Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
161
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da55b725cf6c41b5b45a1f3/pilih-bajakan-atau-bekas-dilema-ketika-harga-buku-meroket
Sebenarnya apa sih keuntungan yang didapat saat kita membeli buku bajakan? Kenapa harus bajakan? Kenapa tidak mengambil yang bekas saja? Sama-sama murah, jika disuruh memilih, kalian lebih suka membeli bajakan atau bekas? Simak ulasan versi ane.
Lapor Hansip
15-10-2019 12:38

Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!

Past Hot Thread
Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!



Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!




Hola, selamat siang Agan dan Sista pembaca setia, apa kabar hari ini? Semoga selalu bahagia dimanapun berada.



Masih dalam suasana Oktober yang panasnya menggila, kali ini ane mengajak gansis untuk sejenak mendekat ke dunia literasi. Ane yakin kok, sebagian readers di sini adalah pecinta buku dan pastinya hobi membaca. Buktinya kalian membaca thread ini, hihi!


Booklover, apa yang kalian rasakan ketika mendapati harga buku kini kian mahal dan terkadang membuat para pemilik budget minim terpaksa mengubur mimpinya untuk mendekap buku favoritnya? Miris, pastinya. Namun kita tak bisa menyangkalnya, bahwa yang membuat harga buku melonjak adalah dari bahan itu sendiri. Kayu kian langka dan harga kertas yang mencekik membuat beberapa penerbit membanderol produk mereka dengan harga tinggi. Lebih-lebih rumah produksi indie yang biasanya mematok harga sedikit lebih mahal. Sebagai contoh, buku ori berketebalan 200-an halaman ini ane dapat dengan harga Rp. 65.000 di toko buku online, penerbitan mayor. Cukup mahal, kan?



dokpri



emoticon-Sorryemoticon-Sorry



Hal paling membuat miris dari semua problem tersebut adalah kemunculan buku-buku bajakan yang kini kian menjamur di hampir tiap daerah. Ini menjadi sasaran empuk pecinta buku berkantong tipis yang tetap ingin mengoleksi novel kesayangan. Tak perlu jauh-jauh, ane sendiri pun melakukannya! emoticon-Cape d... (S)


dokpri



Penampakan di atas adalah sejumlah koleksi buku bajakan ane. Tidak bermaksud memamerkan apalagi mengajak para booklovers di sini untuk mengikuti aliran sesat ane. Ini murni sekedar berbagi pengalaman saja.


Keempat buku di atas ane dapatkan dari salah satu lapak penjual buku di antara jajaran lapak-lapak lain di daerah Surabaya sekitar dua tahun yang lalu. Bisakah kalian tebak berapa harga keempat seri novel Supernova karya Dee Lestari tersebut? Hanya tujuh puluh ribu saja! Dengan dua buku masing-masing 15 ribu dan dua yang lain masing-masing 20 ribu. Cukup murah, kan?



emoticon-Wowemoticon-Wow




Sebenarnya apa sih keuntungan yang didapat saat kita membeli buku bajakan? Kenapa harus bajakan? Kenapa tidak mengambil yang bekas saja? Sama-sama murah, jika disuruh memilih, kalian lebih suka membeli bajakan atau bekas? Simak ulasan versi ane.



emoticon-Requestemoticon-Request



Membeli buku bajakan, kalian akan mendapatkan barang baru, masih terbungkus plastik, tapi dengan harga yang murah bahkan kurang dari separuh harga jual versi aslinya. Siapa sih yang tidak tergiur? Walaupun nurani mengatakan bahwa memilih bajakan berarti tidak menghargai jerih payah penulis dan bla-bla yang lainnya, tapi terkadang nafsu selalu bisa mengalahkan semuanya. Wajar, kan? Berarti kita masih manusia.



