• Beranda
  • ...
  • Travellers
  • [Dark Tourism] Ruang Kontrol Chernobyl Akhirnya Dibuka Untuk Umum

midorikusumaAvatar border
TS
midorikusuma
[Dark Tourism] Ruang Kontrol Chernobyl Akhirnya Dibuka Untuk Umum
Ruang kontrol utama di unit empat yang jadi pusat dari bencana nuklir terburuk di dunia yang terjadi tiga puluh tiga tahun silam, akhirnya dibuka untuk umum untuk pertama kalinya Gan.

Agan yang selama ini penasaran  bisa langsung menjelajahi tempat yang jadi bukti nyata terjadinya tragedi mengerikan tersebut.







Untuk bisa masuk ke dalam ruang kontrol utama tersebut, Agan hanya bisa masuk melalui kunjungan yang sudah diatur dengan agen wisata resmi. Nggak Cuma itu, akan ada beberapa aturan keamanan yang harus diikuti pengunjung.



Setiap pengunjung akan mendapatkan pakaian pelindung, respirator, helm hingga sepatu booth industri untuk melindungi pengunjung dari paparan radiasi. Menurut World Nuclear Association, reaktor nomor 4 masih mengandung material radioaktif sehingga waktu kunjungan pun hanya dibatasi sekitar 5 menit saja. Itu pun setelah selesai berkunjung ke sini, para pengunjung juga harus menjalani dua tes radiologi.







Beberapa cuplikan gambar ruangan kontrol Chernobyl ini pun sudah dibahas di beberapa media online. Tampak dalam beberapa foto, ruangan tersebut masih memiliki display screen yang asli dengan panel-panel tombol perintah.







 






 Chernobyl sendiri masih menjadi kota hantu yang dikelilingi 30 km zona ekslusi yang masih berbahaya untuk dihuni manusia, namun zona ekslusi ini tidak dianggap terlalu berbahaya untuk kunjungan jangka pendek.

Sebelumnya pengunjung juga hanya bisa melihat pembangkit listrik tenaga nuklir ini dari luar dan mengunjungi kota yang sepi dengan bangunan-bangunan tak berpenghuni, tapi sekarang kamu bisa mengunjungi lebih dekat dengan masuk ke ruang kontrol utama tersebut Gan.






Situs bencana ini sendiri juga mengalami peningkatan dalam jumlah pengunjung beberapa tahun terakhir sebagai bagian dari tren dark tourism. Angka ini juga didorong lagi oleh keberhasilan dari mini series HBO Chernobyl yang tayang juga tahun ini.  Jumlah wisatawan yang datang ke Chernobyl setelah kepopuleran serial HBO, Chernobyl tersebut juga meningkat. Lebih dari 87.000 orang telah mengunjungi Chernobyl tahun ini, naik dari sebelumnya 72.000 pengunjung pada tahun 2018.



Karena meningkatnya ketertarikan pengunjung ke Chernobyl, kepala State Agency of Ukraine untuk Division of Exclusion Zone, Vitaly Petruk pun  mengungkapkan tengah mendesain 21 rute baru bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Chernobyl salah satunya yaitu rute menuju ruang kontrol utama tersebut.




Tertarik buat berkunjung ke ruang kontrol utama Chernobyl ini nggak Gan?



sumber
sumber
sumber

denbagoes01
sazka7
nona212
nona212 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
12K
104
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
Travellers
icon
23KThread10.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.