alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
40
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da9c5e27e3a7202687bb75d/bu-kota-pindah-ke-kaltim-warga-dayak-minta-lahan-5-hektar-kk
Sejumlah perwakilan dari Suku Dayak menyampaikan masukan ke pemerintah terkait pemindahan ibu kota di Kalimantan Timur. Masukan itu diberikan dalam acara Seminar Nasional Kebudayaan Dayak dan Kontribusinya terhadap Pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Jakarta, kemarin (17/10/2019). "Seminar nasional ini bertujuan menampung g
Lapor Hansip
18-10-2019 21:02

Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK

bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK

Sejumlah perwakilan dari Suku Dayak menyampaikan masukan ke pemerintah terkait pemindahan ibu kota di Kalimantan Timur. Masukan itu diberikan dalam acara Seminar Nasional Kebudayaan Dayak dan Kontribusinya terhadap Pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Jakarta, kemarin (17/10/2019).

"Seminar nasional ini bertujuan menampung gagasan konstruktif dari masyarakat lokal khususnya suku bangsa Dayak," kata Sekretaris Menteri PPN Himawan Hariyoga Djojokusumo membuka acara.

Masukan yang masuk ke pemerintah beragam, dari permintaan lahan hingga soal ketenagakerjaan. Berikut berita selengkapnya dirangkum detikcom.

bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK

Wakil Bendahara Umum Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) Dagut H Djunas mengatakan, kondisi masyarakat Suku Dayak dalam posisi terjepit. Sebab, tanah dan hutan adat semakin menyempit karena investor mengembangkan lahan kelapa sawit, tambang, dan hutan.

Oleh sebab itu, ia meminta agar pemerintah memberikan jaminan atas tanah dan hutan adat ini. Ia meminta agar masyarakat adat diberikan lahan 5 hektar (Ha) untuk tanah adat dan 10 ha untuk hutan adat.

"Itu artinya bahwa masyarakat kita menginginkan bagaimana masyarakat kita mempunyai tanah 5 Ha tiap kepala keluarga yang diberikan sertifikat gratis oleh pemerintah. Dan setiap desa memiliki hutan adat minimal 10 ha yang juga diberi legalitas," katanya dalam seminar itu.


Dia memaparkan, berdasarkan data yang ada, sebanyak 285 desa di Kalimantan Tengah yang telah menghilang. Desa itu tergantikan oleh perkebunan sawit.

"Akibat itu masyarakat kita kurang lebih menurut data yang ada pada kami khusus 285 desa yang tinggal hanya desanya saja, itu semua perkebunan sawit dan itu membuat munculnya forum koordinasi Tani Dayak Misik, yang pada saat ini sudah dibentuk kelompok-kelompok di desa, sudah dibentuk ada 870 desa di Kalimantan Tengah dari 1.560 desa di Kalimantan Tengah," paparnya.

Memang, pihaknya menyadari masyarakat tak mampu mengolah lahan itu sendiri. Namun, lahan itu bisa dikerjakan bersama dengan investor.

"Maka tidak berlebihan masyarakat Dayak menuntut 5 ha tiap kepala keluarga diberikan sertifikat gratis dari 5 Ha dibuat produktif. Kita menyadari mungkin kita tidak mampu menggarap 5 ha tapi kehadiran investor bisa dibuat kerja sama sehingga masyarakat menghasilkan untuk kebutuhan hidupnya," jelasnya.

Terkait hutan adat, pihaknya ingin pemerintah menjamin 4 hak masyarakat adat yakni berburu, memungut hasil hutan, meramu, dan keperluan religius.

"Hutan adat minimal 10 Ha, kenapa mengingat di 285 desa sudah tidak ada lagi hutan adatnya kami berharap kebijakan hutan adat adalah pengakuan PBB di dalam hutan adat ada 4 hak masyarakat adat kita," terangnya.