Sekarang kita bahas opsi kedua. Bagi seseorang yang menjunjung tinggi sportivitas, eh nggak nyambung yah emoticon-Cape d... (S) dan menghargai dirinya sendiri setinggi gunung pasti memilih opsi ini. Dalam hati mereka berkata : kita boleh miskin, tapi harga diri tetap tinggi! Begitulah pada akhirnya para booklover ini merasa terhormat dengan membeli buku bekas. Memang sih, buku yang didapat tak sebagus buku baru dan terkadang sudah lecek atau beberapa halaman lepas. Namun jika jeli, sebenarnya kita bisa mendapat barang yang masih layak kok.



emoticon-sudahkudugaemoticon-sudahkuduga



Fakta buku bajakan
Sebenarnya, gansis, meski terlihat baru dan masih bersampul plastik, buku bajakan memiliki kualitas yang buruk. Entah itu dari kertasnya, tinta yang merupakan fotocopy, pun begitu dari penjilidan yang terkadang tak rapi. Sebagai contoh, di bawah ini adalah penampakan bagian dalam buku yang ane beli. Beberapa halaman hilang, dan sampul pun sudah copot.



dokpri



emoticon-Cape d...emoticon-Cape d...




dokpri



Buku yang baru saja kalian lihat adalah buku bekas layak baca dan 90% masih bagus. Novel Breaking Dawn ini ane dapat seharga tiga puluh ribu saja. Meski bekas, tapi karena ori, buku ini memiliki kualitas yang baik, jadi meskipun ane simpan bertahun-tahun dan sering dibaca, perekat penjilidannya masih bagus.


emoticon-saleemoticon-sale



Nah, gansis, setelah menyimak ulasan ane di atas, manakah yang pada akhirnya kalian pilih? Bekas atau bajakan? Ibarat membeli, kualitas nomor satu, harga nomor dua. Namun jika ada yang ori, berkualitas lagi murah, siapa tak mau?


Nah, salah satu cara untuk mendapat barang ori, baru dan murah adalah dengan mendatangi beberapa bazar atau cuci gudang gramedia. Di sana, kalian bisa memilah buku mana saja yang diinginkan dengan harga gila-gilaan dan yang pasti ori serta masih bersegel.


Penampakan di bawah ini adalah buku yang ane dapat dari gudang Gramedia dengan harga sepuluh ribu saja. Murah sekali, bukan?



dokpri



emoticon-Wowemoticon-Wow



Di zaman yang serba modern, eksistensi buku lama kelamaan mulai menghilang dan ditinggalkan, digantikan ebook yang tentu lebih terjangkau dan efisien. Namun, bagi beberapa orang lebih nyaman membaca buku dalam bentuk fisik. Alternatif lain jika ingin tetap membaca tanpa membeli adalah mendatangi tempat-tempat persewaan buku.



Sejatinya, ilmu tertinggi manusia bukan berasal dari buku, melainkan kepalanya sendiri. Tetap berpikir positif untuk masa depan yang lebih baik.


Demikian yang bisa ane sampaikan dalam thread sederhana ini, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah menyimak. Salam sayang emoticon-Kiss (S)


Terima 2C(Cendol dan Cinta)emoticon-Kiss (S)


Penulis : Tikus Kecil, Member of BBB

Ilustrasi Sampul
Diubah oleh YenieSue0101
profile-picture
profile-picture
profile-picture
riwidy dan 52 lainnya memberi reputasi
53
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 9
Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!
17-10-2019 16:31
Ane lebih pilih buku bekas sih. Seperti agan bilang, kualitas buku bajakan lebih banyak di bawah standar. Kadang satu halaman buram semua hasil cetaknya atau penjilidan yang gampang rusak.

Ini ane dapati saat dulu tak sengaja beli buku bajakan, di toko buku murah di dekat kompleks rumah ane. Sejak itu, bisa membedakan deh. Sekarang sih, sebisa mungkin beli buku baru.
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1 0
1
Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!
17-10-2019 16:33
beli bajakan ngga menghargai yg bikin/mengarang.dibajak terus yg mengarang malas bikin buku selamanya
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1 0
1
Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!
17-10-2019 16:39
Ku bajak hatimu boleh nggak?





Habis ini pasti ada yang marah emoticon-Ngacir
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1 0
1
Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!
17-10-2019 16:50
Jangan pernah beli bajakan.

lebih baik beli bekas.

Lagi pula, semua bisa kesampaian kok beli buku baru meskipun nabung itu sudah pasti.

