alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
149
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5da53c09c820845a7f6fcd26/mitos-binatang-piaraan-jin-percaya
Di daerah gw ada cerita yang sejak dulu hingga sekarang masih dipercaya, yaitu tentang beberapa binatang yang menjadi piaraan bangsa jin. Binatang-binatang tersebut antara lain burung punai, tikus dan babi hutan.
Lapor Hansip
15-10-2019 10:24

Mitos, Binatang Piaraan JIN (Percaya?)

Past Hot Thread
Halo Gansist, jumpa lagi dengan Thread gw. Semoga Selalu bahagia. Amin.

Quote:

Di beberapa daerah di Indonesia memang masih sarat dengan hal-hal mistis. Sesuatu yang dianggap aneh selalu dihubung-hubungkan dengan hal gaib. Mereka yang tidak berani terang-terangan mengakui kebenaran cerita tersebut, mereka akan mengetakannya sebagai mitos. Dan tentang mitos tersebut ada yang percaya ada juga yang tidak. Ada yang menggangapnya hanya sebuah cerita hayal, tapi tidak sedikit yang menganggapnya sebagai cerita nyata dan harus diwaspadai.


Di daerah gw ada cerita yang sejak dulu hingga sekarang masih dipercaya, yaitu tentang beberapa binatang yang menjadi piaraan bangsa jin. Binatang-binatang tersebut antara lain burung punai, tikus dan babi hutan.


Burung Punai
Quote:

Burung punai memang bisa dikatakan aneh. Dia hidup bergerombol. Mereka hidup di hutan. Jika pergi pagi mencari makanan, meskipun ke tempat yang cukup jauh, pada waktu menjelang senja mereka kembali ke sarangnya hanya melewati jalan yang sama. Hari pertama mereka melintas di jalur itu, besoknya pun akan kembali melintas di jalur yang sama.  Begitu seterusnya hingga mereka berpindah sarang atau jalur yang dilewati diganggu.


Gw pernah beberapa kali ikut menjaring burung punai bersama saudara. Waktu itu gw tidak mengerti.Gw ikut saja. Jaring khusus burung punai sepanjang lima puluh meter dipasang setinggi enam meter. Setelah itu kami menunggu. Menjelang maghrib datang segerombolan burung punai terbang melintas. Biasanya serombongan bisa lebih dari tiga puluh ekor, dan yang masuk jaring kadang lebih dari sepuluh ekor. Burung-burung yang terjebak jaring harus buru-buru dilepaskan, sebab rombongan berikutnya akan datang lagi. Mungkin rombongan itu mencari makan di tempat yang berbeda, tapi pulang tetap di jalur yang sama. Jika tidak ada kesalahan, burung yang didapat sekali memasang jaring bisa lebih seratus ekor.

Burung punai tidur di dahan-dahan pohon. Dahan pohon yang dipilih pun tidak terlalu tinggi. Sangat mudah menangkapnya pada malam hari. Tapi tidak banyak orang yang mau menangkapnya pada malam hari. Sebab berkembang mitos, burung punai ada yang pelihara, kalau menangkap punai malam-malam pasti ada yang mengikuti. Mungkin mitos itu benar, mungkin juga tidak. Nyatanya masih banyak yang tidak berani memburu punai pada malam hari.

Tikus

Tikus terdiri dari berbagai macam jenis dan ukuran. Ada tikus yang dipelihara. Ada juga tikus liar yang hidup di dalam rumah, di jalan, dan ada juga yang hanya hidup di sekitar persawahan. Dan gw hanya mau cerita tentang tikus yang ada disekitar sawah. Gw pernah saksikan sendiri. Waktu itu gw sedang berkunjung ke rumah teman di pingiran kota, di kampung. Gw merasa heran dengan apa yang terjadi. Sawah milik seorang petani yang tak jauh dari rumah gw tersebut hampir separoh rusak. Mungkin sekitar 2 borongan, atau sekitar 15 meter x 30 meter. Kata teman gw pemilik sawah tersebut meracun tikus di sekitar sawahnya.  Banyak tikus yang mati.  Dua hari kemudian, dalam waktu hanya semalaman sawahnya rusak diserang tikus. Jumlah yang dirusak puluhan kali dari jumlah yang di rusak tikus sebelumnya.