Tokoh Ikatan Cendekiawan Dayak Nasional (ICDN) Kaltara, Dolvina Damus mengatakan masyarakat adat Suku Dayak minoritas di Kalimantan. Mereka biasanya tinggal di pedalaman, pinggiran dan perbatasan.
Ia menilai posisi mereka yang minoritas perlu menjadi perhatian. Sebab, hal itu rawan kecemburuan sosial yang menimbulkan konflik.


"Pada posisi ini, dalam kesenjangan posisi ini rentan menimbulkan kecemburuan sosial yang berpotensi menimbulkan konflik sosial, dan ini yang harus diantisipasi," jelasnya.


Jelasnya, khusus di Kalimantan Timur yang merupakan calon ibu kota baru hanya sebanyak 10% yang mengakui sebagai Suku Dayak. Mereka hidup bertani dan berladang.


Sementara, suku bangsa lain juga hidup di Kalimantan Timur seperti Suku Banjar yang menguasai perdagangan dan Bugis yang menguasai perdagangan antar pulau transportasi. Serta, ada juga Suku Jawa yang dominan sebagai pegawai negeri dan swasta.


Ia melanjutkan, Suku Dayak perlu perhatian khususnya terkait aspek ketenagakerjaan.


"Diharapkan dalam pembangunan dan pengembangan ibu kota dapat diberikan kebijakan khusus kepada Suku Bangsa Dayak baik dalam hal ketenagakerjaan yang pasti melihat akan ada pendatang dari luar. Sehingga perlu diberikan kebijakan khusus kepada Suku Dayak terkait kebijakan ketenagakerjaan tersebut," jelasnya.



https://finance.detik.com/properti/4...an-5-hektarkk

SADAR DIRI!!!

SEBAGAI PENDATANG KUDU PERMISI AMA TUAN RUMAHemoticon-Takut

bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK
Diubah oleh nevertalk
profile-picture
profile-picture
48y24rd dan simsol... memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Halaman 2 dari 3
bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK
18-10-2019 23:26


Minta 5Ha per KK

Tp katanya ga bisa ngolah sendiri, dan nanti bisa kerjasama sama investor

Lah, akhirnya sama aja endingnya. Kalo ga dijual ke investor ya bakalan jd buruh kebon di tanah sendiri emoticon-Big Grin

Kalo di jual, situ dpt duit (murah tapi, scara di pedesaan, Kalimantan lagi). Tp nanti anak2 kamu ga dpt apa2. Krn duit cash tunai itu cepet habisnya.

Kalo kerjasama sama ivestor, situ yakin bisa ngimbangi IQ dan DQ mereka para investor itu...???
(DQ = Devil Quetient) emoticon-Big Grin

Jangankan sama situ rakyat jelata. Sama Pemda & kementrian LHK aja kalo perlu diakalin mereka akalin kok emoticon-Big Grin

Ntar awalnya kerjasama, tp ga mampu memahami kerangka MOU yg rumit. Ente kena kibul melulu, ga dapet apa2 slain dpt duit recehan yg setara THR buruh DKI emoticon-Big Grin



profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK
18-10-2019 23:29
????? emangnya bakal dibangun di tanahnya mereka semua....emoticon-Cape d...
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK
19-10-2019 01:13
Bae bae dahh pemerintah soalnya tuan rumah nihh emoticon-Big Grin

Enak dilingkungan rumah ane dah, ormas apapun ngga bisa masuk
emoticon-Hammer (S)
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK
19-10-2019 01:49
Makanya wi...jangan aneh2 dah.. bkin kacau
profile-picture
vegasigitp memberi reputasi
1 0
1
bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK
19-10-2019 01:52
sah2 aja sih permintaannya, itu tanah kelahiran mereka, drpd ribut2 ntar, apalagi suku dayak serem kalau ud marahemoticon-I Love Indonesia
0 0
0
bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK
19-10-2019 05:53
Dayak, melayu, banjart, jawa, sunda, madura, bugis, minang... semuanya kasih bagi yang mau tinggal situ.