Sekali lagi jangan pernah beli bajakan!
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1 0
1
Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!
17-10-2019 16:52
Kalo buat belajar bekas aja bre. Kalo buat koleksi ya sebisanya beli baru aja kalau masih cetak. Kalo dah kagak ada cetakan baru ya bakalan lebih mahal bekasnya bre


emoticon-Traveller
0 0
0
Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!
17-10-2019 16:58
Quote:Original Posted By anakjahanam721
tenang, masalah duit mah gampangemoticon-Cool
Urusan ada atau nggaknya santai aja, yang penting bilang gampang duluemoticon-Mewek

Hahaha, gitu ya bre? emoticon-Goyang

Quote:Original Posted By anakjahanam721
Silent reader ?

Oyi, bre emoticon-Goyang

Quote:Original Posted By achmad74
beli apapun, mendingan beli seken tapi asli daripada baru tapi palsu.

Yup, bener gan emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By kingoftki
kalau org kita mah kagak usah beli. Mending minjem aja. wong jarang mbaca. buku cuman dipajang sebelom abis di mamam rayap

Nah, alternatif yg bagus, emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By anggra.evi
Trit bagus nih
Jadi inget tempat kerja yg dahulu, isinya buku semuaemoticon-Mewek

Ya iyalah namanya juga bukstoremoticon-Hammer (S)

Wah, jadi pengen kerja di bukstor, bisa baca gratis emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By artono21
seperti kaset jadi bisa di bajak dan sawah juga dibajak dan pesawat juga dibajak memang bajak itu dia tidak bayar pajak

Gitu ya, gan? emoticon-Leh Uga

Quote:Original Posted By petakrumah
klo ane sering berburu di toko buku bekas gan. ane biasa beli buku bekas di pasar modern bsd gan

Iya, gan. Kalo beruntung bisa dpt yg bagus dan murah emoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By khadapy94
jang miris temen saja

beli boekoe bekas badjakan

Hahaha, kaum misqueen gan emoticon-Turut Berduka

Quote:Original Posted By abk3304157
ane baru tau ada bajakannya, ane dulu beli buku, yah beli aja gan, tanpa memikirkan bajakan itu sendiri, tp klo ane sendiri sih liat buku yang ane beli masih bagus. dan kaya baru aja.

Udah banyak di mana2 gan buku bajakan emoticon-Turut Berduka

Quote:Original Posted By surya889
Mending bekas tp ori emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)


Bekas asal pinter milih pasti dapet yg msh layak baca kok emoticon-Jempol
profile-picture
kingoftki memberi reputasi
1 0
1
Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!
17-10-2019 17:03
Quote:Original Posted By worldgovt.
Saya kira hanya ada buku bekas saja.

Ada bajakan juga, gan emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By sitinur200
mendingan bekas aja, Sis

Bener, sis emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By raliakbarrr
kalau ane mendingan bekas jugaa.. daripada yang bajakann.. kalau yang bekas gaada terus yg bajakan ada, kalau harga bukunya selangin ane beli yang versi tani ajah emoticon-Ngakak

Wah, sama aja dong ya emoticon-Leh Uga

Quote:Original Posted By sendhaljepit
wow baca john connoly juga gan... dl waktu jaman kuliah masih ada tu tempat sewa buku....skrg di jakarta sewa buku dimane yak emoticon-Bingung

Cuma asal comot itu, gan. Tapi bagus sih bukunya, aku suka emoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By nyantaiwaelah
baca buku original lah
ini masalah kepuasan, baca text kalau ori nyaman di mata, eman2 matanya kalau baca bajakan yg kurang maksimal kualitasnya dibanding cetakan ori.
belum pernah beli buku bajakan, bisa kehilangan minat baca kalau textnya kurang nyaman dibaca.

Bener, gan. Memang nyaman kalo baca buku ori emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By hhendryz
ga pernah beli buku lagi.....ga ada tempat buat simpen emoticon-Nohope

Baca daring aja ya, gan emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By twintower911
karena negara kita ini agraris ya gw milih bajakan ajaemoticon-Ngakak

Waduh emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By kallong29
Kalo beli buku bekas tuh jarang ada judul buku yang kepengen emoticon-Mewek

Memang sih, susah nemu judul yg kita mau emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By h4dewa
Mending beli ori lah gan.