Kata teman gw bagi petani meracun tikus merupakan pantangan.Tikus ada yang pelihara. Pada saat tikus diracun, maka yang peliharaakan gerakan semua tikus-tikus yang ada di sekitar untuk menyerang sawah milik petani yang meracuni tikus. Anehnya, sawah yang dirusak hanya milik petani yang memasang racun. Sawah di dekatnya aman-aman saja.


Ada lagi yang namanya tikus agas. Tikus ini tubuhnya sangat kecil, lebih kecil dari telor ayam kampung. Ekornya juga panjang. Tikus ini entah datangnya dari mana. Jika tikus ini datang, jumlahnya bisa ribuan. Sawah setengah hektar bisa ludes hanya dalam waktu satu malam. Seorang kakek yang sehari-harinya bertani, tidur dipondok dekat sawah cerita. Tikus agas, kalau datang, tidak ada yang bisa menghalau. Dia datang hanya pada malam hari. Dia seperti datang dari langit. Dan siang hari hilang.


Babi hutan
Quote:

Babi hutan juga termasuk binatang perusak tanaman. Di daerah Tanah Bumbu kebanyakan persawahan berada jauh dari perkampungan. Sekitar persawahan masih hutan. Setelah panen para petani biasanya memanfaatkan tanahnya untuk ditanami tanaman ringan. Jagung, semangka, kacang, terong dan lain-lain. Petani yang punya modal akan memagari kebunnya dengan jaring. Hal ini dimaksudkan agar binatang, khususnya babi hutan tidak masuk dan merusak tanaman. Tapi bagi yang tidak punya modal perkebunannya dibiarkan terbuka. Mereka hanya pasrah.

Anehnya, kebun yang dipagari jaring tidak menjamin tanamanya tidak dimasuki babi hutan. Begitu pula kebun yang dibiarkan terbuka tanpa pagar tidak mesti dimasuki dan dirusak babi hutan. Ada mitos yang berkembang. Selama perkebunan itu tidak ada yang menegur, mengomentari, maka tanaman itu akan aman dari gangguan babi hutan. Misalnya ada yang berkomentar, "Udah dipagar, babi hutan gak bakalan bisa masuk."  Atau, "Biar dipagar beton, babi hutan kalau mau dia bisa masuk kapan saja." Setelah itu, malamnya tanaman yang ada di dalam pagar itu pun biasanya langsung diobrak-abrik babi hutan. Komentar-komentar itu seolah menjadi semacam undangan bagi babi hutan. Ini memang aneh. Tapi cerita ini dipercaya oleh masyarakat sekitar. Dan mereka sangat menjaga mulut mereka untuk tidak memberikan komentar apa-apa terhadap kebun milik warga lain.


Juga ada yang mengatakan kalau babi hutan ada yang menunggangi, seorang kakek tua. Dia lah yang mengarahkan babi hutan tunggangannya untuk mencari perkebunan yang dikomentari. Dia juga yang membantu babi hutan masuk melewati pagar jaring.

Demikian mitos tentang beberapa binatang yang menjadi piaraan bangsa jin yang ada di daerah gw. Di daerah Gansist mungkin juga ada, mungkin juga tidak ada. Selebihnya terserah Gansist mau percaya atau tidak. Tidak salah jika percaya, juga tidak salah jika tidak percaya.



