News
Batal
KATEGORI
link has been copied
166
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da9c704349d0f58b575dc4b/ump-dki-naik-jadi-rp-42-juta-buruh-tolak-mentah-mentah
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2020 naik 8,51% untuk rata-rata nasional. Namun, kenaikan ini ditolak kalangan buruh. Dengan angka kenaikan tersebut, maka UMP seperti DKI Jakarta naik dari Rp 3,9 juta di 2019, jadi Rp 4,2 juta pada 2020, dan ini berlaku bagi provinsi lainnya kecuali 7 provinsi yang UMP-nya masih di baw
Lapor Hansip
18-10-2019 21:07

UMP DKI Naik Jadi Rp 4,2 Juta, Buruh Tolak Mentah-Mentah

UMP DKI Naik Jadi Rp 4,2 Juta, Buruh Tolak Mentah-Mentah

Quote:Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2020 naik 8,51% untuk rata-rata nasional. Namun, kenaikan ini ditolak kalangan buruh.

Dengan angka kenaikan tersebut, maka UMP seperti DKI Jakarta naik dari Rp 3,9 juta di 2019, jadi Rp 4,2 juta pada 2020, dan ini berlaku bagi provinsi lainnya kecuali 7 provinsi yang UMP-nya masih di bawah Kebutuhan Hidup Layak (KHL).

Penetapan upah dihitung dengan mengacu pada PP 78/2015 tentang pengupahan. Tingkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional masuk dalam formula penghitungan.


Hal inilah yang dipersoalkan kalangan buruh. Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, pihaknya menuntut revisi PP 78/2015 terutama pasal tentang formula kenaikan upah.


"Buruh menolak kenaikan upah minimum sebesar 8% (8,51%)," kata Iqbal kepada CNBC Indonesia, Jumat (18/10/2019).


Tuntutan revisi PP 78/2015 sudah berkali-kali digaungkan kalangan buruh dalam pelbagai kesempatan, terutama dalam pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor beberapa waktu lalu.

KSPI juga menyoroti nilai Kebutuhan Hidup Layak (KHL), terutama soal komponen-komponen yang harus diperhitungkan terjadi perbedaan. Sedangkan pemerintah, tak ambil pusing, soal proses pembentukan KHL.

Pemerintah menegaskan bahwa sesuai pasal 63 PP Nomor 78 tahun 2015, disebutkan, daerah yang upah minimum (UMP/UMK) pada 2015 masih di bawah Nilai KHL wajib menaikkan upah minimum sama dengan nilai KHL paling lambat pada 1 November 2019.

"Rencana KHL yang baru sudah di sepakati dewan pengupahan nasional adalah KHL 78 item, sedangkan KSPI menghitung KHL baru adalah 84 item," kata Iqbal.

Adapun besaran kenaikan UMP 2020 sebesar 8,51% telah diumumkan Menteri Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri.

Dalam surat edaran tertanggal 15 Oktober 2019, Hanif Dhakiri menjelaskan bahwa inflasi nasional tercatat 3,39% dan pertumbuhan ekonomi nasional 5,12%, yang kemudian diakumulasi jadi besaran kenaikan UMP 2020.

"Dengan demikian, kenaikan UMP dan atau UMK 2020 berdasarkan inflasi nasional dan pertumbuhan ekonomi nasional yaitu 8,51%," jelas Hanif dalam surat edaran dikutip CNBC Indonesia, Kamis (17/10/2019). (hoi/hoi)