Ane punya buku bajakan, itu ganyaman banget buat dibaca (mulai dari ketebalan kertas, sampe tintanya). Ane sendiri Bazzar Hunter gan emoticon-Cool

Mending beli di bazar, banting harga ya, gan emoticon-Goyang

Quote:Original Posted By akhmadfauzi844
Pilih yang original ...

Mantap, gan emoticon-Jempol
0 0
0
Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!
17-10-2019 17:07
mending lecek atau bekas tapi orisinil
Daripada hardcover tapi bajakan
Stop piracy deh
Sebagai salah satu bentuk apresiasi buat si penulis.
Nulis tuh perjuangan loh
Masa ga diapresiasi kan pedih.....
emoticon-Mewek
Diubah oleh vestycide
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1 0
1
Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!
17-10-2019 17:07
Lebih suka kalau pas gramed sale sih. Kalap langsung emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
YenieSue0101 dan vestycide memberi reputasi
2 0
2
Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!
17-10-2019 17:07
ane pengen baru dan ori wkwk. sebenernya kalo suruh milih, mendingan yg bekas tapi masih lumayan bagus ya, meskipun ane sendiri pernah beli yg bajakan :v.
Diubah oleh nanitriani
profile-picture
profile-picture
YenieSue0101 dan vestycide memberi reputasi
2 0
2
Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!
17-10-2019 17:09
Kalau ane cari yang bajakan tapi isinya sama..hehehe. lebih murah apalagi buku buku untuk kuliah, udah kuliah mahal buku mahal juga. Kalau bajakan dapat harga miring, dan biasanya udah ditranslate ke bhs Indonesia.
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1 0
1
Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!
17-10-2019 17:09
Quote:Original Posted By joesilver
Buku baru di gra*edia harganya lumayan mahal. Tapi kalo ada buku baru yg ane pengin beli, ya mo gak mao ane beli. Kalo pas ada obralan & bagus, ya ane beli juga...
Ada kalanya ane jalan2 ke toko buku bekas, gak niat pengin beli buku apa, cuma nongkrong, kalo ada buku bagus ya ane beli juga...
Buku bajakan? Kalo ane pengin suatu judul buku tapi buku baru & bekas kaga ada, yg ada buku bajakan doang, ya ane beli juga...
Ane banyak duit? Kurangi jajan sama rokok, duitnya bwt beli buku
emoticon-Leh Uga

Wuih, mantap ni, gan. Asal bisa baca buku, jalan apapun ditempuh emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By pannotia.server
yang bekas aja lah,, toh kita butuh isinya. buat apa beli kw, bentar aja dah rusak

Yup, gan. Apalagi buat koleksi, mending yang ori juga emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By Helm.Proyek
kolektor buku nihemoticon-Wow

Nggak juga, gan emoticon-Belum Tidur

Quote:Original Posted By Mawarhitam22
Q seringnya sih beli buku komik kalau novel jarang beli. Pernah beli komik murah waktu itu q ngk ngrti klw itu komik bajakan. Q beli soalnya harga komiknya itu murah banget klw yg ori 18 rbu lah ini cuma 3 ribu. Pas udh dibeli q buka bungkusnya kok ngk ada tulisan undang2 hak cipta disampul buku? yah udah q lihat2 gambarnya, anjaaay gambar isi komiknya vulgar bangetemoticon-Nohope
pantes dibawah hlaman sampul blakng ada tulisan isi diluar tanggungjawab percetakanemoticon-Hammer
Mana komiknya ad 10 seri lagiemoticon-Nohope

Wah, agan sedang kurang beruntung tuh emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By ismyoshi
jaman smp/sma taun 2003 s/d 2008an ane masih rutin beli komik sama novel remaja di gramed, dulu komik masih sekitar 6500an klo ga salah, pas kuliah masih hobi hunting komik tapi nyari yg bekas emoticon-Ngakak murah meriah ceban dapet 3 emoticon-Ngakak
stop taun 2013an udah beralih ke baca komik online , gegara udah mahal mau beli komik emoticon-Malu

Yup, sekarang apa2 serba online ya, gan. Tapi tetep lebih puas baca buku emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By Z4RC
yg mn aja boleh

pilihnya sambil merem emoticon-Nyepi

Wakakak, dapat apa aja mau ni emoticon-Leh Uga

Quote:Original Posted By m0buh41
Daripada bajakan, mending beli bekas. selama kondisi bukunya masih bagus