Salam persahabatan,


Sumber mitos di masyarakat dan opini pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Junmai92 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Tampilkan isi Thread
Halaman 7 dari 8
Mitos, Binatang Piaraan JIN (Percaya?)
16-10-2019 12:18
meliharanya gimana ya, apa dikasih makan, dielus elus, disiapin tempat pupnya apa gimana
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Mitos, Binatang Piaraan JIN (Percaya?)
Lapor Hansip
16-10-2019 12:36
Balasan post kelayan00
yakels emoticon-Wow
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Mitos, Binatang Piaraan JIN (Percaya?)
16-10-2019 13:29
Baru tau ane ada mitos ky gitu.. emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kelayan00 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Mitos, Binatang Piaraan JIN (Percaya?)
16-10-2019 13:43
Mantab share infonya, teruskan bakatmu nak emoticon-Hammer2
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Mitos, Binatang Piaraan JIN (Percaya?)
16-10-2019 13:51
mungkin, diarahkan atau menyerupai, mbah..
emoticon-Embarrassment
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Mitos, Binatang Piaraan JIN (Percaya?)
16-10-2019 15:10
Quote:Original Posted By kelayan00
Setujuh. Jin memang tidak memilik jasad. Itu sebabnya jin bisa masuk ke tubuh manusia. Ada saja manusia yang kerasukan jin. Sebaliknya tidak ada jin yang kerasukan manusia.


Kata nya hlo ya...

Dulu Manusia kalau sesat itu di rasukin setan...
Sekarang setan aja pada takut di rasukin manusia.takut dosanya.
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Mitos, Binatang Piaraan JIN (Percaya?)
Lapor Hansip
16-10-2019 15:31
Balasan post iqwandarmawan86
Quote:Original Posted By iqwandarmawan86


Kata nya hlo ya...

Dulu Manusia kalau sesat itu di rasukin setan...
Sekarang setan aja pada takut di rasukin manusia.takut dosanya.


Berarti setan pada takut ama manusia, yaa? Setan pikir, wah banyakan ni manusia dosanya ketimbang gw.

0 0
0
Mitos, Binatang Piaraan JIN (Percaya?)
16-10-2019 15:41
Quote:Original Posted By kelayan00
Berarti setan pada takut ama manusia, yaa? Setan pikir, wah banyakan ni manusia dosanya ketimbang gw.


Pernah nonton acara misteri2 di utube.. diadirasuki jin penunggu yg islam kata si jin nya.

Sekarang setan kerjaanya ongkang2 doang,kelakuan manusia sudah melebihi setan.
0 0
0
Mitos, Binatang Piaraan JIN (Percaya?)
16-10-2019 15:42
Mana saya tahu, belum pernah lihat jin-nya juga. emoticon-Ngacir
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Mitos, Binatang Piaraan JIN (Percaya?)
16-10-2019 18:55
jin juga punya binatang peliharaan ya?
berarit Rattatoulie itu juga punyanya jin hehehe
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Mitos, Binatang Piaraan JIN (Percaya?)
Lapor Hansip
16-10-2019 18:56
Balasan post a6oesdj4rsy
ane juga baru tahu ternyata ada mitos begituan
setahuku juga kalo di kamar atau di rumah ada banyak foto atau poster yang nempel, katanya rumah itu banyak jinnya
kan serem yak
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Mitos, Binatang Piaraan JIN (Percaya?)
16-10-2019 20:36
rexona percaya
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Mitos, Binatang Piaraan JIN (Percaya?)
16-10-2019 22:27
Nice trit gaaann ane baru tau ada ya peginian emoticon-Cendol Gan
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Mitos, Binatang Piaraan JIN (Percaya?)
16-10-2019 22:38
babi hutan ada yg tunggangi? hog rider kah???
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Mitos, Binatang Piaraan JIN (Percaya?)
17-10-2019 09:43
ane sih bisa aja krna jin juga punya hobby
profile-picture
kelayan00 memberi reputasi
1 0
1
Mitos, Binatang Piaraan JIN (Percaya?)
Lapor Hansip
17-10-2019 10:02
Balasan post mayaaaaaa
Quote:Original Posted By mayaaaaaa
kenapa yang dipiara tikus, babi hutan?
ga pengen miara kucing?
lucu lho kucing


Kucingkan udah ada yg piara. Ntr rebutan.