https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-mentah-mentah

8.51% pun ditolak? 8.51% saja pengusaha berat. Mau lebih tinggi dari itu ya tidak sanggup.
Diubah oleh juraganind0
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Justika1118 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 9
UMP DKI Naik Jadi Rp 4,2 Juta, Buruh Tolak Mentah-Mentah
19-10-2019 09:59
wkwk gebleg malah ditolak mau dinaikin emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
UMP DKI Naik Jadi Rp 4,2 Juta, Buruh Tolak Mentah-Mentah
19-10-2019 10:05
mantap..jangan nanggung2 naiknya..
emoticon-Big Grin
0 0
0
UMP DKI Naik Jadi Rp 4,2 Juta, Buruh Tolak Mentah-Mentah
19-10-2019 10:21
Yah... gaji Aye makin kecil aj dong...
Gak bisa!! Gaji Aye juga harus naekemoticon-Mad
Bagus nih kali2 gaji bisa jadi kepala 2xemoticon-Embarrassment
0 0
0
UMP DKI Naik Jadi Rp 4,2 Juta, Buruh Tolak Mentah-Mentah
19-10-2019 10:28
Nasib pekerja kantoran dengan gaji umr kaya aneemoticon-Nohope
Bersyukur ajalah yang penting kerja nyaman mau cari yang laen juga susahemoticon-Nohope
Itu udah alhamdulilah buat tambahan susu anakemoticon-Frown
0 0
0
UMP DKI Naik Jadi Rp 4,2 Juta, Buruh Tolak Mentah-Mentah
19-10-2019 10:30
Kalau gak terima digaji segitu carilah perusahaan yang mau bayar lebih tinggi kalau perlu resign dulu supaya bisa fokus nyari perusahaan yang bisa gaji sesuai yang dipinginin.
0 0
0
UMP DKI Naik Jadi Rp 4,2 Juta, Buruh Tolak Mentah-Mentah
19-10-2019 10:31
kurang itu klo 4,2jt emoticon-Marah lom taw buruh ente yak
ndak ada buruh enteh pakek robot, jadi buruh nanti nya akan di kesampingkan, oleh karena itu klo UMP ndak 8jt ke atas. bisak rugik. emoticon-Blue Guy Bata (L), mumpung enteh2 juragan lom mampu belik robot, enteh2 jg gak bakal mampu belik buruh, hidup buruh emoticon-Belgia
0 0
0
UMP DKI Naik Jadi Rp 4,2 Juta, Buruh Tolak Mentah-Mentah
19-10-2019 10:35
Gile 4.2. Bocah FG baru msk aje msh dksh 3 jt emoticon-Leh Uga
0 0
0
UMP DKI Naik Jadi Rp 4,2 Juta, Buruh Tolak Mentah-Mentah
19-10-2019 10:35
yaiyalah nolak , 4.2 belom cicilan ninja ninjaan , belom jajan jajan di lokalisasi, belom mabok ,belom beli barang barang branded , belom buat nikah , kirim uang ke ortu , bayar kontrakan. wkwkwkwk emoticon-Ngakak
15 juta noh baru cukup.
0 0
0
UMP DKI Naik Jadi Rp 4,2 Juta, Buruh Tolak Mentah-Mentah
19-10-2019 10:55
Quote:Original Posted By filusufkacang
Kenapa nggak? Lo kate duit perusahaan keluar dari burid buruhnya ape? emoticon-Cape deeehh

Kerja aja yg bener monyonk.. Jangan nuntut gaji mulu..

Mau sejahtera, ya buka usaha.. Jangan jadi buruh..

Masih banyak orang lain yang penghasilan di bawah itu.. Asal pinter manajemen uang, bisa punya rumah.. emoticon-Cape deeehh

Ini makan mau enak, gaji mau gede.. Kerja ogah2an, dikit2 demo.. emoticon-Cape deeehh


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak betul bro...gue kasih tau aja saudara gue orang medis...mereka kadang manfaatkan surat istirahat dari medis...langsung di usir sama saudara gue kalo nggak ada indikasi medis buat istirahat, beberapa berani keluar duit buat beli surat sakit di suruh minggat jauh jauh...dibilangin " dapet duit dari lu nggak seberapa hancur reputasi "...habis gajian biasanya pola minta surat ijinnya...klo 6 hari kerja ya hari ke 5 pada nyari tuh biar hari sabtu dah libur karena " ijin sakit " mayankan sabtu minggu libur buat yg 6 hari kerja, yg 5 hari kerja malah 3 hari libur jumat sabtu minggu emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
0 0
0
UMP DKI Naik Jadi Rp 4,2 Juta, Buruh Tolak Mentah-Mentah
19-10-2019 10:56
Gaji naik harga kebutuhan pun ikut naik, jadi apa gunanya?
Pemerintah tugasnya memastikan harga2 kebutuhan pokok stabil bukan gali lobang tutup lobang.
0 0
0
UMP DKI Naik Jadi Rp 4,2 Juta, Buruh Tolak Mentah-Mentah
19-10-2019 10:59
Kurang ya
0 0
0
UMP DKI Naik Jadi Rp 4,2 Juta, Buruh Tolak Mentah-Mentah
19-10-2019 11:05
Quote:Original Posted By ruuuruuu
Gile 4.2. Bocah FG baru msk aje msh dksh 3 jt emoticon-Leh Uga


3 jeti saja masih percobaan 1 tahun ya bro...setahun lolos baru ikut tes penerimaan pegawai...lolos alhamdullilah nggak lolos ya nggak tau emoticon-Cape d... ... kayak anak gue aja ngomel ngomel emoticon-Cape d... banyak duit tapi bukan duit sendiri emoticon-Ngakak ... daripada ngomel gue kasih duit aja...terserah lu, buat usaha bisa beranak pinak, buat foya" nggak sampe setahun pasti ludes ... untung 2 2 nya jalan
0 0
0
UMP DKI Naik Jadi Rp 4,2 Juta, Buruh Tolak Mentah-Mentah
19-10-2019 11:06
Waduh. Sombong nya...

Phk massal lagi baru tahu rasa
0 0
0
UMP DKI Naik Jadi Rp 4,2 Juta, Buruh Tolak Mentah-Mentah
19-10-2019 11:12
disini gaji sarjana masih ada yg dibawah 3jt. dsana suami istri jadi buruh pun udah ngantongin 8jt per bulan. bukan biaya hidup dsana yg mahal tapi gaya hidupnya yg mahal emoticon-Marah
0 0
0
UMP DKI Naik Jadi Rp 4,2 Juta, Buruh Tolak Mentah-Mentah
19-10-2019 11:15
Kl bisa ga usah naiklah, nnt makin banyak investor yg kluar dr indo gara2 umr di indo trlalu tinggi. Ujung2ny nnt pada jadi pengangguran gara2 banyak phk massal.
profile-picture
matthysse76 memberi reputasi
1 0
1
UMP DKI Naik Jadi Rp 4,2 Juta, Buruh Tolak Mentah-Mentah
19-10-2019 11:30
Loe jadi buruh mo hidup nya berkecukupan..
Mana bisa, di luar negri juga sama..
Mana ada buruh bisa lebih sejahtera dari pegawai..
0 0
0
UMP DKI Naik Jadi Rp 4,2 Juta, Buruh Tolak Mentah-Mentah
19-10-2019 11:58
Quote:Original Posted By juraganind0
UMP DKI Naik Jadi Rp 4,2 Juta, Buruh Tolak Mentah-Mentah



https://www.cnbcindonesia.com/news/2...-mentah-mentah

8.51% pun ditolak? 8.51% saja pengusaha berat. Mau lebih tinggi dari itu ya tidak sanggup.


bukan berat... 8.51% itu minimum loh.. minimum.. mereka mintanya maximum...
nego gaji lah bahasanya emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
0 0
0
UMP DKI Naik Jadi Rp 4,2 Juta, Buruh Tolak Mentah-Mentah
19-10-2019 12:08
dpt info dri temen accounting salah satu perusahaan x, pengeluaran total buat gaji cuma 12,5 - 15% dari laba bersih, g tau dia ngibul atau benetan. #utamakan prediksi sendiri
0 0
0
UMP DKI Naik Jadi Rp 4,2 Juta, Buruh Tolak Mentah-Mentah
19-10-2019 12:48
Kalau duit segitu memang berat hidup di jakarta. Apalagi ada kredit ninja.
0 0
0
UMP DKI Naik Jadi Rp 4,2 Juta, Buruh Tolak Mentah-Mentah
19-10-2019 12:50
Quote:Original Posted By tegar15
dpt info dri temen accounting salah satu perusahaan x, pengeluaran total buat gaji cuma 12,5 - 15% dari laba bersih, g tau dia ngibul atau benetan. #utamakan prediksi sendiri


yes memang gitu, tapi ga diitung kan, biaya produksi, bahan baku dll...
belum lagi pajak penghasilan, retribusi dll, gabisa diitung seperti itu, karena dalam dunia usaha itu kompleks bgt, apalagi kalo perusahaan besar
0 0
0
Halaman 7 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia