• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Inikah Misteri Yasuke Samurai Hitam, Prajurit Nobunaga dari Klan Oda yang Melegenda?

bekticahyopurnoAvatar border
TS
bekticahyopurno
Inikah Misteri Yasuke Samurai Hitam, Prajurit Nobunaga dari Klan Oda yang Melegenda?
Dunia Samurai dan Shinobi



Apa yang terlintas di pikiran tentang seorang Samurai? Adalah tentu dari negeri sakura, lantas bagaimana jadinya jika ternyata ada seorang samurai yang bukan asli penduduk jepang?

Ya demikian dengan salah satu tokoh Samurai Hitam fenomenal yang melegenda satu ini.

Quote:


Mengulas tentang negeri sakura memang tidak ada habisnya, mulai dari tempat wisata, anime, budaya, sejarah dan juga misteri yang melegenda.

Sulit disangkal, jepang sedikit banyak meninggalkan banyak hal yang membuat titik balik sejarah Indonesia berubah. Walaupun hanya "seumur jagung" namun mampu ikut serta mengusir Belanda dan juga mempora-porandakan negeri ini.

Akan tetapi, kali ini bukan mengulas sejarah tersebut melainkan tentang Samurai Hitam yang sudah 500 tahun, legendanya masih sangat hidup. Siapakah dia?



Adalah Yasuke seorang prajurit Afrika yang mencapai pangkat samurai di bawah pemerintahan Oda Nobunaga, penguasa feodal Jepang yang kuat pada abad keenam belas dan merupakan yang pertama dari tiga pemersatu Jepang.

Sedikit menyinggung Nobunaga dari klan Oda, merupakan sosok besar dalam sejarah Era Shogunate di Jepang.

Demikan sosok Oda Nobunaga juga tidak lepas dari peran 2 orang pengikutnya yang juga menjadi tokoh sentral dalam sejarah Shogunate di Jepang ; yaitu Tokugawa Ieyasu dan Hideyoshi.



Ada desas-desus yang unik dengan Nobunaga karena ia merupakan seorang perempuan yang dari kecil disembunyikan identitasnya dan menyamar menjadi laki-laki hingga dewasa dan memimpin klan Oda. Bahkan sampai meninggal dan tercatat sejarah. Itulah kenapa Nobunaga menjadi misteri yang melegenda.

Bukan hanya itu, Nobunaga juga dikenal sebagai pemimpin yang kejam, bahkan tega membantai keluargannya sendiri. Sungguhpun demikian tirani, ia menjadi sosok pemersatu jepang yang melegenda. Menjadi titik awal masuknya peradaban barat di jepang.

Kembali ke Yasuke, pertama kali tiba di Jepang pada tahun 1581 dianggap dewa oleh masyarakat Kyoto, Ibu Negara Jepang. Pasalnya sebagian besar penduduk belum pernah melihat orang Afrika, berkulit gelap dan tinggi 188 sentimeter sebelumnya. Tentu menyebabkan sensasi unik pada waktu itu.

Saat tiba di Kyoto bersama misionaris Jesuit, banyak orang mengerumuninya. Seperti yang ditulis Thomas Lockley dalam buku Biografi Tokoh Legendaris African Samurai: The True Story of Yasuke, seorang Prajurit Hitam Legendaris di Feudal Jepang.

Setahun setelah tiba di negara itu, Yasuke fasih berbahasa jepang, bertempur bersama Nobunaga dalam pertempuran dan mengesankan semua orang bersamanya. Tidak mengherankan, mengingat bahwa ketinggian rata-rata seorang pria Jepang pada tahun 1900 adalah 157,9 m, 30 cm lebih sedikit dari yang diukur Yasuke.

Warisannya sebagai samurai Afrika pertama dalam sejarah masih sangat hidup di Jepang hingga sekarang.

Sudah banyak buku anak-anak hingga seri manga berjudul Afro Samurai yang menulis tentang Yasuke. Sejarahnya baru-baru ini muncul kembali karena Olimpiade Tokyo dan sedang ramai dibicarakan.

Kabarnya, kisah tentang Yasuke akan difilmkan, Chadwick Boseman, bintang Black Panther, akan memerankan Yasuke dalam produksi Hollywood.


Asal-usul Yasuke Tidak Jelas



Yasuke menjadi misteri karena tidak ada catatan tentang tanggal atau negara kelahirannya dengan pasti. Sebagian besar sejarawan percaya itu aslinya dari Mozambik, tetapi beberapa telah menyarankan negara lain seperti Ethiopia, Nigeria atau Sudan.

Sedangkan catatan yang ada, bahwa Yasuke tiba di Jepang bersama seorang Yesuit Italia bernama Alessandro Valignano dan yang muncul dalam catatan sejarah hanya antara tahun 1579 dan 1582. Dipercaya bahwa sebagai seorang anak ia dijual sebagai budak dan diperdagangkan ke India, di mana ia menjadi di pengawal Valignano.

Keduanya tiba dengan kapal dengan rombongan mereka di pelabuhan Kuchinotsu di Nagasaki, pulau Kyushu, selatan Jepang, pada tahun 1579. Tujuan perjalanan Valignano, yang telah menghabiskan enam tahun perjalanan dari Roma melalui negara-negara seperti Portugal, Mozambik, India, Malaya dan Makau, akan mengubah ribuan orang Jepang menjadi Kristen.

Ketika mereka tiba di Kyoto untuk bertemu Nobunaga, dia tidak percaya ada orang kulit hitam. Dia bahkan menggosok kulit Yasuke untuk mencoba "membersihkannya." Tetapi begitu yakin bahwa itu nyata, ia segera memerintahkan untuk menyelenggarakan pesta untuk menghormatinya.

Kedua pria itu saling memahami sejak awal, Yasuke menghibur Nobunaga dengan kisah-kisahnya tentang Afrika dan India. Membuatnya terkesan dengan eksploitasi dan kekuatan fisiknya.

Setelah meninggalkan Jepang, Valignano "menawarkan" Yasuke ke Nobunaga. Saat itulah ia menjadi seorang samurai. Yasuke awalnya dilihat sebagai sumber hiburan karena itu adalah hal yang baru, tetapi dalam sebulan dia menjadi samurai yang berharga dan anggota rombongan Nobunaga.


Dari samurai ke Ronin



Yasuke menjadi samurai asing pertama dalam sejarah jepang . Karena itu, ia dianugerahi gaji, pelayan dan pedang jepang berornamen. Sebagai bagian dari lingkaran di dalamnya, samurai Afrika bertarung bersama Nobunaga melawan klan lainnya. Dia juga makan malam bersama kalangan khusus, suatu kehormatan yang hanya diperuntukkan bagi sekelompok orang tertentu.

Kedekatannya dengan Nobunaga membuatnya juga hadir pada malam 1582 ketika salah satu jenderalnya, Akechi Mitsuhide, berbalik melawannya dan membakar istananya.


Nobunaga terjebak di salah satu kamar dan dipaksa bunuh diri dengan ritual seppuku atau harakiri. Legenda mengatakan bahwa, sebelum melakukan itu, tuan feodal meminta Yasuke untuk memenggalnya dan mengambil kepala dan pedangnya kepada putranya. Menurut sejarawan, ini adalah tanda penghormatan besar.

Setelah kematian Nobunaga, catatan Yasuke menjadi lebih langka. Referensi terakhir tentang sosoknya berasal dari sumber-sumber Jesuit pada 1582, tetapi nasibnya tidak pasti .

Satu kemungkinan adalah bahwa dia ditangkap dan dikirim kembali ke Nagasaki untuk bekerja dengan komunitas Jesuit. Beberapa bukti menunjukkan bahwa Yasuke bekerja sebagai penasihat keuangan bagi penguasa Jepang barat daya dan mungkin melakukan perjalanan ke Filipina dan semenanjung Korea.

Pilihan lain adalah dipekerjakan sebagai pelaut atau bajak laut, mengingat pengalamannya yang luas di laut lepas dan kekuatan fisik yang hebat yang dikaitkan dengannya.

Quote:



Warisan sejarah yang melegenda



Apapun tujuan akhirnya, kehidupan Yasuke telah dibayangkan kembali pada beberapa kesempatan melalui fiksi .

Pada tahun 1968, penulis Yoshio Kurusu mengubah ceritanya menjadi dasar buku anak-anak pemenang penghargaan yang disebut Kurosuke . Buku ini menggambarkan kehidupan Yasuke dan berakhir dengan nada pahit: setelah Nobunaga bunuh diri, Kuro-suke (Yasuke) dibawa ke kuil tempat ia memimpikan orang tuanya di Afrika dan menangis.

Buku lain, Lockley's, memunculkan kemungkinan bahwa Yasuke.

memiliki keturunan yang masih tinggal di Jepang . Sangat masuk akal bahwa Yasuke memiliki beberapa istri dan buku itu berisi foto yang menarik diambil pada tahun 1864 dari asisten samurai yang tampaknya ras campuran.

Terlepas dari tragedi dan semua cerita yang ada, baik dalam bentuk fiksi dan sejarah, Yasuke Samurai Hitam menjadi legenda berabad-abad dan uniknya, adalah orang yang tidak jelas asal-usulnya dari mana menjadi pahlawan di negeri orang, dalam hal ini adalah jepang.

Bagaimana menurut sahabat kaskuser, ada yang ingin ditambahkan atau mungkin punya refrensi lain tentang Yasuke ini? Silahkan diskusikan disini!


Sumber ; opini pribadi
Refrensi; BBC
Sumber gambar: Pinteres, Google dan BBC
Diubah oleh bekticahyopurno 18-10-2019 08:39
nengmanja
kanyaanatasya
suciasdhan
suciasdhan dan 71 lainnya memberi reputasi
72
24.4K
200
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.