fpicondetAvatar border
TS
fpicondet
Puslabfor: Bom Rakitan Buatan Abdul Basith Cs Canggih, Daya Ledak Kuat


Jakarta - Polisi menyebut tersangka Abdul Basith Cs merencanakan ricuh di aksi mahasiswa maupun aksi Mujahid 212 dengan meledakan bom molotov dan bom rakitan. Puslabfor Polri menyebut bom rakitan yang disiapkan oleh Abdul Basith dkk termasuk canggih dan berdaya ledak cukup kuat.

"Kemarin kita coba uji ledakan di Brimob itu kerusakannya cukup kuat ya. Kemarin kita coba dengan manekin itu bisa melukai orang kalau ada di TKP dan bisa terbakar," kata Kaur Bahan Peledak Puslabfor Mabes Polri Kompol Heri Yandi kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Heri mengatakan, bahan peledak tersebut memiliki daya ledak yang cukup tinggi hingga bisa membuat paku-paku di dalamnya berhamburan keluar dan melukai orang di sekitarnya.

"Paku-paku ini bisa berterbangan hingga 30 meter," imbuhnya.

Heri menyebut pembuat bom termasuk profesional. Ia pun menyebut bom hasil rakitan tersangka cukup canggih.

"Lumayan canggih, ini sudah profesional," imbuhnya.

Lebih lanjut Heri mengatakan bahwa 28 buah bom rakitan tersebut memiliki komponen bahan peledak.

"Kami dari Labfor Mabes Polri dengan kasus yang ada telah kita periksa barang bukti. Sebelah kiri kami terkait 28 buah bom rakitan, ini kita katakan bom rakitan karena komponen ada bahan peledak, wadah, penyulutnya untuk dia meledakkannya," jelas Argo.

Bom tersebut dikemas dalam kemasan botol kaca. Di dalamnya terdapat serbuk bahan peledak dengan campuran mulai dari detergen hingga mi instan.

"Jadi cara kerja bom rakitan ini tersangka siapkan wadah gunakan botol minuman, kemudian dimasukkan serbuk korek yang dihaluskan. Ada juga ditambahkan deterjen dicampur bahan bakar kemudian di lapisan paling bawah ada merica dengan harapan pas meledak asapnya bisa kenai mata orang," paparnya.

Tidak hanya itu, terdapat pula paku-paku yang dililitkan di luar botol. Ketika bom meledak, paku-paku itu akan berhamburan dan melukai orang.

"Kemudian ada paku. Paku ini digunakan dililit di luar wadah botol di lakban. Ini pakunya banyak, kalau ini meledak bisa mengenai orang di sekitar kejadian," tandasnya.

Sejauh ini total sudah ada 15 tersangka yang ditangkap terkait perencanaan rusuh di demo. Dari 15 orang itu, 3 orang di antaranya pembuat bom yang didatangkan dari Papua dan Ambon.


Puslabfor: Bom Rakitan Buatan Abdul Basith Cs Canggih, Daya Ledak Kuat

org-org berbahaya & barbar kayak gini jangan pernah dibiarkan bergerak bebas di negara kita. 
muhamad.hanif.2
Sianasena12
rizaradri
rizaradri dan 6 lainnya memberi reputasi
7
3.5K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.