extreme78Avatar border
TS
extreme78
Moeldoko: Mengapa Harus Ada FPI? Memang Islam Sedang Dijajah Orang Lain?


Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko bicara mengenai hubungan agama dan stabilitas nasional. Moeldoko menyebut banyak orang yang mengklaim dirinya merasa paling benar.

"Berikutnya apakah agama berpengaruh terhadap stability? iya. Sekarang ini banyaklah yang mengklaim paling benar dengan agamanya. Dia sudah bisa mendefinisikan dengan masuk surga, orang lain masuk neraka. Langsung mendefinisikan lo bukan bagian gua, lo kafir, lo buta. Ini, ini salah satu kondisi yang pada akhirnya menciptakan unstability," ujar Moeldoko.


Pernyataan itu disampaikan Moeldoko dalam sesi tanya jawab kuliah umum 'Tantangan Ketahanan Nasional Masa Kini' di Gedung IASTH Kampus UI Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (17/10/2019). Moeldoko menjawab pertanyaan terkait 'Apakah faktor agama mempengaruhi stabilitas negara Indonesia seperti terjadi di negara-negara Timur Tengah lewat fenomena Arab Spring?'

Moeldoko lantas mencontohkan keberadaan Front Pembela Islam (FPI). Moeldoko mempertanyakan perjuangan FPI.

"Saya orang Islam, orang Islam tidak dalam kondisi perlu perlindungan, orang Islam mayoritas katanya, paling banyak. Mengapa harus ada apa itu Front Pembela Islam? Apa yang dibela? ya sorry ya aku langsung ngomong blak-blakan aja kan gitu. Emangnya Islam sedang dijajah oleh orang lain apa? Apalagi itu dibela? Tuhan kok dibela? ngapain? Dia nggak perlu pembelaan," tutur Moeldoko.

Moeldoko mengatakan, dirinya selalu berbicara lantang bila terkait radikalisme. Dia menyebut saat ini ada orang yang hanya bermodalkan Rp 150 ribu untuk memberi pakaian dan mengklaim sebagai habib.

"Kalau ngomong stability, nggak ada nggak pernah turun saya. kalau udah bicara negara, nggak pernah turun saya. Bicara radikalisme, saya ngomong paling lantang. Ya, jadi 'Moeldoko kafir!' ntar dulu, ntar dulu. Jangan gara-gara modal Rp 150 ribu, pergi ke Tanah Abang beli kostum, keluar dari sana, langsung 'saya habib', jangan, jangan. Nggak boleh dong, yang bener aja, banyak yang sekarang seperti itu. Jangan menipu tuhan lah, tuhan maha tahu," tutur Moeldoko.


Moeldoko mengatakan, masalah agama merupakan bagian dari SARA. Sehingga dia berharap seluruh pihak perlu memberikan ruang yang sama dalam toleransi.

"Jadi masalah agama bagian dari SARA ini, mari kita semuanya punya kesadaran bersama, kita harus memberi ruang yang sama. Untuk itu saya ngomong dengan lantang, tidak ada, kita sudah merdeka sekian tahun masih bicara mayoritas minoritas. Hilangkan itu, nggak ada itu," kata Moeldoko.


Preman berdaster

@lastcarberkumpul.Ayoooo kita jahitttt..emoticon-Belgia
Diubah oleh extreme78 17-10-2019 12:00
vly69
kuepagi
tien212700
tien212700 dan 38 lainnya memberi reputasi
39
9.1K
153
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.