kecombrangggAvatar border
TS
kecombranggg
Cara Sehat Membuat Badan Berisi


Merasa nggak pede karena tubuh yang terlalu kerempeng? Udah makan banyak tapi, kok, berat badan nggak bertambah? Mungkin ada yang salah dengan pola makan dan lifestyle kita. Menaikkan berat badan juga harus dengan cara benar, asupan gizinya juga harus jelas, supaya kita tetap sehat.

“Walau membutuhkan asupan energi dengan jumlah cukup besar, sebaiknya memperolehnya dari bahan makanan sumber karbohidrat, lemak dan protein secara proposional, yaitu sekitar 60% dari karbohidrat, 20% dari protein dan 20% dari lemak. Karbohidratnya dipilih yang jenis kompleks seperti nasi, mie, roti dan sejenisnya, dan bukan karbohidrat sederhana seperti gula atau makanan yang manis, agar kadar gula darah dapat terkontrol sehat,” ujar ahli gizi Dr. Saptawati Bardosono, MSc

Tingkatkan Porsi Makan
Kegiatan ini bisa jadi langkah awal bagi kita yang susah banget buat gemuk. Coba makan lebih sering dan tambah prosi makan. Kalau biasanya 3 kali sehari, tambah jadi 4-5 kali sehari, termasuk makanan selingan di pagi hari, sore, dan sebelum tidur. Dengan meningkatkan porsi makan, maka tubuh akan mendapatkan lebih banyak asupan untuk membentuk tubuh yang berisi. Selain meningkatkan pola makan, sebaiknya perhatikan juga asupan gizi yang dimakan. Seperti karbohidrat dan protein juga harus ditambah dalam porsi makanan.
“Kebutuhan energi pada remaja laki-laki sekitar 2400-2600 kalori, yang bisa diperoleh dari makanan pokok sumber karbohidrat dan lauk-pauk serta susu sebagai sumber protein dan lemak. Usahakan agar bisa mengonsumsi berbagai jenis bahan makanan dengan porsi sesuai dengan kebutuhan makanan dan makan secara terjadwal, yaitu sarapan, selingan pagi, makan siang, selingan sore, makan malam, dan selingan sebelum tidur,” kata Dr. Saptawati Bardosono, MSc, Staf Akademik Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran UI

Perbanyak Minum Air Putih
Kita juga bisa mengawali dengan hal kecil seperti minum air putih. Banyak orang yang menyepelekan minum air putih dan justru lebih sering minum minuman yang manis atau bersoda. Perlu buat kita ketahui bahwa minuman selain air putih biasanya sudah mengandung berbagai zat kimia yang mungkin aja berbahaya buat tubuh. Makanya sebaiknya kita membiasakan minum air putih, terutama di pagi hari setiap kali bangun tidur usahakan minum air putih minimal 3 - 5 gelas. Semakin banyak mengonsumsi air putih, maka tubuh kita akan semakin sehat, kemudian proses pencernaan dan penyerapan gizi terjadi dengan sempurna.

Kunyah Makanan Sampai Lembut
Nah, yang satu ini kadang sering disepelekan. Apalagi kalau makanannya enak banget, bawaanya pengen buru-buru menelan makanan tanpa dikunyah dengan benar. Perlu diketahui bahwa mengunyah makanan sampai halus juga bisa membantu proses penambahan berat badan, karena bisa mempermudah tubuh kita mencerna makanan. Sebab makanan yang nggak dikunyah secara sempurna akan sulit dicerna oleh tubuh.

Rutin Minum Susu
Remaja seperti kita yang punya banyak aktivitas tentunya membutuhkan asupan energi, yang bisa kita dapatkan dari susu. Selain menambah energi, susu juga bisa menambah berat badan. Apalagi kalau yang kita minum jenis susu full cream.
Segelas susu biasanya mengandung 80% protein kasein dan 20% protein whey. Artinya, tubuh kamu akan mendapatkan kedua protein penting yang juga bisa membangun massa otot tubuh. Bisa dipastikan bobot bertambah, tapi tetap sehat.


Sumber
rubato.zitternd
cutiepieee
trifatoyah
trifatoyah dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Healthy Lifestyle
Healthy Lifestyle
icon
7.6KThread2.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.