tommyprassAvatar border
TS
tommyprass
Cekidot gansist... Asal muasal Triathlon
Heyhoo gansist..!

Pernah dong agan2 dan sista2 disini mendengar atau membaca artikel soal Triathlon. Buat para pecinta olahraga outdoor mungkin udah gak asing lagi mendengar jenis olahraga satu ini.
Yakk sesuai dengan namanya, triathloin (di Indonesia disebut Trilomba) ini meruopakan sebuah perlombaan yang menggabungkan 3 jenis olahraga outdoor sekaligus, yaitu diawali dengan renang, kemudian bersepeda dan diakhiri dengan olahraga lari.

Di Indonesia sendiri makin banyak yang mengikuti olahraga ini dari tahun ke tahun, terbuktiu dengan makin naiknya grafik peserta yang mendaftar Bali Triathlon, salah satu kejuaraan tahunan Triathlon di Indonesia. Sebutlah mulai dari model terkenal Indonesia yang sempat maen di film Gundala, Kelly Tandiono, juga Sigi Wimala sampai mantan pembalap F1 Indonesia, Rio Haryanto. Kalo level dunia, ada Gordon Ramsey sang owner Hell's Kitchen, mantan pembalap F1 juga si Jenson Button, penyanyi Jenifer Lopez, dan masih banyak lagi.



Nahh ini yang mau ane share kali ini gansist.. Asal muasal olahraga Triathlon.
Cekidot yes!

Lumayan beragam artikel yang mengisahkan asal muasal olahraga ini. Ada yang bilang pertama kali dikenalkan ke publik pada sebuah kejuaraan pertamanya di Perancis sekitar tahun 1920 - 1930an yang kala itu disebut dengan Les trois sports, yang berarti Tiga Olahraga. Saat itu diawali dengan berenang menyebrang saluran Marne (200m), bersepeda di sekitar pelabuhan La Rochelle dna parc Laleu (10km), dan diakhiri dengan lari di stadion Andre-Barbeau (1.200m). Perlombaan nya sendiri dilakukan dengan tidak berurutan seperti sekarang dan masih suka-suka jaraknya. Kadang lari duluan terus lanjut sepeda baru berenang sesudahnya.

Kemudian dilakukan kembali di tingkat dunia, di Mission Bay, San Diego - California pada tanggal 25 September 1974. Tanggal inilah yang pada akhirnya diresmikan sebagai tanggal ulang tahun Olahraga Triathlon. Saat itu perlombaan ini dimulai dengan berlari sejauh 3 miles (4,8km), kemudian bersepda sejauh 5 miles (8km) dan kemudian para peserta melepas sepatu sepedanya untuk melakukan berenang sejauh 200-300m, sebelum akhirnya merangkak kembali ke tanah yang curam untuk menyelesaikan lomba. 

Akhirnya jenis perlombaan ini makin berkembang di tahun-tahun berikutnya dengan jarak yang semakin bertambah dan juga mulai dibakukan. Artinya disepakati bahwa dimulai dengan berenang trus bersepeda dan ditutup dengan berlari.
Jarak yang umum saat ini ada 4 kategori jarak yang diakui oleh lembaga resmi Triathlon dunia, ITU (International Triathlon Union), yaitu:

Sprint Distance:
Renang: 750 m
Sepeda: 20km
Lari: 5km

Olympic distance (kadang disebut 5150):
Renang: 1,5km
Sepeda: 40km
Lari: 10km

ITU Long Distance:
Renang: 3km
Sepeda: 80km
Lari: 20km

Half distance atau dikenal dengan Ironman 70.3:
Renang: 1,9km
Sepeda: 90km
Lari: 21km (half marathon)

Full distance atau Ironman:
Renang: 3,8km
Sepeda: 180km
Lari: 42,2km (full marathon)