Bener gan. Lbh awet emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By warrysangru2
Mau buku dengan kondisi apapun, ane bakal tetap baca emoticon-Cool

Wuih, salut ni emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By alifrian.
Tetep lebih mantep ke gr*m*dia dong emoticon-Cool
Apalgi Ada cuci gudang

Iya kalo cuci gudang emang murah2, gan emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By leon4202
Pilih yg ori dong, menghargai penulis emoticon-Cool

Sip, ganemoticon-Jempol
0 0
0
Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!
17-10-2019 17:10
Quote:Original Posted By YenieSue0101

Teman yang tak pernah mengeluh walau dipakai berjam-jam, tanpa baterai, pun tanpa iklan emoticon-Malu


myfavorites


anjaaaaaay
Punya the lost symbol juga ????
Keyeeeen
emoticon-Peluk
Kalo saya cowok dan masih single, sudah saya taaruf in kamu ning !
Ngoahahahaha


Hokya hokyaaaaaa
emoticon-Goyang
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1 0
1
Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!
17-10-2019 17:15
Quote:Original Posted By pabloo
lihat kantong dulu ah

Traktir, om emoticon-Belum Tidur

Quote:Original Posted By k1iler
Ane senang beli komik dan novel detektif, tapi semakin ke sini sekarang makina mahal, dulu ane sanggup bisa beli sekali 3-4 buku, sekarang mau beli 2 aja suka mikir dulu, tapi yg pasti ane selalu beli yg ori, buat koleksi mah ga level ane yg bajakan!

Mantap, gan. Tetep beli ori ya emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By iissuwandi
ane lebih suka minjem🙈🙈🙈🙈

Pinjemin dong ane emoticon-Belum Tidur

Quote:Original Posted By elnuan7
Ohh iy FYI skrg bnyk penerbit menjual secara online yg gak perlu lg kita k toko buku, udh dpt asli & lbih murah ketimbang di toko buku
Klo d toko buku kan udh tangan ke 2 atau 3 emoticon-Big Grin

Wah, bener. Alternatif lain ni emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By screamo37
beli bekas aja gan. menghargai kreatornya emoticon-Jempol

Mantap, gan emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By jackabbas
Semahal mahalnya buku berapa sih? Kecuali yang edisi spesial . Solusinya nabung. Gak ada budget? Pinjem jangan beli buku bajakan. Kasian si penulis dan lu udh nfasih duit haram ke pembajak. Kalo mau ngebajak mending cari digital ebook yang di download gratis .

Boleh juga ni sarannya. emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By Devilsinme
Ane lebih pilih buku bekas sih. Seperti agan bilang, kualitas buku bajakan lebih banyak di bawah standar. Kadang satu halaman buram semua hasil cetaknya atau penjilidan yang gampang rusak.

Ini ane dapati saat dulu tak sengaja beli buku bajakan, di toko buku murah di dekat kompleks rumah ane. Sejak itu, bisa membedakan deh. Sekarang sih, sebisa mungkin beli buku baru.

Semoga tetep bisa beli buku ori yg baru ya, gan emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By cahmlg123456
beli bajakan ngga menghargai yg bikin/mengarang.dibajak terus yg mengarang malas bikin buku selamanya

Wah, bener juga ni gan emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By kucingkampung97
Ku bajak hatimu boleh nggak?

Habis ini pasti ada yang marah emoticon-Ngacir

Sapa yg marah? emoticon-Bingung

Quote:Original Posted By KnightDruid
Jangan pernah beli bajakan.

lebih baik beli bekas.

Lagi pula, semua bisa kesampaian kok beli buku baru meskipun nabung itu sudah pasti.

Sekali lagi jangan pernah beli bajakan!

