albetbengalAvatar border
TS
albetbengal
Anies Sengaja Kurangi Lajur Jalan Agar Warga Naik Angkutan Umum
PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta akan semakin masif membangun trotoar. Tidak hanya memperbaiki trotoar tetapi trotoar yang ada juga diperlebar dengan mengambil lajur jalan kendaraan bermotor.

Metode itu menggunakan sistem konsistensi jalur. Ia menyebut sengaja memperlebar trotoar dan mengurangi lajur kendaraan bermotor karena ingin mendorong warga menggunakan angkutan umum.



"Ya. Memang kita sengaja. Kita ingin warga menggunakan angkutan umum. Pribadi tidak dilarang. Tapi pasti akan kena macet. Kalau mau nyaman dan cepat, naik angkutan umum," ungkapnya di Balai Kota, Selasa (15/10).

Metode konsistensi jalur ini dengan mengambil mayoritas lajur jalan yang tersedia dalam suatu jalan. Ia menyebut konsistensi lajur jalan di Jakarta masih banyak yang kurang.

Baca juga: Anies: Pembangunan Jakarta Baru Capai 40%

Dalam satu jalan yang sama masih ada jalan yang memiliki jumlah lajur yang berbeda di beberapa titik. Hal inilah yang menyebabkan kemacetan kerap terjadi.

"Jadi jalan ada yang dua lajur, lalu tiga lajur, lalu dua lajur lagi. Ini jadi bottle neck yang membuat macet. Atau di lajur ketiga dijadikan tempat parkir. Ini yang mau kita kurangi. Kita konsistenkan lajurnya dengan ambil mayoritasnya," kata Anies.

Ia pun menyebut dalam pembangunan trotoar memang kerap akan terjadi kemacetan. Namun, hal itu tidak bisa dihindari demi perbaikan infrastruktur. Oleh karenanya, ia berharap masyarakat maklum dengan hal itu.

Sementara itu, dalam dua tahun nasa jabatannya, Anies menyebut telah membangun 134 km trotoar atau 44,4% dari target 300 km di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022. Tahun depan ditargetkan ada 47 km lagi trotoar yang bisa selesai dibangun. (OL-2)


https://m.mediaindonesia.com/read/de...-angkutan-umum

semoga warga jkt 58 ikhlas ajaemoticon-Ngakak
yanka555
ivanind
Junmai92
Junmai92 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.1K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.