• Beranda
  • ...
  • Sports
  • Kongres PSSI Sebentar Lagi. La Nyalla: Banyak Pemilih Transaksional

sanusikaneAvatar border
TS
sanusikane
Kongres PSSI Sebentar Lagi. La Nyalla: Banyak Pemilih Transaksional


Sebentar lagi, PSSI akan melakukan kongres, yang artinya akan ada pemilihan para pengurus PSSI yang baru untuk periode 2019-2023. La Nyalla menjadi salah satu nama yang senter pada daftar pemilihan.

Setidaknya ada delapan nama bakal calon ketua umum PSSI yang siap menempati tempat di kepengurusan yang baru tahun 2019-2023. Selain La Nyalla, ada nama lain seperti Benny Erwin, Afen Hinelo, Benhard Limbong, Fary Djemi Francis, Rahim Soekasah, Mochamad Iriawan, dan Vijaya Fitriyasa. Nama-nama tersebut nantinya akan memperebutkan kursi PSSI 1 pada saat Kongres Pemilihan yang akan berlangsung pada 2 November 2019.



Pemilihan ketua umum PSSI dilakukan berdasarkan voting oleh pemegang hak suara yang nantinya akan ada 86 pemilih yang terdiri dari 18 klub dari Liga 1, 16 Klub dari Liga 2, 16 klub dari Liga 3, dan 34 perwakilan dari asosiasi Provinsi, asosiasi futsal dan juga asosiasi sepak bola wanita.

Bicara soal pemilihan dan para pemilih yang ada di PSSI nanti, La Nyalla mengungkapkan pendapatnya terkait hal itu. Baginya, para pemilih saat ini sudah tidak banyak yang teguh berdaulat, mereka cenderung melakukan pemilihan transaksional.

Ia berpendapat bahwa "Kebiasaan transaksional secara otomatis akan menggiring pilihan voters bukan berdasarkan logika dan nurani sepak bola untuk perubahan, tapi cenderung menjadi pilihan praktis dan hanya demi keuntungan sesaat atau keuntungan kelompok. Jika menyangkut besaran nominal uang, anggap saja motif hadir ke kongres hanya semacam mencari gaji ke-13, ke-14, dan seterusnya."


Walau begitu, ia tak menutup mata bahwa tak semua para pemilih cenderung melakukan kebiasaan itu, ada pula beberapa yang memilih sesuai dengan hati nurani, namun jumlahnya jelas tak banyak dan tak sebanding dengan yang kebiasaan. Ia berharap bahwa para pemilih bisa kembali berdaulat dengan pilihan suara yang bersumber dari hati.

______

Terlepas dari bagaimana sosok La Nyalla di dunia PSSI, ane sendiri setuju dengan pendapatnya bahwa pemilihan ketua umum PSSI jelas harus berdasarkan hati nurani dan sesuai dengan sepak terjang, jangan sampai para pemilih melakukan pemilihan dengan landasan transaksional yang justru akan membuat kepengurusan mendatang semakin bobrok karena hal tersebut.

Diubah oleh sanusikane 17-10-2019 03:31
kumaniaks
nona212
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
885
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
Sports
icon
22.9KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.