• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Intip Serunya Tradisi Unik Halloween di 4 Negara Asia Ini, Jadi Pengen Ikutan, Gan!

mbakendutAvatar border
TS
mbakendut
Intip Serunya Tradisi Unik Halloween di 4 Negara Asia Ini, Jadi Pengen Ikutan, Gan!


Bentar lagi Halloween nih, ada yang mau ikutan nggak? Setidaknya buat seru-seruan gitu. Kayaknya keren kalau kita lomba-lomba pakai kostum seram dan makan labu😆. Namun, sebelum jauh-jauh bahas topik utama, mari kita cek dulu apa itu Halloween.

Quote:



Nah, Halloween memang merupakan festival yang tak asing bagi orang Barat.
Lantas, bagaimana dengan orang Timur? Nyatanya, akibat arus globalisasi, maka orang Timur (Asia) terbuka dan turut merayakan Halloween berdasarkan budaya masing-masing.

Berikut beberapa potret keseruan Halloween di beberapa Negara Asia versi ane, Gan!


1. Jepang


Jepang merupakan salah satu negara di Asia yang sangat antusias merayakan Halloween. Uniknya, Jepang tertarik merayakannya dengan kostum-kostum lucu ala cosplay, dekorasi, dan permen.

Tempat perayaan Halloween terpopuler di Negeri Matahari Terbit adalah di Disneyland Tokyo dan Universal Studio Jepang. Tahun 2018 yang lalu, di Universal Studio tercatat beberapa wahana berbau Halloween yang sediakan, yakni Halloween Otana dan Halloween Horror Nights yang terdiri dari rumah-rumah hantu dengan menampilkan karya klasik seperti Sadako dan Chucky.

Jepang juga punya perayaan Halloween tradisional yang dinamakan "Festival Obon" loh. Pada hari tersebut, masyarakat Jepang menyiapkan makanan dan manisan untuk para roh leluhur mereka untuk kembali bersama keluarga. Lalu, pada sesi terakhir menghanyutkan lentera ke sungai untuk mengantar kembali leluhur ke alam baka.

Meskipun begitu, rupanya tidak ada tradisi "Trick or Treat" di sana karena dianggap menganggu orang lain. Ya, tau sendirilah orang Jepang kayak gimana. Intinya, meski dirayakan tetap caranya menyesuaikan dengan tradisi Jepang. Mantap, kan?


2. Hongkong


Hongkong juga punya perayaan Halloween yang disebut "Yue Lan" (Festival Hantu Lapar) loh. Pada hari perayaan, masyarakat Hongkong selama 24 jam akan membakar gambar buah ataupun uang. Hal tersebut dilakukan agar para roh tidak menganggu ketentraman warga Hongkong. Selain itu, masyarakat Hongkong juga tetap mengenakan kostum seram dan unik serta parade keliling kota.

Hampir mirip dengan Jepang, negara yang melahirkan banyak aktor kungfu berbakat ini juga merayakan Halloween di wahana bermain terbesar mereka, yakni Disneyland Hongkong dan Ocean Park . Wow! Mendengarnya aja udah auto kepikiran pengen liburan ke Hongkong sekarang juga😆.


3. Korea Selatan


Negeri Ginseng juga punya perayaan Halloween yang disebut "Festival Chuseok". Festival ini diselenggarakan dalam rangka mengingat jasa para leluhur serta sebagai simbol ucapan terima kasih dengan cara mengunjungi makam para leluhur. Setelah itu, festival diakhiri dengan jamuan makan malam dan pertunjukan tarian tradisional khas Korea Selatan.

Selain itu, perayaan Halloween di sana juga dapat dirasakan keseruannya di pusat hiburan, bermain, dan belanja seperti Lotte World dan Everland. Biasanya, them park tersebut mengadakan acara selama sebulan Halloween, yakni Oktober-November.

Nah, tertarik untuk rayain Halloween di Korea Selatan? Ya, siapatahu beruntung bisa ngerayain bareng Idol favoritmu😆.


4. China


China juga punya tradisi Halloween bernama "Theng Chieh" yang dimaksudkan untuk menghormati orang yang sudah meninggal. Masyarakat China biasanya akan mengunjungi makam kerabat dengan membawa makanan dan bunga yang ditaruh di atas makam mereka. Setelah itu, festival makin seru dengan pembakaran lentera yang diterbangkan ke udara. Tujuannya agar roh-roh yang berkeliaran bisa kembali ke surga.

Selain itu, tentu saja juga bakal ada tradisi kostum-kostum seram nan unik yang bisa ditemukan di kota-kota besar China.



Nah, itulah tadi empat Negara di Asia yang punya tradisi unik dalam merayakan Halloween. Semoga dapat menambah wawasan kita semua ya, Agan dan Sista!


Referensi: 1, 2, 3, 4, 5

Sumber Gambar: 1, 2, 3, 4, 5
,


Diubah oleh mbakendut 11-10-2019 22:50
4iinch
ceuhetty
sebelahblog
sebelahblog dan 16 lainnya memberi reputasi
17
2.3K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread•82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.