kelayan00
TS
kelayan00
Mitos, Binatang Bereaksi Bila Melihat Jin (Gansist Percaya?)

Halo Gansist, jumpa lagi di thread gw. Semoga sehat selalu. Amin.

Waktu gw remaja, waktu masih duduk di bangku es-em-a, bila malam minggu gw ngumpul sama-sama temen-temen. Gw begadang di rumah teman yang rumahnya ada di gang sebelah gang gw. Biasanya kami main domino di teras rumahnya, yang kalah harus pasang jepitan di kuping atau di wajah. Jika udah penuh bisa gunakan tangan. Jepitan yang dugunakan adalah jepitan jemuran.

Waktu itu rumah tidak padat seperti sekarang. Masih sepi. Masih jarang-jarang. Samping kiri-kanan rumah teman gw masih sawah dan semak belukar. Rumah berikutnya mungkin sekitar seratus meter. Gw dan teman-teman suka begadang di rumahnya karena tenang.

Quote:

Waktu itu, pas tengah malam, di tempat gelap yang agak jauh dari kami, terdengar suara kucing teriak-teriak seperti lagi berantem. Karena sepi, meski agak jauh suranya pun terdengar nyaring. Lama kucing itu teriak-teriak, tidak berpindah dan tidak ada terdengar suara kucing lain yang menjadi musuhnya. Waktu itu gw gak peduli. Gw pikir itu hanya suara kucing yang lagi berantem. Terus pamannya temen gw bilang, "Tuh kucing lagi berantem sama jin."

Quote:

Mendengar itu gw jadi merinding, teman-teman gw yang lain juga sama.

Pamannya temen gw kemudian menceritakan binatang lain yang juga akan bereaksi jika melihat atau merasakan kehadiran jin yaitu Anjing dan ayam.

Berbeda dengan kucing. Anjing akan menggonggong jika melihat orang yang tak dikenal masuk ke wilayahnya. Tapi jika melihat jin, dia akan melolong panjang. Mungkin dia merasa takut, merasa ngeri, atau mungkin dia ingin memberitahukan kawanannya untuk hati-hati.

Quote:

Ayam memang mempunyai penglihatan yang sangat buruk. Apalagi pada malam hari. Tapi dia mempunyai pendengaran yang sangat tajam. Dia bisa mendengar dan merasakan kehadiran jin. Ayam juga akan beraksi jika mendengar dan merasakan kehadiran jin. Tapi tidak seperti kucing dan anjing. Ayam akan beruara lirih dan pelan, "Krrrruuk krrruuuk krrrrrruuuk .... "

Cerita di atas memang sudah lama. Tapi cerita itu masih gw ingat sampai sekarang. Mungkin benar yang diceritakan pamannya temen gw. Mungkin juga hanya sekadar cerita untuk nakut-nakuti anak remaja yang suka begadang. Tapi anehnya cerita itu ada saja yang percaya.

Orang tua yang punya anak bayi selalu mengusir kucing yang teriak-teriak di samping rumahnya. Mungkin mereka percaya bahwa kucing teriak-teriak seperti berantem memang melihat jin. Mereka akan mengusir kucing tersebut dengan menyiramkan air. Mereka takut bayinya akan kesambet jin.

Quote:

Begitu pula dengan lolongan anjing. Ada juga yang percaya. Itu sebabnya para sutradara film horor terutama bikinan orang Indonesia kadang menyertakan lolongan suara anjing sebagai background adegan film horornya.

Ayam mungkin terlewatkan dari hal-hal yang seram. Tidak ada yang takut dengan binatang yang namanya ayam. Ayam malah jadi makanan yang enak untuk dijadikan lauk. Tapi ada yang mengatakan kalau binatang ayam mempunyai pendengaran yang sangat tajam. Selain bisa mendengar kehadiran makhluk gaib, ayam juga bisa mendengar jeritan kesakitan orang yang diazab di alam kubur. Ayam jantan akan berkokok jika mendengar orang disiksa di alam kubur. Entahlah.

Demikian cerita tentang beberpa binatang yang di mitoskan akan bereaksi jika melihat dan mendengar kehadiran jin. Mungkin benar, mungkin juga hanya sekadar mitos.



Salam,
Jumpa lagi di thread gw berikutnya.





Sumber mitos di masyarakat dan opini pribadi.
Diubah oleh kelayan00 17-10-2019 08:30
embunsucikyukyunanatien212700
tien212700 dan 17 lainnya memberi reputasi
16
8.6K
119
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.