alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
64
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5daa9799af7e936d400cc8b0/43-bumil-stop-bayar-iuran-bpjs-setelah-melahirkan
Jakarta - Studi data administrasi dari tahun 2016-2018 oleh BPJS Kesehatanmenemukan banyak peserta ibu hamil(bumil) yang hanya mendaftar sesaat sebelum persalinan dan setelah itu setop bayar iuran. Hal ini disebut menyebabkan BPJS Kesehatan rugi sampai Rp 206.890.964.784. Deputi Direksi Bidang Riset dan Pengembangan BPJS Kesehatan, Citra Jaya, menjelaskan lebih detail bahwa sekitar 64,7 persen
Lapor Hansip
19-10-2019 11:56

43% bumil stop bayar iuran bpjs setelah melahirkan

Jakarta - Studi data administrasi dari tahun 2016-2018 oleh BPJS Kesehatanmenemukan banyak peserta ibu hamil(bumil) yang hanya mendaftar sesaat sebelum persalinan dan setelah itu setop bayar iuran. Hal ini disebut menyebabkan BPJS Kesehatan rugi sampai Rp 206.890.964.784.

Deputi Direksi Bidang Riset dan Pengembangan BPJS Kesehatan, Citra Jaya, menjelaskan lebih detail bahwa sekitar 64,7 persen ibu hamil baru mendaftar peserta BPJS Kesehatan satu bulan sebelum melahirkan. Dari 219.466 peserta bukan penerima upah (PBPU), ada 150.080 peserta atau sekitar 68 persen yang menjalani persalinan normal dan sesar di rumah sakit menunggak iuran.

"Mayoritas mendaftar satu bulan menjelang persalinan. Pascapersalinan ternyata 43 persen langsung berhenti membayar iuran," ujar Citra saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, dan ditulis Sabtu (19/10/2019).

Baca juga: 43 Persen Ibu Hamil Berhenti Bayar Iuran BPJS Kesehatan Usai Melahirkan


Menanggapi hal ini ada beberapa solusi yang menurut Citra bisa dipertimbangkan berkaca dari pengalaman negara lain. Salah satunya adalah menerapkan periode tunggu sampai enam bulan dari saat pertama kali mendaftar.

"Ada yang menetapkan waiting period, masyarakat diberi waktu tertentu sebelum mendapatkan biaya persalinan. Kalau belum 6 bulan engga boleh dapat pembiayaan," ungkap Citra.

"Ada kebijakan yang bisa diadopsi. Waktu tunggu, pembiayaan di muka, atau urun biaya," lanjutnya.

Studi melihat ketidakpatuhan membayar iuran usai bersalin bisa karena faktor ketidakmampuan peserta dalam membayar iuran atau ketidaktahuan bagaimana metode pembayaran iuran tersebut. Selain itu bisa juga karena memang pembayaran iuran BPJS Kesehatan tidak dimasukkan ke dalam prioritas utama belanja keluarga.

"Yang lain JKN itu prioritasnya sekian lah, bukan yang utama," pungkas Citra.

https://m.detik.com/health/berita-de...rom=wpm_nhl_10

Bingung gw mau komen apa lagi...

Kasihan gw sama pekerja kantoran yg setiap bulan "terpaksa" bayar iuran bpjs karna dipotong langsung oleh kantor. Uang iuran mereka dipakai untuk subsidi lahiran kadrun kadrun betina sialan parasit negara....

Saran gw untuk pemerintah, sebaiknya nama, foto, dan alamat kadrun kadrun ini di publish saja..... agar ada hukuman sosial

emoticon-shakehand
Polling

Poll ini sudah ditutup - 37 Suara

Hukuman apakah yg pantas untuk bumil penunggak iuran? 
24.32%
Blacklist dari semua RS dan puskesmas agar tidak bisa imunisasi
37.84%
Keluarkan mereka dari keanggotaan bpjs seumur hidup
10.81%
Publish nama, foto, alamat mereka
16.22%
Tangkap, operasi ulang, tuh bayi dimasukin lagi ke perutnya
10.81%
Doain aja biar kena azab
profile-picture
profile-picture
profile-picture
terranova345 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 4
43% bumil stop bayar iuran bpjs setelah melahirkan
19-10-2019 14:53
Quote:Original Posted By asher001
Mana ada hamil ditanggung asuransi, emang itu masuk penyakit ya...