Oke, siap gan! emoticon-Siap Gan

Quote:Original Posted By aquatrium
Kalo buat belajar bekas aja bre. Kalo buat koleksi ya sebisanya beli baru aja kalau masih cetak. Kalo dah kagak ada cetakan baru ya bakalan lebih mahal bekasnya bre

emoticon-Traveller


Bener, gan. Mending bekas atau kalau nggak, nyewa juga bisa gan emoticon-Jempol
profile-picture
elnuan7 memberi reputasi
1 0
1
Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!
17-10-2019 17:16
Quote:Original Posted By YenieSue0101
Traktir, om :belumtidur


Mantap, gan. Tetep beli ori ya emoticon-Jempol


Pinjemin dong ane :belumtidur


Wah, bener. Alternatif lain ni emoticon-Jempol


Mantap, gan emoticon-Jempol


Boleh juga ni sarannya. emoticon-Jempol


Semoga tetep bisa beli buku ori yg baru ya, gan emoticon-Jempol


Wah, bener juga ni gan emoticon-Matabelo


Sapa yg marah? emoticon-Bingung


Oke, siap gan! :siapgan



Bener, gan. Mending bekas atau kalau nggak, nyewa juga bisa gan emoticon-Jempol


Yang biasa stalking ane emoticon-Ngacir
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1 0
1
Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!
17-10-2019 17:18
Tipsnya oke dah mantul konthal kanhtul emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
YenieSue0101 dan vestycide memberi reputasi
2 0
2
Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!
17-10-2019 17:20
Quote:Original Posted By vestycide
mending lecek atau bekas tapi orisinil
Daripada hardcover tapi bajakan
Stop piracy deh
Sebagai salah satu bentuk apresiasi buat si penulis.
Nulis tuh perjuangan loh
Masa ga diapresiasi kan pedih.....
emoticon-Mewek

Yup, bener ning. Beli yang ori sbg bentuk apresiasi kita buat penulis. Kalo gak sanggup beli, mending nyewa aja emoticon-Goyang

Quote:Original Posted By prayformysky
Lebih suka kalau pas gramed sale sih. Kalap langsung emoticon-Peluk

Bener, sis. Harganya dibanting2, bisa2 bawa pulang sekantong emoticon-Leh Uga

Quote:Original Posted By nanitriani
ane pengen baru dan ori wkwk. sebenernya kalo suruh milih, mendingan yg bekas tapi masih lumayan bagus ya, meskipun ane sendiri pernah beli yg bajakan :v.

Ane udah pernah nyobain semua, memang mending yg ori, gan. Walau bekas tapi tetep awet emoticon-Jempol

Quote:Original Posted By spidcom_2000
Kalau ane cari yang bajakan tapi isinya sama..hehehe. lebih murah apalagi buku buku untuk kuliah, udah kuliah mahal buku mahal juga. Kalau bajakan dapat harga miring, dan biasanya udah ditranslate ke bhs Indonesia.

Wah, penggemar buku bajakan nih emoticon-Matabelo

Quote:Original Posted By vestycide
anjaaaaaay
Punya the lost symbol juga ????
Keyeeeen
emoticon-Peluk
Kalo saya cowok dan masih single, sudah saya taaruf in kamu ning !
Ngoahahahaha
Hokya hokyaaaaaa
emoticon-Goyang


Apa hubungannya buku sama taaruf? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
vestycide dan nanitriani memberi reputasi
2 0
2
Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!
17-10-2019 17:22
Quote:Original Posted By YenieSue0101
Traktir, om emoticon-Belum Tidur


Mantap, gan. Tetep beli ori ya emoticon-Jempol


Pinjemin dong ane emoticon-Belum Tidur


Wah, bener. Alternatif lain ni emoticon-Jempol


Mantap, gan emoticon-Jempol


Boleh juga ni sarannya. emoticon-Jempol


Semoga tetep bisa beli buku ori yg baru ya, gan emoticon-Jempol


Wah, bener juga ni gan emoticon-Matabelo


Sapa yg marah? emoticon-Bingung


Oke, siap gan! emoticon-Siap Gan



Bener, gan. Mending bekas atau kalau nggak, nyewa juga bisa gan emoticon-Jempol


Makan sore yuk
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1 0
1
Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!
17-10-2019 17:31
Quote:Original Posted By YenieSue0101
Hahaha, gitu ya bre? :goyang


Iya betul Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!Pilih Bajakan atau Bekas? Dilema Ketika Harga Buku Meroket!
profile-picture
YenieSue0101 memberi reputasi
1 0
1
Halaman 4 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
Copyright © 2019, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia