemerataan pembangunan menjadi fokus utama yang dihadirkan setelah lama absen.

Hal itu tentu bukan tanpa resiko, Jokowi seolah tanpa henti dihina dan dikritik. Bahkan hampir setiap hari.

Kita ingat, seorang Fadli Zon dulu pernah mengkritik bahwa pembangunan infrastruktur itu tidak penting bagi rakyat. Katanya, rakyat tidak makan jalan toll.

Pun demikian dengan kritikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang pernah menyebut arah pembangunan Jokowi salah. Katanya, program 'Revolusi Mental' Jokowi semakin tidak terdengar karena dikalahkan oleh deru pembangunan jalan tol dan jembatan.

Meski dikiritk kanan-kiri, Jokowi tetap bekerja. Itulah ciri dari pemimpin sejati. Rakyat pun juga tidak buta. Mereka bisa melihat dan mendengar mana pemimpin yang layak dipilih lagi.

Dengan segala upaya negatif tersebut ternyata terbukti tidak mampu menggerus elektabilitas Presiden Jokowi pada Pemilu 2019.

Hal ini karena mayoritas rakyat menganggap hal tersebut bukanlah kritik yang berdasarkan fakta dan logis, sehingga kembali memberi mandat kepada Presiden Jokowi.

Kemenangan Jokowi dalam pilpres 2019 akhirnya menyadarkan kelompok oposisi yang selama ini hanya mampu mengdiskreditkan kinerja kabinet Jokowi-JK tanpa masukan yang berarti.

Semangat pembangunan infratruktur, reformasi birokrasi, peningkatan kesejahteraan rakyat dan perlawanan terhadap kebangkitan radikalisme di Indonesia kini didukung penuh oleh oposisi. Mereka yang dulu beroposisi, kini turut mendukung pemerintahan Jokowi.

Sosok Presiden Jokowi terbukti mampu mempersatukan dan menyadarkan pihak-pihak yang selama ini berseberangan dengan semangat pembangunan yang digencarkannya.

Sekarang tak perlu kita pikirkan lagi ucapan para oposan di masa lalu. Toh itu ternyata terbukti tidak benar saat ini. Kini saatnya kita bergandengan tangan untuk membangun Indonesia.

Kecuali kepada pihak-pihak radikal, yang memang ingin negara ini hancur. Tak ada kata sepakat bagi mereka.

Semangat Jokowi untuk terus membangun Indonesia harus tetap dijaga hingga 1000 tahun lagi sekaligus menyongsong momentum Indonesia Emas tahun 2045.
Mr.Zham
Daniswara92
Daniswara92 dan Mr.Zham memberi reputasi
2
1.6K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.