Kalo d tempat gw sih sejak kehamilan, kelahiran/keguguran d cover.. emoticon-Malu (S)

Istilah HRD pas nego ma pihak asuransinya sih kehamilan itu masuk kategori "penyakit yang d inginkan".. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
43% bumil stop bayar iuran bpjs setelah melahirkan
19-10-2019 15:05
Ya beginilah nasib hidup dinegara miskin yg tdk teratur
0 0
0
43% bumil stop bayar iuran bpjs setelah melahirkan
19-10-2019 15:50
keparat emang tiap bulan gw bayar cmn buat subsidi benalu2 ginian
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
43% bumil stop bayar iuran bpjs setelah melahirkan
19-10-2019 15:52
Kadrun gak lakik gak cewek nyusahin negara melulu.Lakiknya kang demo ditempat kerja jadi pegawai paling males yang cewek hobinya nyinyirin pemerintah lewat gosip tetangga dan sosmed.Giliran lagi butuh mewek tapi kewajiban gak dijalanin dikasih tahu baik-baik ngelunjak.Entah dosa apa nih negara sampai ada rakyat harus hidup berdampingan dengan golongan kadrun tak bergunaemoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
43% bumil stop bayar iuran bpjs setelah melahirkan
19-10-2019 17:25
hmm jadi naik ya ini
0 0
0
43% bumil stop bayar iuran bpjs setelah melahirkan
19-10-2019 17:30
43% bumil stop bayar iuran bpjs setelah melahirkan

Mw ikutan polling isinya beginian. Mungkin sebelum bikin polling TS mesti digebukin massa biar masuk RS dan ngerasain cara klaim BPJS.

EMAK mertua ane didiagnosa sakit maag di puskesmas sebelum akhirnya dokter kandungan menyatakan beliau kena kista dan harus dioperasi.

Perlu anda ketahui, rujukan puskesmas diperlukan sebelum pasien BPJS berobat ke rs. Itupun antri dari jam 6 pagi.
0 0
0
Lihat 1 balasan
43% bumil stop bayar iuran bpjs setelah melahirkan
Lapor Hansip
19-10-2019 17:42
Balasan post banghindar
Quote:Original Posted By banghindar
43% bumil stop bayar iuran bpjs setelah melahirkan

Mw ikutan polling isinya beginian. Mungkin sebelum bikin polling TS mesti digebukin massa biar masuk RS dan ngerasain cara klaim BPJS.

EMAK mertua ane didiagnosa sakit maag di puskesmas sebelum akhirnya dokter kandungan menyatakan beliau kena kista dan harus dioperasi.

Perlu anda ketahui, rujukan puskesmas diperlukan sebelum pasien BPJS berobat ke rs. Itupun antri dari jam 6 pagi.


Ente ga baca ya kalau trit ini soal hamil.

Hamil bukan penyakit. Kista itu penyakit
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
43% bumil stop bayar iuran bpjs setelah melahirkan
19-10-2019 17:43
Quote:Original Posted By curvyasian
Ente ga baca ya kalau trit ini soal hamil.

Hamil bukan penyakit. Kista itu penyakit


Elo ngomongin BPJS tp blm pernah pakek BPJS
0 0
0
Lihat 1 balasan
43% bumil stop bayar iuran bpjs setelah melahirkan
19-10-2019 17:47
Amanat UUD .... orang miskin memang diurus ama negara


Yg lucu, naiknya mobil mewah tapi kena flu ampe cuci darah maunya pake BPJS ..... biasa lah kaum2 ruko minim ventilasi yg kaya nanggung


profile-picture
banghindar memberi reputasi
1 0
1
43% bumil stop bayar iuran bpjs setelah melahirkan
19-10-2019 17:48
Quote:Original Posted By balonkempes
Akibat kena ceramah sesat. Katanya byk anak byk rejeki....