0 0
0
Mitos, Binatang Piaraan JIN (Percaya?)
Lapor Hansip
17-10-2019 10:04
Balasan post cor7
Quote:Original Posted By cor7
emoticon-Hammer2

wah serem juga ya gan..
dulu pernah denger juga kisah tikus yang menyerang sawah... katanya ada yang angon... kemudian beberapa petani datang ke orang pintar...
didatengin sama ribuan kucing yang sama tidak tau darimana datangnya... sawahpun aman..


Mitos. Kadang dipercaya karena memang kejadian.

0 0
0
Mitos, Binatang Piaraan JIN (Percaya?)
17-10-2019 10:12
Quote:Original Posted By gin7
Yang Tikus mitos banget, ane juga punya pengalaman sama tikus meskipun pengalaman ane bukan sama tikus sawah melainkan tikus got tapi kasusnya sama.

Jadi awalnya di warung ane tuh ada lumayan banyak tikus berkeliaran, untungnya mereka gak gigitin barang dagangan ane, tapi tetep aja kadang mereka suka gigitin sendal, sepatu bahkan sampe pernah gigit kabel di mobil ane, dan ya namanya tikus suka berak sembarangan, jadi ane sering bersihin pagi-pagi, nah suatu hari ane nemu tuh lobang tikus ane tambel lah biar gak bisa keluar, eh besoknya malah makin parah, dagangan ane habis semua digigitin, setelah itu ane coba racunin, pake perangkap tikus semua gak mempan, jadi mau gak mau ane setiap malem harus ngambil barang dagangan ane buat dimasukin ke dalem rumah biar gak digigitin tikus, sampe suatu hari ada kucing liar masuk ke warung ane, dia selalu ngeliatin ke bawah etalase, ane penasaran ane cek lah, gak taunya disitu ada 3 tikus ukurannya sedeng, di bawah retakkan semen yang ada di bawah etalase ane, mungkin mereka gak bisa keluar karena lobangnya ane tambel, dan retakannya itu ukurannya kecil sekitar 1 atau 2 ruas jari, ane kasih aja racun tikus yang bentuknya kayak kit-kat itu buat disodorin ke arah mereka dan sama mereka langsung dimakan, setelah itu beberapa hari kemudian rumah ane udah gak ada tikus lagi.

Jadi ya gak ada hubungannya sama piaraan jin, kalo tikus makin menjadi-jadi ya hajar lagi aja sampe mereka kapok emoticon-army


Quote:Original Posted By cheria021


jadi makin percaya kalau tikus merupakaan hewan peliharaan jin itu hanyalah mitos ya gan. Tikus-tikus tersebut makin membabi buta dalam penyerangannya karena mungkin juga punya rasa kesal sehingga makin ngamuk terus mengerahkan semua balanya untuk merusak kali ya gan.


Nyatanya di kampung di daerah gw ada yg berani meracun tikus di sawahnya.

Gw juga pernah meracun tikus di rumah. Tujuh racun gw pasang. Tujuhnya dimakan tikus dan mati. 3 hari gak ada suara tikus. Tapi setelahnya datang lagi tikus yang lebih ganas. Tambah banyak. Mungkin tikus di rumah tetangga pada datang. Soalnya tikus yg nunggu rumah gw pada mati.

0 0
0
Mitos, Binatang Piaraan JIN (Percaya?)
Lapor Hansip
17-10-2019 10:15
Balasan post OrangMal4m
Quote:Original Posted By OrangMal4m
Burung gagak bukan ya?


Mungkin. Tapi gw gak pernah denger ceritanya.

0 0
0
Halaman 7 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.