TeresiaEvelinaAvatar border
TS
TeresiaEvelina
Olahraga yang Baik untuk Penderita Hipertensi


Tak ada alasan bagi Anda malas berolahraga. Adapun jenis-jenis latihan fisik yang membantu Anda mengendalikan hipertensi, antara lain:
• Lari pagi
Lari termasuk salah satu cabang olahraga atletik populer, mudah, dan pastinya terjangkau. Gerakan-gerakan yang Anda praktikan selama berlari akan mendorong jantung memompa darah lebih cepat dan menjaga fungsinya secara maksimal. Dampak positif lain yang akan Anda rasakan dari lari pagi rutin adalah memaksimalkan pembakaran kalori untuk mendapatkan berat badan ideal.
• Berenang
Jenis olahraga lainnya yang bermanfaat untuk tekanan darah adalah berenang. Selain meningkatkan metabolisme tubuh, berenang terbukti mengembalikan fungsi jantung hingga pembuluh darah. Anda yang punya masalah otot dan sendi juga bakal merasakan tubuh lebih bugar, sebab gerakan-gerakan renang memaksa bagian tubuh tersebut untuk aktif dalam ritme konstan.
• Bersepeda
Bukan sekadar gaya hidup, bersepeda yang melibatkan otot-otot besar di bagian bawah tubuh termasuk jenis olahraga yang cocok untuk penderita hipertensi. Kegiatan ini akan membuat paru-paru bekerja lebih keras gara oksigen yang dibutuhkan tubuh tetap terpenuhi. Anda yang senang menjelajahi kota dapat memanfaatkan bersepeda sebagai rutinitas menyehatkan.
• Senam
Kemudian, ada senam yang direkomendasikan untuk Anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi. Olahraga aerobik ini berfungsi melenturkan sejumlah otot tubuh. Jika Anda membutuhkan kegiatan yang lebih simpel dan praktis, yoga akan memberikan dampak positif serupa. Meluangkan waktu 15 sampai 30 menit sehari untuk yoga tak hanya melatih pernapasan, melainkan juga menurunkan tekanan darah.


SUMBER
kumaniaks
kumaniaks memberi reputasi
1
2.5K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
Sports
icon
22.9KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.