Asal ga boleh pindah tangan
0 0
0
bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK
19-10-2019 05:55
mulus amoy dayak anak juragan tanah mana bre emoticon-Request
0 0
0
bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK
Lapor Hansip
19-10-2019 06:38
Balasan post irma.kawai
Quote:Original Posted By irma.kawai
ada rasa ndak aman di penduduk asli, merasa penduduk dari jawa bakalan ambil keuntungan tanah mereka ya. terus mereka tersingkir.

di pulau jawa aja bpn ada pembagian sertifikat gratis perubahan dari tanah adat ke sertifikat. tp ntar klo berhubunagn dgn ibukota baru, pak dhe bakalan ngasih permintaan 5 ha tiap keluarga ndak.. emoticon-Om Telolet Om!


Emang ada ya d jawa pembagian sertifikat dr tanah adat ke tanah milik pribadi ???....
0 0
0
bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK
Lapor Hansip
19-10-2019 07:12
Balasan post lewat.belakang
Lha dulukan betawi tanahnya gede2 bos.....taun 70an masih lah...
0 0
0
bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK
19-10-2019 07:19
yang terbaik saja
0 0
0
bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK
19-10-2019 07:20
minta tanah 5hektar dgn sertifikat gratis....abis gitu d jual lg k perusahaan kelapa sawit... easy money: ngakak
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh gembaladomba13
bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK
19-10-2019 07:57
bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK



bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK



bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK



bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK



bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK



bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK



bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK



bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK



bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK



bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK



bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK



bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK



bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK



bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK

emoticon-I Love Indonesia
0 0
0
bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK
Lapor Hansip
19-10-2019 09:07
Balasan post irma.kawai
@smogal sertifikat gratis.. awalnya status masih tanah adat. itu bpn di daerah2 gitu. di daerah tanah byk blm sertifikat.
0 0
0
bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK
19-10-2019 09:10
Quote:Original Posted By Aparatkaskus
Wah serem2 gan tampangnya..semoga ga brutal kayak yg di timur jauh


Bukan serem serem doang, nyalinya beneran kuat kaga gede bacot doang
0 0
0
bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK
19-10-2019 09:51
ya asal jangan konyol ada pas udah dikasih terus dijual terus jadi miskin dan terusir kayak betawi
0 0
0
bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK
19-10-2019 10:02
Jangankan 5 HA, kalau 10 HA juga bole asal tidak mengganggu hutan lindung.
Pemetaan wajib dan tanah tsb disertifikasi dan not for sale.
0 0
0
bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK
19-10-2019 10:19
Quote:Original Posted By smogal
Emang ada ya d jawa pembagian sertifikat dr tanah adat ke tanah milik pribadi ???....


Nggak ada...setau anepun dari jaman jebot nggak ada tanah adat di jawa...palingan jogja sultan ground itupun nggak dijual belikan, mau make silahkan tapi kalo diminta ya nggak boleh minta ini itu
0 0
0
bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK
19-10-2019 15:45
5 hektar cuma sedikit, kemarin teman gw beli tanah buat sawit diberau cuma 4000/meter
0 0
0
bu Kota Pindah ke Kaltim, Warga Dayak Minta Lahan 5 Hektar/KK
19-10-2019 16:08
"... 285 desa di Kalimantan Tengah yang telah menghilang. Desa itu tergantikan oleh perkebunan sawit ..."

"Memang, pihaknya menyadari masyarakat tak mampu mengolah lahan itu sendiri. Namun, lahan itu bisa dikerjakan bersama dengan investor."

Masih ada yang percaya bahwa masih banyak pihak yang menginginkan kelestarian alam lingkungan ? ;D
Saya sendiri 'gak menyalahkan penduduk lokalnya, yang mana mungkin harus melakukan hal tersebut guna memenuhi kebutuhan hidup sehari-harinya ...
Tapi yang menjadi pertanyaan adalah ... Siapa pihak yang menentukan jenis kebutuhan yang harus terpenuhi dalam kesehariannya tersebut ?
Mereka yang sering tereak-tereak pertumbuhan ekonomi kurang itu ?

...
"Mereka" yang dimaksud itu adalah konsumen yang "buta" atau produsen yang serakah ?


0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.