Nah untuk kategori Full Ironman sendiri baru diadakan di tahun 1978. Ide awal untuk mengadakan Full Ironman ini agak nyeleneh dan geje sih klo menurut ane gan...
Yaitu muncul setelah adanya perdebatan atlet mana yang lebih fir, apakah perenang ataukah pelari? Bahkan ditengah-tengah perdebatan itu muncul sebuah artikel di Sports Illustrated yang mengklain bahwa atlet sepeda Belgia bernama Eddy Merckx memiliki rekor tertinggi dalam rekor "penyerapan oksigen" (yang dikenal dengan nama VO2Max) yang pernah diukur oleh atlet manapun.
Kemudian ada yang berminat untuk mengakhiri perdebatan tersebut dengan membikin sebuah skenario untuk mengadakan lomba yang menggabungkan tiga kompetisi jarak jauh yang sudah ada di Hawaii, yaitu Wakiki Roughwater Swim (3,86km), balap sepeda sekitar Oahu (185,07km) dan Honolulu Marathon (42,195km).
Kala itu belum pernah ada atlet yang melakukan semuanya sejauh itu dan bagi atlet yang saat itu bersedia secara sukarela untuk mengikutinya, sebelum perlombaan dilaksanakan, mendapatkan 3 kertas berisi beberapa aturan, dimana di akhir halaman tertulis:
"Swim 2,4 miles! Bike 112 miles! Run 26,2 miles! Brag for the rest of your life!"

Yang ane artiin kurang lebih seperti ini gan...

Renang deh lu sejauh 3,8km, trus sepedaan sejauh 180km, lanjut lari marathon (42, 2km).. kalo kelar boleh deh lau sombong seumur hidup lu!



emoticon-Wagelaseh

Dari 15 peserta yang ikitan cuma 12 peserta yang berhasil menyelesaikan lomba tersebut dan berhak menyandang sebutan sebagai Ironman. Gordon Haller adalah peserta lomba Ironman pertama yang berhasil menyandang predikat itu dengan waktu perolehan 11 jam, 46 menit, dan 58 detik.
Kebayang gak sih gansist musti selama itu harus terus menerus berolahraga..??? tentunya musti punya tenaga yang lebih untuk mengikutinya.



Nyatanya olahraga ini tiap tahun diikuti oleh semakin banyak peserta hingga menjadikan olahraga ini menjadi sangat terkenal, dikagumi dan diikuti oleh peserta di seluruh dunia. Dan data statistik menyebutjkan bahwa range umur 45-49 tahun keatas merupakan umur terbanyak yang mengikuti olahraga ini.
Artikel nya bisa dibaca disini yaa gansist.. 

Kejuaraan Ironman tingkat dunia selalu dilakukan di Kona Hawaii, dimana untuk mendaftar event tersebut harus dengan jalur juara di event2 sebelumnya ataupun melalui lotre. Gak heran lomba ini menjadi sangat-sangat dikagumi.



Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana Triathlon di Indonesia?

Dari sebuah artikel ane baca klo olahraga ini masuk Indonesia sejak tahun 1995. Adalah Mark Sungkar yang pertama kali membawa olahraga ini ke Indonesia tercinta. Sempat mau diadakan pada tahun 1997 di tingkat ASEAN hanya batal gara-gara krisis moneter saat itu. Hingga pada tahun 17 Juni 2006 Federasi Triathlon Indonesia resmi didirikan.

Untuk event kategori Ironman sendiri, di Indonesia juga sudah ada lho, yaitu Ironman 70.3 Bintan dan merupakan event tahunan yang sangat membantu perekonomian Indonesia di sisi pariwisata serta sudah masuk di kalendar event tahunan internasional.

Gimana gansist, tertarik untuk ikutan?
Ok deh segini aja dulu sharing nya ane. Yang ane tahu klo agan dan sista mau ikutan olahraga ini musti dengan persiapan yang bener. Gak cuma di sisi fisik tapi nutrisi dan mental juga musti disiapkan dengan baik dan cermat.
Ntar deh kapan-kapan ane sharing pengalam ane ikiutan olahraga ini dan tentunya disini juga pasti udah ada yg ikutan... monggo share pengalamannya.
Sapa tau bisa menambah motivasi ane untuk ikutan lebih dari yang udah ane ikutin..

Sekian yak!
Diubah oleh tommyprass 15-10-2019 10:52
r0b0tic
kazhimi
kazhimi dan r0b0tic memberi reputasi
2
471
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Healthy Lifestyle
Healthy Lifestyle
icon
7.6KThread2.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.