Asal ngenthod, pas uda tekdung bingung kok dompet masih kurus kering.... bayar iuran 1 kali trus kabur


karma is real.... tunggu aja sampe kena azab yg pait ngoahahahahahahahaha


Azab bwt elo yg udah fitnah ttg ceramah. Yg benar tuh tiap anak yg lahir rejeki udah ditetapkan.
0 0
0
43% bumil stop bayar iuran bpjs setelah melahirkan
19-10-2019 17:49
Quote:Original Posted By Newbie2010
Amanat UUD .... orang miskin memang diurus ama negara


Yg lucu, naiknya mobil mewah tapi kena flu ampe cuci darah maunya pake BPJS ..... biasa lah kaum2 ruko minim ventilasi yg kaya nanggung


Ya betul itu fakta gan.
0 0
0
Lihat 1 balasan
43% bumil stop bayar iuran bpjs setelah melahirkan
19-10-2019 17:50
Jadi selama ini gaji ane dipotong buat biaya melahirkan kadrun betina lucknut peminum kencing onta?
profile-picture
profile-picture
balonkempes dan galuhsuda memberi reputasi
2 0
2
43% bumil stop bayar iuran bpjs setelah melahirkan
Lapor Hansip
19-10-2019 17:56
Balasan post banghindar
Quote:Original Posted By banghindar


Elo ngomongin BPJS tp blm pernah pakek BPJS


Sok tau banget lu emoticon-Ngakak

Lu ngantri dr jam 6 udah mewek?? Gua ngantriin buat kakek gua di rsud ciawi tiap minggu itu standby habis sholat subuh.

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
1 0
1
43% bumil stop bayar iuran bpjs setelah melahirkan
Lapor Hansip
19-10-2019 17:58
Balasan post banghindar
Quote:Original Posted By banghindar


Ya betul itu fakta gan.


Gw kenal salah satu sodara kita yg turunan menlen, dia naik camry baru dgn emas berlian di tangan..... dulu pasang ring jantung pake bpjs

Dgn bangga dia bilang ini lah gunanya milih koh wiwi

Pasang ring jantung yg mahal itu dgn biaya murah

Dgn bangga nya dia cerita teman2 sesama ras dia juga merasakan "manfaat" bpjs..... yaitu dibayarin patungan ama freebumi utk jaminan kesehatan mereka

emoticon-Ngakak
0 0
0
43% bumil stop bayar iuran bpjs setelah melahirkan
19-10-2019 18:37
Quote:Original Posted By lanank.jagad
Kemana duitnya kalau 4 atau lebih anggota keluarga bayar iuran tapi nggak pernah menggunakan layanan bpjs selama puluhan tahun?
Kemana duitnya kalau peserta BPJS rajin bayar iuran meninggal?


Itu pemikiran egois
0 0
0
43% bumil stop bayar iuran bpjs setelah melahirkan
19-10-2019 18:38
wtf trit bahas keboborokan program pemerintah komennya malah hate speech semua
0 0
0
43% bumil stop bayar iuran bpjs setelah melahirkan
19-10-2019 18:40
Quote:Original Posted By Newbie2010
Amanat UUD .... orang miskin memang diurus ama negara


Yg lucu, naiknya mobil mewah tapi kena flu ampe cuci darah maunya pake BPJS ..... biasa lah kaum2 ruko minim ventilasi yg kaya nanggung


Trus suruh pake asuransi aja gitu ya mereka?

Biar Makin dikit yg bayar iuran BPJS

G E N I U S
0 0
0
Lihat 4 balasan
43% bumil stop bayar iuran bpjs setelah melahirkan
19-10-2019 18:42
melahirkan terus stop bayar,sukses operasi jantung terus stop bayar iuran,giliran bpjs nya ditolak RS pada mencak mencak...inilah negeri dongeng
0 0
0
43% bumil stop bayar iuran bpjs setelah melahirkan
19-10-2019 18:47
udah gitu, satu kadrun betina bisa beranak sampai 4 kali pulak
0 0
0
43% bumil stop bayar iuran bpjs setelah melahirkan
19-10-2019 18:51
Quote:Original Posted By lanank.jagad
Kemana duitnya kalau 4 atau lebih anggota keluarga bayar iuran tapi nggak pernah menggunakan layanan bpjs selama puluhan tahun?
Kemana duitnya kalau peserta BPJS rajin bayar iuran meninggal?


ke bursa saham.
tekor 1T.

duit orang kok dijadikan mainan.
emoticon-Ngakak
Diubah oleh then.must.koui
0 0
0
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia