• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bisakah Indonesia Seperti Mereka? Inilah Negara-negara Bebas Asap Rokok.

lintangayudyAvatar border
TS
lintangayudy
Bisakah Indonesia Seperti Mereka? Inilah Negara-negara Bebas Asap Rokok.


Assalamualaikum

Selamat siang, sobat agan sista. Semoga sehat selalu, Amiin.

Gansist, gimana sih menurut Gansist tentang 'No Smoking Area' yang diterapkan di Indonesia?

Sebenarnya sudah ada peraturan yang melarang merokok di beberapa tempat, seperti Sekolah, Rumah Sakit, tempat-tempat umum, taman, dll. Tapi pada kenyataannya masih saja sering kita jumpai perokok aktif yang dengan santainya merokok ditempat yang jelas-jelas tidak diperbolehkan merokok. Terkadang sudah ada plang bertuliskan 'No Smoking Area', tetapi para perokok tetap asyik menghirup nikotin dan menyemburkan ke udara yang ada anak kecil atau ibu-ibu hamil.

Sering banget ane ngalamin kaya gitu di tempat-tempat umum seperti taman, dan halte kadang di sekitar rumah sakit. Pas ane tegur baik-baik eh si perokok malah ngajakin gelut.

Ada nggak nih, agan sista yang kaya gitu? Plis janganlah ya? Boleh merokok asal jangan ganggu yang lainnya. Kita saling menghormati aja sih.

Bukan salah perokok juga kalo menurut ane. Pemerintah hanya membuat larangan merokok di tempat umum tanpa memberi ruang merokok di tempat-tempat umum, sehingga masih banyak perokok yang melanggar aturan. Selain itu sanksi bagi perokok yang melanggar juga tidak ada. Maka dari itu masih banyak perokok yang melanggar aturan itu.

Kalau di rumah ane sih, boleh merokok asal diluar rumah, di dalam rumah bebas asap rokok. Itu berlaku bagi keluarga ane maupun orang-orang yang bertamu di rumah ane. Tegas, iya harus.

Gansist udah pada tau kan bahaya asap rokok? Nah ane kagak mau keluarga ane sakit akibat itu. Sekedar mengingatkan saja, inilah beberapa akibat dari menghirup asap rokok bagi perokok aktif maupun pasif. Bahayanya seperti kanker paru-paru, kanker tenggorokan, serangan jantung, lahir prematur untuk wanita hamil, sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) dan banyak lagi lainnya.

Pasti enak banget nih bisa hidup di negara yang bebas asap rokok. Emang ada? Jawabnya ada. Pengen tau? Kuy simak ulasan ane berikut ini.

1. Islandia
Quote:

Islandia adalah salah satu negara yang gencar mengkampanyekan bebas asap rokok. Bagi warganya yang ingin menikmati nikotin pemerintah Islandia menyediakan ruang khusus. Jadi ditempat-tempat umum kita bisa terbebas dari asap nikotin tersebut.

Wah coba kalau di Indonesia juga begitu.

2. Irlandia
Quote:

Irlandia merupakan negara pertama yang melarang merokok ditempat tertutup. Irlandia juga gencar melakukan kampanye bebas asap rokok.

3. Australia
Quote:

Australia juga salah satu negara yang menyuarakan gerakan bebas asap rokok. Salah satu caranya adalah dengan membuat banyak iklan anti rokok.

Kalau di Indonesia, justru masoh banyak iklan rokok, apalagi kalau udah malam. Meskipun tidak menampakkan orang sedang merokok tetapi tetap saja iklan rokok.

4. Singapura
Quote:

Singapura adalah salah satu negara di Asia yang ketat dengan aturan merokok. Di Singapura rokok dijual dengan harga tinggi, dimaksud untuk menekan jumlah pembeli.

 5. Selandia Baru
Quote:

Selandia Baru juga masuk daftar negara yang gencar mengkampanyekan bebas asap rokok. Seperti negara Singapura, Selandia Baru juga menjual rokok dengan harga yang sangat mahak.

6. Kanada
Quote:

Akhir-akhir ini, Kanada juga ikut menyuarakan bebas asap rokok. Maka tak heran, banyak wisatawan yang dtang untukencari udara segar di sana.

7. Norwegia
Quote:

Sedangkan di negara Norwegia Pemerintah sudah menerapkan larangan merokok sejak tahun 2004, di semua tempat tertutup.

8. Skotlandia
Quote:

Sama seperti negara singapura dan Selandia Baru, di Skotlandia harga sebungkus rokok juga dipatok dengan harga yang sangat tinggi, tidak hanya itu pemerintah juga melarang pemajangan rokok di toko-toko.

9. Uruguay
Quote:

Uruguay juga melakukan kampanye larangan merokok di area publik.

10. Argentina
Quote:

Sejak Oktober 2006, Pemerintah Argentina melarang merokok di tempat umum, bar dan restoran.

Itulah beberapa negara bebas asap rokok. Menurut agan sista, bagaimana ya jika kebijakan-kebijakan di beberapa negara tersebut diterapkan di Indonesia?

Menurut agan sista efektifkah jika harga rokok dinaikkan? Akankah dapat menekan jumlah produksi rokok di Indonesia?

Kuy kita sharing di dalam komentar di bawah ini. Jangan lupa tinggalin cendol dan subscribe ya?

Sampai jumpa di trit selanjutnya.

Sumber link. di sini
Diubah oleh lintangayudy 17-10-2019 06:31
ceuhetty
sebelahblog
zafinsyurga
zafinsyurga dan 32 lainnya memberi reputasi
33
10.2K
224
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.