balonkempes
TS
balonkempes
43% bumil stop bayar iuran bpjs setelah melahirkan
Jakarta - Studi data administrasi dari tahun 2016-2018 oleh BPJS Kesehatanmenemukan banyak peserta ibu hamil(bumil) yang hanya mendaftar sesaat sebelum persalinan dan setelah itu setop bayar iuran. Hal ini disebut menyebabkan BPJS Kesehatan rugi sampai Rp 206.890.964.784.

Deputi Direksi Bidang Riset dan Pengembangan BPJS Kesehatan, Citra Jaya, menjelaskan lebih detail bahwa sekitar 64,7 persen ibu hamil baru mendaftar peserta BPJS Kesehatan satu bulan sebelum melahirkan. Dari 219.466 peserta bukan penerima upah (PBPU), ada 150.080 peserta atau sekitar 68 persen yang menjalani persalinan normal dan sesar di rumah sakit menunggak iuran.

"Mayoritas mendaftar satu bulan menjelang persalinan. Pascapersalinan ternyata 43 persen langsung berhenti membayar iuran," ujar Citra saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, dan ditulis Sabtu (19/10/2019).

Baca juga: 43 Persen Ibu Hamil Berhenti Bayar Iuran BPJS Kesehatan Usai Melahirkan


Menanggapi hal ini ada beberapa solusi yang menurut Citra bisa dipertimbangkan berkaca dari pengalaman negara lain. Salah satunya adalah menerapkan periode tunggu sampai enam bulan dari saat pertama kali mendaftar.

"Ada yang menetapkan waiting period, masyarakat diberi waktu tertentu sebelum mendapatkan biaya persalinan. Kalau belum 6 bulan engga boleh dapat pembiayaan," ungkap Citra.

"Ada kebijakan yang bisa diadopsi. Waktu tunggu, pembiayaan di muka, atau urun biaya," lanjutnya.

Studi melihat ketidakpatuhan membayar iuran usai bersalin bisa karena faktor ketidakmampuan peserta dalam membayar iuran atau ketidaktahuan bagaimana metode pembayaran iuran tersebut. Selain itu bisa juga karena memang pembayaran iuran BPJS Kesehatan tidak dimasukkan ke dalam prioritas utama belanja keluarga.

"Yang lain JKN itu prioritasnya sekian lah, bukan yang utama," pungkas Citra.

https://m.detik.com/health/berita-de...rom=wpm_nhl_10

Bingung gw mau komen apa lagi...

Kasihan gw sama pekerja kantoran yg setiap bulan "terpaksa" bayar iuran bpjs karna dipotong langsung oleh kantor. Uang iuran mereka dipakai untuk subsidi lahiran kadrun kadrun betina sialan parasit negara....

Saran gw untuk pemerintah, sebaiknya nama, foto, dan alamat kadrun kadrun ini di publish saja..... agar ada hukuman sosial

emoticon-shakehand
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 37 suara
Hukuman apakah yg pantas untuk bumil penunggak iuran?
Blacklist dari semua RS dan puskesmas agar tidak bisa imunisasi
24%
Keluarkan mereka dari keanggotaan bpjs seumur hidup
38%
Publish nama, foto, alamat mereka
11%
Tangkap, operasi ulang, tuh bayi dimasukin lagi ke perutnya
16%
Doain aja biar kena azab
11%
amikurniaterranova345tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
3.1K
63
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.