nevertalk
TS
nevertalk
Pemerintah Bayar McKinsey Rp25 Miliar untuk Studi Ibu Kota Baru


Unit konsultan manajemen Indonesia McKinsey & Company telah ditunjuk untuk melakukan studi kelayakan terkait pemindahan ibukota dari kota Jakarta menuju Kalimantan. Studi ini akan membahas mengenai masalah-masalah terkait pemindahan ibukota.
Hingga saat ini, pemindahan ibu kota telah memicu banyak pertanyaan termasuk bagaimana rencana itu akan dibiayai dan dampak lingkungannya. Pemerintah memperkirakan akan menelan biaya USD33 miliar untuk memindahkan ibukota dan membangun kantor dan perumahan pemerintah.

Sementara menurut Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Rudy Soeprihadi, McKinsey Indonesia akan mengambil studi awal pemerintah tentang masalah-masalah termasuk dampak sosial, budaya, lingkungan dan ekonomi.

“Mereka tidak akan mulai dari nol karena kami telah melakukan banyak penelitian. Mereka akan menentukan strategi ke depan itu sebabnya kami mencari konsultan kelas dunia," ujarnya.

Studi selama tiga bulan juga akan melihat mengenai pendanaan yang dibutuhkan secara lebih rinci. Tak hanya itu, pembahasan juga terkait dengan bagaimana ibukota baru akan terhubung dengan kota-kota terdekat di Balikpapan dan Samarinda.
Hasil tender USD1,77 juta atau sekira Rp25 miliar yang diumumkan di situs web pemerintah telah menarik 103 kandidat, termasuk kelompok yang melibatkan Roland Berger dan Boston Consulting. Sementara McKinsey menolak untuk berkomentar.


Indonesia telah melayangkan gagasan memindahkan ibukota selama bertahun-tahun. Padahal Kalimantan Timur dikenal sebagai salah satu daerah yang paling rentan terhadap bencana alam yang secara rutin melanda kepulauan 17.000 pulau.
Ed Baker, seorang perencana kota yang berbasis di Singapura yang terlibat dalam proses penawaran, mengatakan studi ini termasuk memilih lokasi yang tepat berdasarkan berbagai kriteria dan juga memahami realitas keuangan, serta mekanisme investasi untuk mulai mendanai proyek seperti ini, apakah publik atau pribadi.


Pihak berwenang juga menekankan bahwa sebuah kota di lingkungan di antara hutan yang menurut pihak berwenang pada akhirnya akan dapat menampung 1,5 juta orang.

Menurutnya, air adalah hal utama yang mereka soroti. Bagaimana menyediakan air minum ke kota baru ini dan juga memahami kondisi alami situs sehingga dapat menghindari banjir dan lain lain. 


https://economy.okezone.com/read/201...ibu-kota-baru

HARUS DIRISET JG KONFLIK HORIZONTAL ANTARA PENDATANG DAN PENDUDUK ASLI

KRN SEDANG TERJADI PEMBAKARAN RUMAH2 AKIBAT PENIKAMAN PENDUDUK ASLI OLEH PENDATANG
Diubah oleh nevertalk 16-10-2019 16:24
kuepagi
kuepagi memberi reputasi
1
2K
14
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.